Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Simak! Rekomendasi Kampus yang Membuka Jurusan DKV

oleh | Agu 1, 2022 | Blog, PTN, PTS | 0 Komentar

Kampus yang Membuka Jurusan DKV – Banyak bidang jurusan kuliah yang bisa dipelajari dan salah satu pilihan bidang kuliah yaitu bidang seni. Ada banyak jurusan kuliah yang ada di bidang seni, salah satunya adalah Desain Komunikasi Visual (DKV). Jurusan ini termasuk ke dalam salah satu prodi favorit calon mahasiswa di bidang seni.

Jika kamu memiliki minat dan bakat di bidang seni rupa, jurusan DKV mungkin cocok untuk kamu pilih. Jurusan DKV merupakan jurusan seni rupa yang lebih mengutamakan fungsi komunikasi dari media atau visual. Bagi kamu yang tertarik untuk kuliah di jurusan DKV, simak daftar rekomendasi kampusnya di bawah ini.  

Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

Prodi Desain Komunikasi Visual ISI Yogyakarta adalah bagian dari Jurusan Desain, Fakultas Seni Rupa. Prodi ini didirikan oleh seniman besar dan ternama Dr. HC. RM. Saptohoedojo dan R.J. Katamsi, pendiri ASRI Yogyakarta. Prodi ini tumbuh dan berkembang dalam pengaruh internal khususnya Jurusan Seni Murni yang melahirkan seniman-seniman besar dan eksternal kota Yogyakarta yang dikenal sebagai kota budaya.

Universitas Sebelas Maret (UNS)

Prodi Desain Komunikasi Visual UNS berdiri pada tahun 1979 dengan nama Studio Grafis. Prodi ini masuk ke dalam Fakultas Seni Rupa dan Desain. Saat ini, prodi DKV mempunyai kurikulum yang berorientasi pada tiga wilayah, yaitu gambar (image), suara (sound), dan teks.

Kompetensi lulusan yang dihasilkan berdasarkan kurikulum di jurusan DKV UNS, antara lain:

  • Desain Komunikasi Visual
  • Fotografer
  • Animator
  • Web Designer
  • Compositor Artist
  • Video Director
  • Video Editor

Baca juga Simak! Kampus PTN Favorit yang Membuka Jurusan Aktuaria

Universitas Negeri Malang (UM)

Prodi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni Desain UM masuk ke dalam Fakultas Sastra. Mahasiswa di prodi ini disiapkan menjadi sumber daya manusia yang memiliki kualitas manajerial yang tanggap terhadap perkembangan zaman dan responsif terhadap kaidah dan norma ketimuran. Jurusan DKV Universitas Negeri Malang memiliki bobot total sebesar 147 SKS.

Struktur kurikulum jurusan DKV UM, sebagai berikut:

  1. Mata Kuliah Dasar Pengembangan Karakter (MDPK) sebesar 16 SKS
  2. Mata Kuliah Wajib Keilmuan (MWK) sebesar 121 SKS
  • Mata Kuliah Keilmuan 33 SKS
  • Mata Kuliah Keterampilan 88 SKS

3. Mata Kuliah Peminatan dan Pengembangan Diri (MPPD) sebesar 10 SKS

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Desain Komunikasi Visual ITS berfokus pada bidang teknologi dan kebudayaan lokal, hal ini mengacu pada ITS sebagai institusi pendidikan tinggi yang berbasis teknologi, seni, dan kreatifitas. Dengan salah satu visi-misi ITS sebagai institusi yang maju di bidang kemaritiman-bahari yang berwawasan lingkungan, prodi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada peta sumber-daya insani kreatif untuk berperan dalam kemaritiman dan industri kreatif di Indonesia.

Universitas Tarumanegara (Untar)

Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) Untar masuk ke dalam Fakultas Seni Rupa & Desain. Program studi DKV ini dahulu disebut Desain Grafis. Prodi ini telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Prodi DKV Untar diarahkan untuk menghasilkan tenaga Sarjana S1 yang memiliki kemampuan merancang media komunikasi visual terkini.

Di jurusan DKV Untar, mahasiswa belajar untuk terampil memadukan elemen rupa, huruf, dan citra (image) sebagai bahasa visual melalui media berbasis teknologi digital audio-visual ataupun media cetak.

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah cabang dari ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik, dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu. Seorang sarjana DKV harus bisa mengolah pesan tersebut secara efektif, informatif, dan komunikatif.

Di jurusan DKV ITB pada semester 6, para mahasiswa akan dijuruskan pada 3 jalur minat program studi, antara lain:

  • Komunikasi Grafis
  • Komunikasi Visual Periklanan
  • Komunikasi Multimedia

BINUS University

Visual Communication Design masuk ke dalam School of Design. Program di Binus ini menyiapkan generasi muda kreatif berwawasan global dengan mengusung nilai-nilai lokal berbasis teknologi komunikasi yang mampu menciptakan karya seni visual dan berkontribusi bagi industri kreatif, masyarakat, dan Indonesia.

