Cari Sekolah yang Langsung Jadi Pegawai Negeri dan Gaji Menjanjikan? STMKG Saja

oleh | Okt 22, 2019 | Blog | 0 Komentar

Sudah lulus SMA dan bingung mau melanjutkan kuliah di mana? Untuk Anda yang masih bingung mencari Universitas yang cocok untuk kuliah, ada nih salah satu universitas keren dan berkualitas yang bisa Anda coba.

Nama Universitas ini adalah STMKG. STMKG adalah kependekan dari Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Nah, sekolah ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki cita sebagai BMKG atau Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika yang biasanya bekerja dalam penentuan cuaca, keadaan alam dan masih banyak lainnya.

Perguruan tinggi ini juga masih dalam kategori lingkungan kedinasan dari badan Meteorologi Klimatologi dan geofisika (BMKG) yang mana badan ini sebagai pusat informasi klimatologi, meteorologi, geofisika, maupun kualitas udara yang mana pembinaan dilakukan langsung oleh Menteri Pendidikan Nasional.

Sejarah STMKG

STMKG sendiri merupakan sebuah perguruan tinggi yang didirikan di Bandung pada tahun 1955. Awalnya, perguruan tinggi ini bernama Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG). Adapun kampusnya sendiri berada di ITB atau Institut Teknologi bandung.

Namun, pada tahun 1960, AMG dipindahkan ke Jakarta dengan kampus utamanya yang terletak di kantor Lembaga Meteorologi dan geofisika (LMG). Lebih tepatnya lagi kampus ini berada di Jl. Arief Rakhman hakim No. 3 Jakarta Pusat.

Pada tahun 1960 hingga 1978, AMG ini statusnya masih berada di bawah Pusat Meteorologi dan geofisika. Hingga pada tahun 1978, AMG berubah nama menjadi Balai Pendidikan dan Latihan Meteorologi dan Geofisika atau disingkat BPLMG dengan statusnya yang berada di bawah naungan badan Diklat Departemen Perhubungan.

Di tahun 2000, BPLMG berubah nama kembali menjadi AMG yang tetap berada di bawah badan Diklat Departemen Perhubungan dan pada saat itu kampusnya berpindah ke jalan Perhubungan 1, Pondok Betung, Pondok Aren, Tangerang, Banten.

Pada tahun 2004, AMG masih berada di bawah naungan Badan Diklat dengan SK Menhub No. 72 Thn 2002 tgl 2-10-2002. Adapun pada tanggal 1 januari 2005, AMG mulai berada di bawah naungan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) sebagai lembaga pemerintah non Departemen dengan SK KBMH No. 003 Tahun 2004.

Syarat Masuk STMKG

Untuk Anda yang berencana memasuki Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ini adalah Anda harus memenuhi persyaratannya terlebih dahulu. Jika Anda memenuhi syarat, maka Anda bisa mendaftarkan diri di perguruan tinggi ini.

Tentunya syarat-syarat ini harus benar-benar dipahami dengan benar agar dapat masuk dan bisa mendaftar. Perlu Anda tahu bahwa saat mendaftar di perguruan tinggi ini dan Anda mendaftar dua program studi atau lebih, maka secara otomatis Anda akan dianggap gugur.

Ini karena ada banyak sekali orang yang ingin masuk ke Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ini mengingat efeknya yang sangat menggiurkan. Bahkan, setelah lulus dari sekolah ini Anda akan dinyatakan sebagai PNS dan bisa langsung bekerja. Adapun syarat masuk STMG secara umum adalah sebagai berikut:

