Syarat Dan Persiapan UTUL UGM Yang Wajib Di Ketahui

oleh | Feb 21, 2020 | Blog | 0 Komentar

Apa kalian mempunyai mimpi dapat masuk kampus UGM ? saatnya wujudkan mimpi anda sekarang, karena jika anda diam saja dan tidak mau usaha tentunya mimpi anda tidak akan terwujud. Untuk anda siswa/siswi yang ingin mengikuti UTUL UGM ( ujian tulis ) UGM maka anda harus menyiapkan segala persyaratanya dan biaya yang Anda harus siapkan. Karena apa – apa yang serba terburu – buru pasti tidak akan sesempurna apa yang sudah di siapkan dari jauh – jauh hari secara matang. Pada artikel ini kita akan membahas semua syarat dan persiapan yang harus anda siapkan.

Apa Itu UTUL UGM ?

Sebelum lanjut ke pokok pembahasan berikutnya, kita akan mengenalkan lebih jauh terlebih dahulu mengenai apa itu UTUL UGM . UTUL UGM merupakan Jalur seleksi ini merupakan seleksi masuk UGM yang menggunakan kombinasi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan nilai UTUL yang diselenggarakan oleh UGM. Pola ini memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2019, 2018, dan 2017 untuk mengikuti seleksi dengan memilih 3 (tiga) program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma sesuai dengan kelompok UTBK yang diikuti. Kelompok ujian terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu:

  • Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek).
  • Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum).
  • Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum).

Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, atau Soshum, atau Campuran jadi anda harus menyiapkan untuk hal – hal tersebut jangan sampai anda lalai.

Syarat Umum Ikut UTUL UGM Yang Harus Di Penuhi

Selanjutnya kita akan membahas persyaratan umum yang harus kalian penuhi agar dapat ikut UTUL UGM. Beriut persyaratan umumnya :

  1. WNI ( Warga Negara Indonesia )
  2. Pendaftar merupakjan lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat, atau dengan paket C tahun 2019,2018, dan 2017.
  3. Seorang pendaftar harus mempunyai kondisi kesehatan yang memadai sehingga tidak menggangu kelancaran proses pembelajaran rodi (program studi yang anda pilih)

Syarat Khusus Ikut UTUL UGM Yang Harus Anda Siapkan

  1. Pendaftar merupakan lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau juga dapat Paket C tahun 2018 dan2018 harus mempunyai ijazah.
  2. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2019 minima harus sudah mempunyai Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) atau juga bisa Surat Keterangan Lulus (SKL) sekurang – kurangnya yang memuat informasi jati diri dan juga foto terbaru yang di beri stempel dari sekolah/ lembaga penyelenggara paket C yang sah. Ijazah/SKHUN/SKL wajib anda bawa ketika mengikuti UTUL UGM

Prosedur UTUL UGM Yang Harus Anda Ikuti

  1. Membuat akun pendaftaran melalui laman http://um.ugm.ac.id/admisi dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Bagi pendaftar jalur ujian tulis berhak untuk memilih 3 (tiga) program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma, urutan pilihan menunjukkan skala prioritas.
  2. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang menjadi syarat, kemudian mengunci data untuk memperoleh kode pembayaran.
  3. Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Bank Syariah Mandiri (BSM), BNI Syariah, BPD DIY, dan CIMB NIAGA.
  4. Untuk pembayaran melalui teler, anda dapat langsung ke Kantor Cabang Bank Mandiri, BNI, BNI Syariah, BRI, BTN, BPD, DIY, CIMB NIAGA atau Bank Syariah Mandiri (BSM)
  5. Pendaftar tidak perlu menggunakan nomor rekening tujuan hanya cukup memberitahukan kode bayar yang di peroleh setelah saudara selesai melakukan pendaftaran dan mengunci data (subunit)
  6. Teler dari bank akan mencatatkan data pembayaran ke sistem Host To Host UGM
  7. Ketika transaksi sudah berhasil di bukukan teler akan memberikan bukti pembayaran biaya pendaftaran yang diguanakan untuk mencetak bukti pendaftaran secara Online di akun pendaftaran.
  8. Untuk pembayaran melalui ATM anda dapat melihat  petunjuk pembayaran.
  9. Mencetak Bukti pendaftaran Online, melalui akun pendaftaranya masing – masing
  10. Mencetak kartu peserta ujian yang memuat informasi lokasi dan jadwal ujian sesuai dengan waktu yang sudah di tentukan.

