Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Simak Daftar PTN yang Menggunakan Nilai UTBK untuk Seleksi Mandiri

oleh | Mei 27, 2022 | Blog, Jalur Masuk PTN | 0 Komentar

Nilai UTBK Seleksi Mandiri – Selain SNMPTN dan SBMPTN, PTN membuka jalur seleksi lain yaitu Seleksi Mandiri. Seleksi Mandiri PTN adalah seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang diselenggarakan secara mandiri oleh suatu perguruan tinggi negeri. Persyaratan dan ketentuannya juga diatur oleh masing-masing PTN.

Umumnya, Seleksi Mandiri ini menggunakan tes ujian tersendiri namun ada beberapa PTN yang menggunakan nilai UTBK untuk persyaratan seleksi Mandiri. Apa saja daftar PTN-nya? Yuk, Simak Daftar PTN yang Menggunakan Nilai UTBK untuk Seleksi Mandiri berikut ini.

Daftar PTN yang menggunakan nilai UTBK untuk Seleksi Mandiri

Universitas Airlangga (Unair)

Jalur Seleksi Mandiri Unair (SMUA) ada dua jalur yaitu jalur nilai UTBK-SBMPTN dan jalur nilai Ujian Tulis Mandiri. Jalur nilai UTBK-SBMPTN inilah yang menggunakan nilai UTBK-SBMPTN 2022 dan motivation letter.

Persyaratan jalur nilai UTBK-SBMPTN antara lain memiliki nilai UTBK-SBMPTN 2022, salah satu pilihan prodi adalah prodi di Unair, serta ketentuan pilihan prodi SMUA sesuai dengan kelompok ujian pada UTBK-SBMPTN 2022.

Berikut jadwal Seleksi Mandiri Unair (SMUA) jalur Nilai UTBK-SBMPTN 2022:

  • Pendaftaran : 4 – 26 Juni 2022
  • Verifikasi Dokumen Pendaftaran : 4 – 27 Juni 2022
  • Perbaikan Dokumen Pendaftaran : 4 – 27 Juni 2022
  • Pembayaran Biaya Ujian : 4 – 27 Juni 2022
  • Pengumuman Hasil Seleksi : 29 Juni 2022

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

UNY juga menerima pendaftaran Seleksi Mandiri (SM S1) dengan skor UTBK. Pesertanya adalah lulusan SMA/MA/SMK/Paket C tahun 2020, 2021, atau 2022 yang mengikuti UTBK tahun 2022. Peserta hanya boleh memilih maksimum dua prodi untuk Saintek/Soshum.

Bagi peserta yang memilih prodi olahraga atau seni harus memiliki nilai portofolio keterampilan di UTBK 2021. Biaya pendaftaran sebesar Rp200.000 dibayar melalui Bank Mandiri, Bank BTN, atau Bank BNI. Pendaftaran dibuka pada 14 Juni sampai 16 Juli 2022.

Baca juga Ingin Kuliah di PTN? Yuk Ikuti 8 Tips Lolos UTBK SBMPTN di Sini!

Universitas Padjadjaran (Unpad)

Unpad juga membuka jalur Mandiri menggunakan nilai UTBK 2022. Ada dua skema seleksi Sarjana Jalur Mandiri Unpad yaitu skema 1 dan 2. Skema pertama inilah yang menggunakan nilai UTBK tahun 2022 untuk persyaratannya. Ujian SMUP Sarjana jalur Mandiri dilaksanakan secara daring pada tanggal 7 Juli 2022.

Adapun persyaratan dan ketentuan bagi peserta SMUP jalur Mandiri yaitu WNI, dan lulusan SMA/MA/SMK tahun 2020, 2021, atau 2022. Biaya pendaftaran untuk SMUP jalur Mandiri Skema 1 sebesar Rp100.000.

Universitas Negeri Malang (UM)

Universitas Negeri Malang membuka beberapa jalur Mandiri salah satunya yaitu Jalur Mandiri Skor UTBK. Jalur mandiri ini menggunakan skor UTBK untuk persyaratannya. Selain itu para peserta merupakan lulusan SMA/MA/SMK/MAK/setara dan harus mengikuti UTBK-SBMPTN tahun 2022.

Para peserta harus memastikan kesesuaian data yang digunakan pada laman UTBK yaitu NIK, NISN, NPSN, nama, dan sebagainya. Setiap peserta bisa memilih maksimal dua prodi S1 dan/atau D4 (tidak harus sebidang dengan jurusan di SMA/MA/SMK/MAK). Pendaftaran dan unggah data dimulai pada tanggal 3 – 25 Juni 2022.

Institut Pertanian Bogor (IPB)

Seleksi Mandiri IPB merupakan salah satu jalur masuk reguler yang bisa kamu ikuti. IPB memiliki beberapa jalur seleksi mandiri, salah satunya adalah Seleksi Masuk IPB (SM-IPB). Mulai tahun 2022, UTMBK IPB berganti nama menjadi Seleksi Masuk IPB (SM-IPB).

Pada awal dimulainya, SM-IPB (UTM-BK) dilakukan dengan dua pilihan metode seleksi, yaitu seleksi menggunakan UTBK oleh IPB dan menggunakan skor UTBK oleh LTMPT. Tahun 2021, SM-IPB (UTM-BK) kembali dilaksanakan menggunakan dua metode yaitu berdasar hasil SM-IPB (UTM-BK) online IPB dan berdasar hasil skor UTBK LTMPT.