  1. Pria atau wanita, sehat jasmani dan rohani, warga negara Indonesia, tidak buta warna, berkacamata maksimal -2, shepreis dan juga tidak mengalami silinder.
  2. Belum menikah dan bersedia tidak melangsungkan pernikahan selama proses pendidikan.
  3. Umur 16 tahun ke atas dan tidak boleh lebih dari 21 tahun terhitung dari tanggal 1 September 2018.
  4. Bebas dari narkoba.
  5. Telah lulus atau akan lulus SMA/MA jurusan IPA dan SMK dengan kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Teknik Jaringan Akses, Teknik Mekatronika, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer dan Jaringan.
  6. Adapun peserta yang berasal dari lulusan SMK hanya bisa mendaftar program studi Instrumentasi saja.
  7. Memenuhi persyaratan akademik:
  8. Nilai rapor kelas XII SMA/MA/SMK pada semester 3,4,5 untuk mata pelajaran Fisika, Matematika dan bahasa Inggris minimal 70 dengan skala 100.
  9. Untuk peserta yang telah lulus SMA/M/SMK dengan nilai rapor semester 4,5,6 untuk mata pelajaran Fisika, Matematika dan bahasa Inggris minimal adalah 70 dengan skala 100.
  1. Tinggi badan minimal 155 cm untuk wanita dan 163 untuk pria dengan berat badan yang seimbang.
  2. Tidak menjalani dinas dengan instansi lain.
  3. Bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sesuai dengan ketentuan yang berlaku berdasarkan Anda dinyatakan lulus. Bersedia pula ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Adapun syarat seorang calon dinyatakan diterima adalah:

  1. Telah memenuhi seluruh persyaratan yang sudah disebutkan di atas. Mempunyai ijazah SMA/MA/SMK
  2. Lulus Ujian Nasional SMA/MA/SMK
  3. Memenuhi Nilai Ambang Batas Tes Kemampuan Dasar (TKD)
  4. Lulus tes Kesehatan dan wawancara
  5. Lulus Tes Kemampuan Akademik.

Cara Pendaftaran di STMKG

Jika Anda sudah memenuhi persyaratan di atas, maka kini saatnya Anda melakukan pendaftaran. Nah, untuk melakukan pendaftaran, Anda bisa ikuti cara pendaftaran di STMKG di bawah ini.

Langkah Pertama

  1. Untuk melakukan pendaftaran, Anda bisa mengakses portal http://sscndikdin.bkn.go.id/ dan pastikan Anda memahami setiap penjelasan yang disebutkan di dalamnya.
  2. Jika sudah berhasil masuk, maka masuklah k menu DAFTAR kemudian isikan nomor NIK, dan juga Nomor Kartu Keluarga untuk memvalidkan data.
  3. Jika proses validasi data berhasil, maka Anda akan diminta untuk melakukan perlengkapan data. Namun, jika validasi tidak berhasil, silahkan hubungi kantor DUKCAPIL yang sesuai dengan KTP.
  4. Jika sudah, silahkan buat password dan isikan pertanyaan keamanan agar Anda dapat masuk ke akun.
  5. Langkah terakhir adalah dengan mencetak kartu informasi akun sekolah kedinasan sebagai tanda bukti bahwa Anda telah mendaftar melalui portal SSCN.

Langkah Kedua

Setelah berhasil dengan langkah pertama, maka Anda melanjutkan proses pendaftaran dengan menggunakan langkah kedua. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Silahkan login sesuai dengan akan yang dimiliki dengan memasuki https://sscndikdin.bkn.go.id/ menggunakan NIM dan juga password yang sudah Anda buat.
  2. Setelah berhasil masuk, maka isilah biodata yang tertera di dalam kolom sesuai dengan biodata Anda.
  3. Pastikan bahwa Anda hanya melamar satu program studi kedinasan saja.
  4. Jika sudah, cetak kartu pendaftaran sekolah kedinasan tersebut.

Langkah Ketiga

  1. Pad alangkah ini, Anda bisa langsung mendaftarkan diri ke web resmi STMKG.
  2. Jika sudah, isikan data-data yang diperlukan dalam proses pendaftaran.

Langkah Keempat

Pad alangkah in, STMKG akan melakukan verifikasi administrasi dari para pelamar yang selanjutnya akan diumumkan dari hasil seleksi administrasi tersebut.

Langkah Kelima

Untuk para pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi bisa langsung mengikuti tes CAR dan tes lain yang disesuaikan dengan ketentuan dari STMKG.

Langkah Keenam

STMKG akan melakukan pengumuman dari hasil seleksi kelulusan para pelamar.

Jika Anda berhasil diterima dan lolos seleksi, maka secara langsung Anda telah menjadi bagian dari STMKG.  

Tahapan Seleksi di STMKG

Jika Anda sudah lolos seleksi administrasi, nantinya Anda akan dihadapkan dengan beberapa tahapan seleksi lainnya. Ada lima tahapan seleksi yang harus Anda ikuti agar bisa lolos sebagai peserta STMKG. Apa saja tahapan seleksi di STMKG tersebut? Langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

  1. Tes Kemampuan Dasar

Tes yang pertama harus Anda ikuti adalah Tes Kemampuan Dasar. Tes ini meliputi wawasan kebangsaan (TKW), intelegensi umum (TIU), dan juga tes karakteristik pribadi (TKP).