Tabel biaya pendaftaran UTUL UGM berikut ini :

Kelompok Biaya Pendaftaran
Soshum Rp. 300.000-,
Saintek Rp.300.000-,
Campuran Rp.325.000-,
Untuk memilih maksimal 3 program studi

Dokumen Yang Harus Anda Siapkan Untuk UTUL UGM

Setiap keperluan pasti harus menggunakan dokumen baik di tahap administrasi atau pada tahap verifikasi. Selain dokumen dalam bentuk hardfile setiap pendaftar juga harus menyiapkan dokumen berbentuk softfile (hasil Scan). Berikut yang harus anda siapkan :

  • Scan Ijazah (untuk lulusan 2018 dan 2017) atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) atau Surat Keterangan Lulus/SKL (untuk lulusan 2019) dalam bentuk PDF
  • Sertifikat hasil UTBK dalam bentuk PDF
  • Scan KTP/Kartu Keluarga dalam bentuk PDF

Dokumen itu tidak boleh ada yang kurang jika ada yang kurang tentu saja anda tidak dapat melanjutkan ke tahap berikutnya. Selanjutnya kita akan membahas mengenai Jadwal pelaksanaan UTUL UGM.

Jadwal Pelaksanaan UTUL UGM 2019 Yang Wajib Anda Lihat

Berikut ini jadwal pelaksanaan UTUL tahun 2019 untuk melihat informasi terbarunya anda dapat mengunjungi situs tps://um.ugm.ac.id/

  • Tahap Penadftaran Online, akan di laksanakan pada : 11 Juni – 1 Juli 2019
  • Tahap Pembayaran Biaya Pendaftaran : setiap kode pembayaran mempunyai jadwalnya masing – masing pada kode pembayaran.
  • Tahap Pencetakan Kartu tes akan di laksanakan pada tanggal : 5 Juli 2019
  • Tahap Tes Tertulis akan dilaksanakan pada tanggal 14 Juli 2019
  • Tahap pengumuman akan di laksanakan pada tanggal 23 Juli 2019

Lokasi ujian UTUL UGM akan dilaksanakan di kota ( Jakarta, Pekanbaru, Medan, Surabaya, Dan Yogyakarta ) khusus untuk pendaftar yang memilih ujian di luar Yogyakarta akan di kenakan biaya tambahan verifikasi sebesar Rp 225.000,-.

Materi UTUL UGM Yang Harus Anda Pelajari

Untuk dapat lolos UTUL UGM tentunya anda harus menguasai materi yang akan di ujikan pada saat UTUL UGM. Berikut meteri UTUL UGM :

  1. Test Kemampuan Dasar (TKD) untuk Soshum terdiri dari ( Sosiologi, Sejarah, Geografi dan Ekonomi )
  2. Test Potensi Akademik ( TPA )
  3. Test Kemampuan Dasar ( TKD ) Saintek Terdiri atas: ( Matematika IPA, Biologi, Fisika dan Kimia )
  4. Tes Kemampuan Dasar Umum ( TKDU) terdiri dari ( Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Ingrris )

Dengan beberapa materi yang menurut amin cukup banyak tentunya anda akan sedikit kesusahan mengatur skema pembelajaranya. Maka dari itu anda dapat mengikuti Bimbingan yang dapat mendukung anda masuk UTUL UGM. Salah satu bibel yang mempuyai produk khusus untuk meloloskan muridnya melalui UTUL UGM adalah Indonesia College. Indonesia College merupakan salah satu bimbingan khusus masuk perguruan tinggi favorit yang tepercaya.