Di Binus University terdapat berbagai jurusan DKV, yaitu:

  • Visual Communication Design – Animation
  • Visual Communication Design – Creative Advertising
  • Visual Communication Design – New Media
  • Visual Communication Design di Malang
  • Visual Communication Design di Bandung

Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Jurusan Desain Komunikasi Visual di Unnes menyediakan jenjang D3 dengan lulusan bergelar Ahli Madya (A.Md.). Mahasiswa prodi ini disyaratkan minimal menempuh 144 SKS dan maksimal 160 SKS. Jurusan DKV ini masuk ke dalam Fakultas Bahasa dan Seni Unnes.

Pada prodi ini, kuliah dilaksanakan di dalam maupun di luar ruangan. Selain itu, prodi ini juga menyelenggarakan seminar secara berkala. Terdapat berbagai laboratorium dan studio praktikum kesenirupaan, dan kemudahan akses sumber belajar dan diharapkan mahasiswa menjadi lebih berkembang tidak hanya pada tataran akademis, tetapi juga pada ranah praktis.

Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Jurusan ini dimulai tahun 2011, ketika Desain Grafis masih bergabung dengan Seni Rupa Unesa. Kemudian, pada tahun 2011 resmi menjadi jurusan Pendidikan Seni Rupa dan Desain Grafis membentuk jurusan Desain Komunikasi Visual sebagai program studi peminatan pada tahun 2011. Pada tahun 2011, DKV resmi berdiri sebagai jurusan desain yang terafiliasi dengan Fakultas Bahasa dan Seni Unesa.

Jurusan DKV Unesa berfokus pada teknologi dan budaya lokal karena Unesa bercita-cita menjadi lembaga yang berbasis pendidikan, teknologi, seni, dan kreativitas. Dengan salah satu visi-misi Unesa menjadi lembaga yang maju di bidang pendidikan dan industri kreatif, Departemen DKV berharap dapat berkontribusi dalam mengedepankan sumber daya kreatif yang memiliki peran penting dalam industri kreatif dan pendidikan di Indonesia.

Telkom University

Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan salah satu program studi di bawah Fakultas Industri Kreatif (FIK) Universitas Telkom. Dengan berbasis kepada keilmuan seni, desain dan teknologi, serta ilmu pendukung lainnya, prodi S1 DKV menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan sarjana DKV yang mumpuni dalam penguasaan teknologi informasi, kearifan lokal (budaya Nusantara) dan mampu mengembangkan diri menjadi seorang entrepreneur di bidang desain dan industri kreatif (Creativepreneur).

Lulusan prodi S1 DKV FIK Telkom University mampu merancang desain dengan mengutamakan proses kematangan serta integrasi keilmuannya dengan keilmuan lain. Hal ini dapat bermanfaat bagi profesi dan keilmuan DKV, industri kreatif dan masyarakat.

Maraknya usaha di bidang kreatif dan digital menjadi alasan DKV memiliki 2 konsentrasi studi yaitu Technopreneurship dan Multimedia Marketing. Untuk konsentrasi Technopreneurship akan fokus menghasilkan suatu produk visual berbasis teknologi dan menciptakan bisnis. Sedangkan, Multimedia Marketing fokus pada perencanaan dan riset pemasaran produk visual.

Program studi DKV Universitas Telkom merupakan satu satunya program tingkat sarjana S1 yang berbeda dengan DKV pada umumnya. Di jurusan ini selain diajarkan ilmu seni, juga diajarkan ilmu manajemen. Dengan adanya kolaborasi dua disiplin ilmu tersebut diharapkan lulusan DKV Universitas Telkom memiliki kemampuan lebih unggul dibandingkan dengan mahasiswa DKV pada umumnya.

Mata kuliah wajib di DKV Telkom University, antara lain:

  • Pengantar Studi Seni Rupa & Desain
  • Budaya Nusantara
  • Menggambar Konstruktif
  • Proses Komunikasi

Peluang karir lulusan DKV berdasarkan peminatan:

  • Desain Grafis
  1. Graphic Artist
  2. Graphic Designer
  • Desain Multimedia
  1. 2D & 3D Animator
  2. Motion Graphic Artist
  3. Game Designer and Movie Maker
  • Periklanan
  1. Creative Director
  2. Copywriter
  • Manajemen Desain
  1. Creativepreneur
  2. Creative Director

Universitas Trisakti

Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Trisakti masuk ke dalam Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD). Prodi ini menyelenggarakan pendidikan dan mengembangkan keilmuan desain komunikasi visual yang peka terhadap berbagai permasalahan masyarakat urban dan lingkungan untuk menawarkan solusi kreatif melalui desain berbagai media kreatif dalam lingkup desain komunikasi visual dengan posisi Universitas Trisakti sebagai one stop learning for suistainable development.

Penyusunan kurikulum Program Studi Desain Komunikasi Visual disesuaikan dengan kebutuhan dan kemajuan industri media komunikasi visual dengan menerima masukan dari para stakeholder secara berkala. Pemberlakuan Kurikulum Dikti 2015 berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang disahkan Rektor pada tanggal 17 Agustus 2015 memberlakukan 2 pembagian konsentrasi yaitu Konsentrasi Desain Grafis dan Konsentrasi Multimedia yang dimulai di semester 3, guna memfokuskan keahlian sesuai minat mahasiswa.

Itulah Simak! Rekomendasi Kampus yang Membuka Jurusan DKV. Semoga artikel di atas bisa memberikan kamu referensi terkait perguruan tinggi yang membuka jurusan DKV.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!