Saat mengikuti tes ini, Anda wajib untuk membawa KTP asli, KK asli, ID berfoto atau kartu identitas yang memiliki foto boleh kartu pelajar, SIM atau lainnya. Jangan lupa semua hal tersebut disiapkan dalam bentuk foto copy-an juga. Berikut ini adalah penjelasan dari semua tes atau soal STMKG/materi STMKG tersebut:

  • TKW

Dalam seleksi ini, biasanya Anda akan dihadapkan dengan materi hafalan dan juga pemahaman. Dalam hal ini, Anda bisa mempelajari materi yang berkaitan dengan UUD 1945. Jangan lupa untuk pahami pasal-pasalnya.

Selain itu, Anda juga harus mempelajari sejarah berdirinya bangsa Indonesia dimana semakin luas materi yang Anda kuasai maka akan semakin bagus. Selain itu, Anda juga harus mempelajari materi yang berkaitan dengan pancasila dan juga Bhineka Tunggal ika serta sistem tata negara yang ada di Indonesia.

  • TIU

Untuk tes ini biasanya identik dengan materi psikotes. Untuk itu, Anda bisa pelajari hal-hal yang berkaitan dengan antonim atau sinonim, hitungan, adanya kata, logika angka, angka dalam cerita, angka/seri huruf, simpulan silogisme, logika cerita, logika umum dan masih banyak lainnya.

Tidak hanya itu, Anda juga harus memperbanyak untuk latihan soal. Sebab, semakin terbiasa mengerjakan soal maka Anda juga akan semakin mudah dalam menjawabnya.

2. Tes Kemampuan Bidang

Dalam tes ini hal yang akan diujikan berkaitan dengan bidang matematika, fisika dan juga bahasa inggris. Untuk itu, soal STMKG/materi STMKG yang harus Ada pelajari sebagai berikut.

  • Pastikan mempelajari setiap dasar dari tiap-tiap bidang yang ada.
  • Anda juga harus memperbanyak memahami soal.
  • Jika perlu, Anda bisa membeli kumpulan soal-soal STMKG yang bisa ditemukan di situs jual beli online. Di sana Anda bisa menemukan berbagai jenis soal yang sama persis.
  • Pastikan tidak mengulur banyak waktu dalam roses pengerjaan soal.
  • Ikuti saja tutorial online yang diadakan oleh para senior atau alumni STMKG jika hal ini diperlukan.
  • Fokus dan percaya bahwa Anda bisa mengerjakannya.
  • Jangan lupa untuk berdoa dan meminta doa restu kepada orang tua.
  • Pastikan Anda mengerjakan soal yang dianggap mudah terlebih dahulu.
  • Dan yang terakhir adalah pastikan Anda dalam kondisi sudah sarapan sebelum melakukan ujian.

3. Tes Kebugaran

Tes kebugaran ini bisa dikaitkan sebagai tes jasmani dan rohani. Agar Anda bisa lancar dalam mengikuti tes ini, Anda bisa ikuti tipsnya di bawah ini.

  • Perbanyak untuk melakukan lari maraton sebelum melakukan tes.
  • Pastikan pada saat tes berlangsung Anda membawa raport dan juga ijazah beserta dengan foto copy-annya. Makanlah makanan yang bergizi dan seimbang
  • Atur pola istirahat
  • Berdoa dan minta doa restu kepada orang tua.

4. Tes Wawancara

Tes wawancara menjadi tahapan seleksi yang sangat penting. Untuk itu, sebelum mengikuti tes ini Anda bisa ikuti semua tips di bawah ini.

  • Ketuk pintu dan ucapkan salam sebelum memasuki ruangan
  • Jangan duduk terlebih dahulu ke bangku jika belum dipersilahkan oleh pewawancara
  • Pastikan gunakan bahasa yang singkat padat dan jelas saat memperkenalkan diri
  • Gunakan volume suara yang keras dan terdengar baik
  • Jawab saja pertanyaan yang diberikan dengan mantap
  • Jangan lupa untuk selalu tersenyum
  • Siapkan pula motivasi mengapa Anda ingin bekerja di sini
  • Siapkan diri Anda dengan pertanyaan seputar gempa, iklim, cuaca, tsunami dan lainnya
  • Selalu percaya diri dan berdoa agar diberikan kemudahan.