8 Kegiatan Pendukung Sukses UTUL UGM

  • Belajar Minimal 1 Jam Perharinya

Agar tingkat keberhasilan mu untuk lolos UTUL UGM semakin bertambah tentunya anda juga harus belajar segala materi yang akan di ujikan pada saat ujian tulis di UGM. Anda minimal harus belajar selama 1 jam perharinya. Kenapa kok minimal 1 jam perhari ? karena jika dalam waktu 1 hari anda tidak belajar minimal 1 jam anda akan melupakan sekitar 12% apa yang sudah anda pelajari. Anda dapat belajar minimal 1 jam perhari dapat dengan metode mengingat kembali materi yang sudah di dapatkan atau dengan metode lainya.

  • Belajar Menentukan Mana Yang Lebih Penting

Di dalam UTUL UGM tentunya soalnya mempunyai bobot poin yang berbeda – beda, maka dari itu anda harus belajar memilih mana yang lebih penting. Kerjakan soal yang lebih penting terlebih dahulu yang menurut anda itu mudah dan mempunyai bobot poin yang tinggi.

  • Jangan Pernah Mengorbankan Mata Pelajaran Jadi Belajar Dengan Porsi Yang Sama

Anda juga tidak boleh pilih – pilih mana mata pelajaran yang akan anda pelajari leibh giat dan mana yang tidak. Karena tidak semua soal akan keluar sesuai dengan prediksi anda. Anda harus menyamakan porsi belajar setiap mata pelajaran. Baik pelajaran yang sudah anda kuasai atau yang belum anda kuasai harus sama – sama mempunyai jam yang sama.

  • Menjaga Kesehatan Anda

Penting sekali untuk menjaga kesehatan anda dalam masa belajar, karena ketika anda sakit dalam masa belajar tentunya kualitas anda dalam mempelajari sebuah materi akan terganggu juga. Terganggu bagaimana ? terganggu semisal anda pusing atau kena flu pasti anda akan susah berkonsentrasi dan tidak dapat menerima materi apa yang anda pelajari, jadi jaga kesehatan anda selama anda akan menghadapai UTUL UGM.

  • Mengurangi Waktu Bermain Anda

Selanjutnya anda harus sudah mulai mengurangi waktu bermain anda dan menggantinya menjadi waktu istirahat dan belajar. Kurangi waktu bermain dan menambah intensitas istirahat lebih penting agar kondisi otak anda selalus segar dan sehat. Anda dapat berkomunikasi terlebih dahulu dengan teman anda agar tidak mengajak anda bermain dalam beberapa waktu kedepan.

  • Menyiapkan Segala Peralatan Untuk UTUL UGM

Selanjutnya anda dapat menyiapakan segala peralatan yang perlu anda siapkan untuk menjalani UTUL, mungkin menyiapkan alat tulis dan yang lainya. Bisa anda bayangkan, ketika anda sedang mengerjakan sebuah soal lalu alat tulis anda bolpoin habis tintanya dan anda tidak membawa gantinya? Tentu itu akan sangat menggangu sekali untuk kelancaran UTUL anda. jadi ada baiknya anda harus mengecek setiap alat tulis anda jangan sampai anda mengalami kesulitan saat mengerjakan UTUL.

  • Meminta Restu Orang Tua

Restu orang tua memang selalu dapat membantu melancarkan perjalanan setiap anaknya. Maka dari itu ada baiknya seblum anda melakukan segala hal anda meminta dukungan dan doa dari orang tua anda.

