Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Simak, Informasi Mengenai Seleksi Prestasi ITS Tahun 2022

oleh | Apr 5, 2022 | Blog, Jalur Masuk PTN | 0 Komentar

Seleksi Prestasi ITS – ITS membuka 3 jalur penerimaan calon mahasiswa seleksi Mandiri melalui SKMP yaitu Seleksi Kemitraan, Seleksi Mandiri, dan Seleksi Prestasi. Namun, kamu hanya bisa memilih satu jalur seleksi saja. Seleksi Prestasi diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sederajat yang sesuai dengan persyaratan oleh ITS dan mempunyai prestasi atau penghargaan.

Seleksi Prestasi merupakan seleksi yang diselenggarakan oleh ITS secara mandiri untuk pelajar berprestasi yang ingin berkuliah di ITS program Sarjana. Seleksi ini menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi akademik dan non-akademik.

Seleksi Prestasi Program Sarjana memberi kesempatan bagi lulusan SMA/MA/SMK pada tiga tahun terakhir (lulusan tahun 2020, 2021, dan 2022) dengan menggunakan nilai prestasi yang sudah dimiliki, selain melalui SNMPTN. Yuk, simak informasinya berikut ini.

Daya Tampung Seleksi Prestasi

Penerimaan Mahasiswa Baru ITS tahun 2022 dibuka pada semua prodi di 6 fakultas, kecuali Program IUP. Peserta seleksi dapat memilih maksimal 2 pilihan prodi. Berikut daftar daya tampung Seleksi Kemitraan, Mandiri, dan Prestasi untuk Program Sarjana pada masing-masing prodi di ITS tahun 2022.

Fakultas Sains dan Analitika Data

Program Studi Daya Tampung SKMP 2022
Fisika 60
Matematika 60
Statistika 100
Kimia 60
Biologi 36
Sains Aktuaria 60

Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem

Program Studi Daya Tampung SKMP 2022
Teknik Mesin 130
Joint Degree Teknik Mesin 40
Teknik Kimia 110
Teknik Fisika 100
Teknik Industri 100
Teknik Material 100
Teknik Pangan 20

Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian

Program Studi Daya Tampung SKMP 2022
Teknik Sipil 100
Arsitektur 75
Teknik Lingkungan 80
Perencanaan Wilayah dan Kota 95
Teknik Geomatika 75
Teknik Geofisika 50

Fakultas Teknologi Kelautan

Program Studi Daya Tampung SKMP 2022
Teknik Perkapalan 60
Joint Degree Teknik Perkapalan 40
Teknik Sistem Perkapalan 70
Teknik Sistem Perkapalan (Joint Degree) 30
Teknik Kelautan 60
Teknik Transportasi Laut 25
Teknik Lepas Pantai 20

Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas

Program Studi Daya Tampung SKMP 2022
Teknik Elektro 140
Teknik Biomedik 40
Teknik Komputer 40
Teknik Informatika 150
Sistem Informasi 110
Teknologi Informasi 40

Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital

Program Studi Daya Tampung SKMP 2022
Desain Produk Industri 48
Desain Interior 40
Desain Komunikasi Visual 40
Manajemen Bisnis 70
Studi Pembangunan 50

Keterangan: Daya tampung SKMP 2022 sebanyak 2.524. Daya tampung di atas merupakan gabungan dari Seleksi Prestasi dan Seleksi Kemitraan dan Mandiri.

Ketentuan Seleksi Prestasi

Seleksi Prestasi adalah seleksi mandiri oleh ITS berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lainnya. Jalur ini hanya dibuka untuk semua program studi sarjana yang diselenggarakan oleh ITS.

Jalur ini hanya menerima siswa dari jurusan eksakta, kecuali prodi Desain Produk Industri, Manajemen Bisnis, dan Studi Pembangunan menerima juga siswa dari jurusan non-eksakta. Ketentuan bagi pendaftar dari SMK perlu menyesuaikan relevansi jurusan sebelumnya dengan prodi yang dipilih.

Kategori Prestasi

Panitia seleksi akan mempertimbangkan prestasi atau penghargaan yang dibuktikan dengan dokumen bukti prestasi. Dokumen bukti prestasi yang dapat diunggah antara lain.