5. Tes Kesehatan

Tes kesehatan ini dilakukan untuk mengetahui kesehatan dari para pelamar. Dalam tes kesehatan ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan di bawah ini.

  • Sebelum mengikuti tes kesehatan, pastikan Anda sudah melakukan survei terlebih dahulu
  • Jangan lupa untuk siapkan dana 400-600 ribu sebagai biaya cek kesehatan
  • Bawa berkas-berkas yang diperlukan seperti KTP. KK, dan blangko dari STMKG
  • Siapkan pula materai 6000
  • Sebelum tes kesehatan, ada baiknya perbanyak minum air putih.

Jadwal Pendaftaran di STMKG

Untuk Anda yang berencana untuk mendaftar di Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ini pastikan Anda mengetahui jadwal pendaftarannya. Jangan sampai pendaftaran sudah ditutup bagi Anda mau mendaftar. Adapun jadwal pendaftarannya adalah sebagai berikut:

Di tahun 2019 ini STMKG membutuhkan calon taruna sebanyak 250 orang. Adapun untuk pendaftaran online dibuka secara serentak mulai dari tanggal 9 hingga 30 April 2019.

Jadwal tes

Untuk Anda yang akan mengikuti tes, pastikan untuk tahu jadwalnya. Sehingga saat seleksi dimulai Anda tidak akan ketinggalan dan gugur di tengah jalan hanya karena tidak tahu jadwal. Jadwal tes ini meliputi notifikasi kode billing, pembayaran kode billing, cetak kartu PTB, Tes SKD, Tes SKB, tes kebugaran, tes kesehatan, pengiriman dokumen tes kesehatan, daftar ulang dan wawancara, madabintal, dan hari pelaksanaan kuliah dimulai.

Gaji STMKG

Mengapa banyak sekali orang yang tertarik untuk masuk ke STMKG? Salah satunya karena gajinya yang sangat lumayan. Adapun gaji yang diterima oleh orang yang sudah masuk ke STMKG atau BMKG dimulai dengan Rp. 1.760.000 hingga Rp. 22.840.000. Wow, bukankah gaji ini sangat fantastis.

Biaya Kuliah STMKG yang Harus Dibayarkan

Untuk Anda yang ingin masuk ke STMKG, tentunya Anda harus mempersiapkan biaya yang dibutuhkan selama proses kuliah. Untuk tahap pendaftaran, di sini Anda harus mempersiapkan uang pendaftaran sebesar Rp. 75.000 saja. jika Anda lolos seleksi administrasi, nantinya Anda akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan di sini Anda harus membayar biaya seleksi Rp. 50.000 saja.

Jika sudah, maka Anda harus melakukan daftar ulang. Nah, untuk biaya daftar ulang ini akan ditanggung oleh pendaftar. Jumlahnya sendiri akan disesuaikan dengan studi yang diambil. Sedangkan jika Anda sudah dinyatakan diterima, maka biaya kuliah yang dilakukan di STMKG akan ditanggung oleh pemerintah secara keseluruhan.

Jadi, bisa dikatakan Anda kuliah di STMKG ini secara gratis. Hanya saja, saat Anda menjalani pendidikan di Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ini tidak disediakan asrama sehingga Anda harus mencari tempat tinggal sendiri selama roses pendidikan.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba mendaftar di STMKG? Jika iya, yuk daftarkan diri Anda sekarang juga. Jangan sampai ketinggalan, kapan lagi bisa kuliah gratis dan bisa langsung jadi pegawai negeri. Jangan lupa untuk lengkapi persyaratan dan siapkan diri Anda mulai dari sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Cara Dan Tahapan Pendaftaran AKPOL Terbaru

Cara Dan Tahapan Pendaftaran AKPOL Terbaru

Akademi kepolisian atau sering disebut juga dengan AKPOL merupakan sebuah sekolah ikatan dinas yang dinaungi oleh kalemdikpol dengan tujuan untuk mendidik dan mencetak para taruna Akpol menjadi perwira polri nantinya.