Bimbel UTUL UGM Dari Indonesia College

Guna membantu mempersiapkan diri para calon mahasiswa yang ingin mengikuti UTUL UGM. Indonesia College sebagai Lembaga Konsultasi & Bimbingan Belajar yang telah berpengalaman sejak 1993 membuka Program Bimbingan UTUL UGM. Didukung oleh pengajar yang berkualitas S1/S2/dosen UI & UGM, metode cerdas, PAKEM (Pendekatan, Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan), dan target yang jelas lulus UTUL UGM. Sehingga masuk kuliah di UGM bukanlah menjadi sesuatu yang mustahil. Dapatkan PROGRAM GARANSI JAMINAN DITERIMA !

Fasilitas Bimbel UTUL UGM Di Indonesia College Yang Akan Anda Dapatkan :

  • Asrama gratis
  • Exclusive Class
  • Materi Lengkap
  • Ruangan Full AC

Sudah banyak peserta Bimbel UTUL UGM yang lolos, anda bisa melihat daftarnya di sini

Program Itensif Khusus Indonesia College

PINSUS (Program Intensif Khusus) dirancang untuk alumni SMA lulusan tahun 2019, 2018 dan sebelumnya serta siswa SMA kelas XII yang akan lulus pada tahun 2020. Program ini dilaksanakan selama kurang lebih 2 pekan untuk membekali para calon praja dalam menghadapi Seleksi IPDN Tahun 2020. Metode Pembelajaran efektif yang akan memudahkan para calon praja menyerap materi pelajaran. Pelatihan untuk menghadapi seleksi Wawancara juga diberikan dengan metode langsung Praktik, dan juga para calon praja akan diberikan bekal untuk menghadapi ujian psikologi (Psikotes).

Kenapa Para Pendaftar Memilih Universitas Gadjah mada ?

UGM merupakan salah satu universitas di Yogyakarta yang sangat di incar oleh ribuan bahkan jutaan calon mahasiswa. Mereka pun bersaing mati – matian agar dapat masuk ke Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Seperti yang kita ketahui UGM merupakan salah satu perguruan tinggi terfavorit karena masuk ke dalam 3 besar universitas terbaik. selain itu UGM juga mempunyai lingkungan kuliah yang ramah beasiswa dan berkualitas yang tinggi. Ini dia kenapa banyak orang ingin masuk ke Universitas Gadjah Mada Yogyakarta :

  • Merupakan Unviersitas Yang Berkualitas
  • UGM berada di Yogyakarta yang terkenal sebagai kota pelajar sekaligus kota wisata
  • Mempunyai banyak tawaran Going Abroad atau  tawaran kuliah di luar negeri
  • UGM mempunyai Kelas International
  • Universitas Gadjah Mada mempunyai perpustakaan dengan kumpulan buku yang lengkap
  • GMC atau Gadjah Mada Health Center merupakan klinik Primer BPJS.

Nah itu dia beberapa alasan yang membuat banyak orang ingin masuk ke Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Nah sampai di sini dulu artikel kali ini teman – teman IC semoga dengan adanya informasi ini dapat memudahkan jalan anda untuk dapat menyiapkan segala sesuatu hal kutuk UTUL UGM dan berhasil lolos. Jangan lupa untuk selalu menjaga kondisi kesehatan anda, karena ketika kondisi kesehatan anda terganggu tentusaja akan menggangu konsentrasi dan kualitas belajar anda.

Oh iya.. jangan lupa untuk mempercayakan segala Bimbel untuk masuk ke perguruan tinggi favorit di Indonesia College karena banyak sekali program yang dapat anda pilih di Indonesia College dari mulai masuk kedokteran dan yang lainya. dengan mengikuti bimbel Online tentu saja anda berada 1 langkah di antara calon pendaftar lainyang tidak mengikuti bimbel. Jadi tunggu apa lagi ? wujudkan mimpi anda untuk masuk Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, jangan diamkan mimpi anda sehingga anda tidak akan mewujudkan mimpi anda sampai kapanpun.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…