Berikut persyaratan dan ketentuan peserta SM-IPB (UTM-BK) IPB tahun 2022:

  1. Peserta adalah lulusan SMA/MA/SMK* Tahun 2020, 2021, atau 2022.
  2. Peserta untuk jalur ujian tulis online berasal dari SMA/MA (IPA) /SMK.
  3. Peserta untuk jalur skor UTBK berasal dari SMA/MA/SMK berbagai jurusan namun harus memiliki skor UTBK Saintek Tahun 2022.
  4. Peserta harus sehat jasmani dan rohani.
  5. Pendaftaran dilakukan melalui laman pendaftaran.admisi.ipb.ac.id
  6. Peserta SM-IPB (UTM-BK) harus memilih 1 atau 2 program studi yang ditawarkan.
  7. Peserta diperkenankan memilih pilihan ketiga yaitu pilihan IPB dimana apabila peserta tidak diterima di pilihan 1 dan pilihan 2 maka bersedia dipilihkan oleh IPB selama nilainya memenuhi persyaratan.
  8. Peserta SM-IPB (UTM-BK) kelas internasional wajib mengikuti tes SM-IPB (UTM-BK) dalam bahasa Inggris
  9. Membayar biaya pendaftaran sebesar  Rp500.000 (ujian online) dan Rp300.000 (Skor UTBK Saintek)
  10. Siswa membayar biaya pendaftaran pada bank BNI, BSI, BRI, BTN, Mandiri, BJB, BJB Syariah, atau Mega Syariah. Tata cara pembayaran dapat dilihat pada https://admisi.ipb.ac.id/tatacarabayar/
  11. Uang pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.
  12. Calon mahasiswa baru dianggap resmi sebagai mahasiswa baru jika sudah melakukan registrasi online dan melakukan pembayaran biaya UKT.

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Proses penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) dilaksanakan dengan menggunakan komponen penilaian hasil UTBK dan nilai rapor, sebagai berikut.

  • Hasil UTBK dan nilai rapor bagi pendaftar ke fakultas/sekolah selain FSRD.
  • Hasil UTBK dan nilai rapor, hasil kemampuan seni rupa, bagi pendaftar ke FSRD.

ITB tidak menetapkan nilai rapor minimum dan/atau nilai UTBK minimum sebagai persyaratan peserta SM-ITB. Seleksi dilaksanakan berdasarkan capaian terbaik dari nilai rapor dan nilai UTBK peserta.

Peserta jalur ini yaitu berasal dari SMA/MA jurusan IPA atau SMA/MA jurusan IPS atau lulusan Paket C jurusan IPA/IPS dengan tahun ijazah 2020, 2021, atau 2022. Selain itu, juga memiliki nilai UTBK SBMPTN tahun 2022. Pendaftaran peserta dibuka pada 6 – 29 Juni 2022.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Selain SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Prestasi, ITS juga membuka Seleksi Kemitraan & Mandiri. Seleksi ini menggunakan nilai UTBK 2022 atau nilai TKS ITS 2022 atau UMDES ITS 2022 (khusus prodi desain).

Seleksi ini dapat diikuti oleh lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2020, 2021, dan 2022. Ketentuan jurusan asal dengan prodi yang dituju mengikuti SBMPTN, sebagai berikut.

  • Seleksi Kemitraan diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan ITS dan merupakan utusan instansi mitra yang mempunyai nota kesepahaman dengan ITS ditunjukkan adanya MoU dan MoA.
  • Seleksi Mandiri diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dari masyarakat umum yang berminat.

Berikut jadwal Seleksi Kemitraan & Mandiri ITS 2022:

Pendaftaran : 2 – 26 Juni 2022

Pengumuman Hasil : 7 Juli 2022

Daftar Ulang : 8 – 12 Juli 2022

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Seleksi Mandiri UPI dilakukan untuk memfasilitasi siswa yang belum lolos pada SNMPTN dan UTBK-SBMPTN. UPI membuka Seleksi Mandiri dengan nilai UTBK sebagai persyaratannya.

Peserta SM UPI harus memenuhi persyaratan umum sebagai berikut:

  • Lulusan SMA/MA/SMK/Paket C tahun 2022, 2021, dan 2020.
  • Memiliki sertifikat nilai UTBK LTMPT 2022. Peserta yang tidak mempunyai nilai UTBK SBMPTN 2022 masih tetap dapat mengikuti seleksi Mandiri UPI 2022.
  • Mempunyai kesehatan fisik dan mental yang tidak mengganggu kelancaran belajar di program studi pilihannya.

Berikut jadwal pelaksanaan Seleksi Mandiri UPI:

  • Pengambilan Nomor Bayar dilakukan secara online dari tanggal 02 Mei – 03 Juli 2022.
  • Pembayaran Biaya Pendaftaran dimulai pada 02 Mei 2022 dan berakhir pada 03 Juli 2022 Pukul 15.00 WIB.
  • Pengisian biodata peserta secara online dimulai pada 02 Mei 2022 dan berakhir pada 03 Juli 2022 Pukul 23.59 WIB.
  • Pencetakan Kartu Peserta dimulai pada 02 Mei 2022 dan berakhir pada tanggal 03 Juli 2022 Pukul 23.59 WIB.

Bagi kamu yang ingin mendaftar Seleksi Mandiri, yuk, Simak Daftar PTN yang Menggunakan Nilai UTBK untuk Seleksi Mandiri di atas. Semoga membantu!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!