Sudah Dikonfirmasi! Penggunaan Nilai UTBK untuk SIMAK UI 2021

oleh | Mar 30, 2021 | Blog, Jalur Masuk PTN, UI | 0 Komentar

SIMAK UI – Universitas Indonesia atau biasa disingkat UI, merupakan salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia. Kampus yang terletak di Depok ini selalu menjadi salah satu tujuan utama dari para calon mahasiswa yang ingin memperoleh pendidikan tingkat lanjut.

Sebagai perguruan tinggi negeri (PTN), UI membuka beberapa jalur masuk bagi mahasiswa baik melalui seleksi nasional maupun mandiri. Seleksi nasional yang dimaksud di sini yaitu SNMPTN dan SBMPTN yang pelaksanaannya dilakukan secara terintegrasi bersama LTMPT. Selain itu, UI juga membuka jalur penerimaan mandiri bernama Seleksi Masuk UI atau SIMAK UI.

Tentang SIMAK UI

Seleksi Masuk UI atau lebih dikenal dengan SIMAK UI merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia. Seleksi ini dijalankan dalam bentuk ujian terpadu yang saat ini dilaksanakan secara daring mengingat kondisi pandemi Covid-19.

SIMAK UI dilakukan untuk seleksi calon mahasiswa seluruh jenjang pendidikan yang ada di Universitas Indonesia. Jenjang yang tersedia yaitu D3, D4, S1 Reguler, S1 Paralel, S1 Ekstensi, Profesi, Spesialis, Magister, dan Doktor. Sedangkan untuk Kelas Internasional pelaksanaan SIMAK-nya dilaksanakan di waktu yang berbeda.

Kabar Seleksi dengan Nilai UTBK

UTBK SIMAK UI

Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK merupakan ujian yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Tes ini dilakukan secara nasional dalam dua gelombang yang berbeda.

Seiring dengan perkembangannya, nilai UTBK yang awalnya digunakan untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) kini banyak dipakai oleh instansi lainnya. Beberapa perguruan tinggi baik negeri maupun swasta memasukkan Nilai UTBK sebagai salah satu syarat administrasi pendaftaran seleksi mandirinya.

Pada tanggal 17 Maret 2021, melalui kanal Youtube Universitas Indonesia, salah satu pengisi live streaming SBMPTN Info Day 2021, Dr. Gunawan, S.T., M.T., menyampaikan informasi terkait SIMAK UI. Ia menyatakan bahwa bagi siapa pun yang mendaftar S1 Reguler melalui SIMAK UI, maka akan diminta untuk mengisikan nomor peserta UTBK 2021, sebagai salah satu syarat pendaftaran.

Melalui pernyataannya, Gunawan juga menyampaikan bahwa seleksi S1 Reguler akan dilakukan dengan menggunakan nilai UTBK; bagi peserta yang hanya mendaftar di program S1 Reguler, maka tidak perlu mengikuti ujian online.

Keterangan tersebut sempat menimbulkan keributan di antara calon pendaftar SIMAK UI. Pengguna akun Twitter @FUi2021 menanyakan terkait hal tersebut melalui reply tweet ke akun resmi @SIMAK_UI. Pada tanggal 19 Maret 2021, cuitan tersebut dibalas oleh @SIMAK_UI, “tunggu pengumuman lebih lanjut ya.”

Baca juga Catat! Ini Dia Informasi Pendaftaran SIMAK UI Tahun 2021.

Penggunaan Nilai UTBK di SIMAK UI

Akun Twitter @SIMAK_UI pada 29 Maret 2021, menyampaikan informasi terbaru terkait penggunaan Nilai UTBK untuk SIMAK UI.

“Selain memerlukan skor UTBK, SIMAK UI S1 reguler tetap mengadakan ujian seleksi secara online,” unggah akun @SIMAK_UI. Akun tersebut juga menambahkan keterangan bahwa data UTBK  perlu diisikan saat pendaftaran dan ujian seleksi SIMAK S1 Reguler akan tetap diadakan secara online.

Nilai UTBK dan hasil ujian online akan digunakan untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Selain itu, terdapat pula syarat nilai UTBK yang dilampirkan. Apabila peserta mendaftar ke program studi Saintek di UI, maka harus memiliki nilai UTBK rumpun Saintek, begitu pula untuk Soshum.

Jadwal Pelaksanaan

Supaya bisa lolos seleksi S1 Reguler jalur SIMAK, maka pendaftar harus mengikuti 2 ujian berbeda, yaitu UTBK dan juga SIMAK UI (tes online). Berikut ini jadwal pelaksanaan untuk kedua jenis ujian.

UTBK

  • Registrasi Akun: 7 Februari – 12 Maret 2021
  • Pendaftaran: 15 Maret – 1 April 2021
  • Ujian Gelombang 1: 12 – 18 April 2021
  • Ujian Gelombang 2: 26 April – 2 Mei 2021
  • Pengumuman: 14 Juni 2021

SIMAK UI S1 Reguler

  • Pendaftaran: 3 Mei – 9 Juni 2021
  • Ujian: 19 – 20 Juni 2021
  • Pengumuman: 30 Juni 2021

Itu tadi artikel tentang Sudah Dikonfirmasi! Penggunaan Nilai UTBK untuk SIMAK UI 2021. Baca tulisan tentang Universitas Indonesia lainnya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan pilihan banyak orang selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas. Pendidikan ini bisa didapat dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Di Indonesia sendiri, banyak yang...