  • Juara lomba tingkat provinsi, nasional, dan internasional.
  • Olimpiade Sains
  • Olahraga
  • Seni
  • Karya Ilmiah
  • Penghafal Kitab Suci
  • Pengalaman Organisasi
  • Peringkat Siswa di Sekolah
  • Pengalaman Ketua Panitia

Peryaratan Khusus Peminat Program Studi Bidang Ilmu Seni Rupa ITS

Khusus peserta program studi Desain Produksi Industri, Desain Komunikasi Visual, dan Desain Interior, Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital, diharuskan mengunggah Portofolio Desain.

Biaya Pendidikan

Calon mahasiswa yang diterima melalui Seleksi Prestasi ITS 2022 dikenakan biaya pendidikan berupa Uang Kuliah yang dibayarkan setiap awal semester sebelum perkuliahan. Besaran biaya ditentukan ITS dalam tiga kategori dengan mempertimbangkan kemampuan orang tua melalui prosedur pelaporan saat daftar ulang.

Seleksi ini tidak dikenakan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI). Untuk program studi yang sudah terakreditasi A atau Unggul dapat didaftar oleh pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). Berikut kategori dan tarif uang kuliah SKMP tahun 2022/2023.

Kategori 1: Rp7.500.000

Kategori 2: Rp10.000.000

Kategori 3: Rp12.500.000

Baca juga ITS Buka Seleksi Mandiri Jalur SKMP

Jadwal Tahapan Seleksi Prestasi Sarjana

Pendaftaran: 25 April – 31 Mei 2022

Verifikasi untuk Prestasi Hafalan Kitab Suci: 6 Juni 2022

Pengumuman Hasil: 8 Juni 2022

Daftar Ulang: 13 – 15 Juni 2022

Beasiswa

Seleksi Prestasi ITS menyediakan dua jenis beasiswa, yaitu Beasiswa KIP Kuliah dan Beasiswa Lain. Beikut penjelasannya.

Beasiswa KIP Kuliah

Beasiswa KIP-Kuliah berlaku pada semua prodi di ITS, kecuali program studi Joint Degree dan Program Sarjana Kelas Internasional (IUP). Ketentuan Beasiswa KIP-Kuliah pada Seleksi Prestasi 2022 di ITS yaitu.

  • Siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan KIP-Kuliah.
  • Calon peserta penerima KIP-Kuliah terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program KIP-Kuliah di laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
  • Program studi yang bisa dipilih oleh peserta KIP Kuliah hanya prodi yang terakreditasi A atau Unggul. Daftar prodinya sebagai berikut:
  1. Fakultas Sains dan Analitika Data: Fisika, Matematika, Statistika, Kimia, Biologi.
  2. Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem: Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Industri, Teknik Material.
  3. Fakultas Teknik Sipil, Lingkungan, dan Kebumian: Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Lingkungan, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Geomatika, Teknik Geofisika.
  4. Fakultas Teknologi Kelautan: Teknik Perkapalan, Teknik Sistem Perkalapan, Teknik Kelautan, Teknik Transportasi Laut.
  5. Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas: Teknik Elektro, Teknik Biomedik, Teknik Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi.
  6. Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital: Desain Produk Industri dan Desain Interior.

Beasiswa Lain

Selain beasiswa KIP-Kuliah, ITS juga bekerja sama dengan berbagai institusi dalam pemberian beasiswa. Para mahasiswa bisa memperoleh beasiswa dari berbagai sumber setelah mendapatkan Indeks Prestasi akademik dan formulir yang tersedia sebagai suatu prasyarat mendapatkan beasiswa.

Pendaftaran Ulang Seleksi Prestasi 2022

Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus Seleksi Prestasi diwajibkan melakukan pengisian data secara online dengan mengisi biodata dan unggah dokumen yang disyaratkan melalui laman http://sipmaba.its.ac.id dan melakukan daftar ulang.

Itulah Simak, Informasi Mengenai Seleksi Prestasi ITS Tahun 2022. Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi mahasiswa ITS, perhatikan informasi di atas, ya! Semoga membantu!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Seleksi Mandiri ITS: Ketentuan, Daya Tampung, Biaya, dan Jadwal | LKBB Indonesia college - […] Baca juga Simak, Informasi Mengenai Seleksi Prestasi ITS Tahun 2022 […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…