Yuk, Cari Tahu Syarat dan Tata Cara Pendaftaran STIP di Sini!

oleh | Nov 4, 2019 | Blog, Sekolah Kedinasan | 37 Komentar

STIP adalah kampus kedinasan yang ada di bawah kementerian Perhubungan dan dikelola langsung oleh Dephub dengan sistem seleksi dan penerimaan perguruan tinggi kedinasan. Yang mana bertujuan untuk mencetak Sumber Daya Manusia STIP yang unggul dan juga handal.

Selain itu, Indonesia tengah menyongsong program mengenai Poros Maritim Dunia atau Global Maritim Access. Untuk menunjang hal tersebut, ada beberapa aspek yang mesti dikembangkan diantaranya Aspek Pariwisata Maritim, Aspek Perikanan, Aspek Sumber Daya Mineral, dan Aspek Perkapalan dan Sumber Daya Manusianya.

Untuk mewujudkan visi dan misi program tersebut, tentunya Indonesia membutuhkan Sumber Daya Manusia dalam bidang Pelayaran Niaga yang cukup banyak mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan. Sehingga, STIP membuka peluang bagi anak bangsa terbaik untuk bergabung dan mewujudkan cita-cita bangsa ini.

Pendaftaran STIP atau Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran dapat dilakukan oleh siswa dan siswi lulusan Sekolah Menengah Atas dari seluruh penjuru Indonesia.Sebab, STIP merupakan sekolah pelayaran yang telah diakui lulusannya di dunia dan merupakan sekolah pelayaran yang paling baik di Indonesia.

Sekilas Tentang STIP

Sekolah kedinasan ini berdiri sejak tahun 1953 dengan konsep Akademi Ilmu Pelayaran yang menyelenggarakan program diploma III yang setara dengan BSc. Di tanggal 27 Februari 1957 AIP diresmikan oleh Ir. Soekarno selaku presiden pertama RI. AIP pun menjadi akademi pelayaran pertama yang ada di Indonesia. Akademi Pelayaran ini berlokasi di Jalan Gunung Sahari, Mangga Dua, Ancol, Jakarta Utara.

Di tahun 1962 AIP melakukan kerjasama dengan Akademi Pelayaran Amerika yakni Kings Point untuk kelas khusus. AIP memiliki reputasi yang baik di bidang sekolah pelayaran. Hingga tahun 1974 sampai 1984 AIP menyelenggarakan pertukaran pelajar ke Tanzania, Bangladesh, dan Malaysia.

Tahun 1983 Akademi Ilmu Pelayaran Niaga serta Akademi Telekomunikasi dilebur jadi Akademi Ilmu pelayaran sehingga ada 4 program studi yang mendapatkan lisensi.

Tahun 1983 Akademi Ilmu Pelayaran berubah nama menjadi Pendidikan dan latihan Ahli pelayaran atau PLAP. Hingga tahun 1998, Institut diberikan lisensi untuk menyelenggarakan diklat basic safety training, familiarization training, tanker familiarization, oil tanker, dan sebagainya. Akhirnya, bulan Maret 2000 PLAP berubah status menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran atau STIP dengan struktur organisasi baru.

Program Studi di STIP

Adapun pendaftaran STIP tahun 2019 membuka berbagai macam program studi meliputi:

1. Program Diploma IV Nautika

Sistem pengajaran yang ada pada program studi ini meliputi:

  • Semua peserta didik diasramakan dan disebut dengan Taruna atau Taruni STIP
  • Pendidikan menggunakan SKS dengan beban studi mencapai 150 hingga 160 SKS
  • Semester 1 hingga 4 mengajarkan teori serta praktik laboratorium yang ada di dalam kampus
  • Semester 5 dan 6 praktik pada kapal niaga
  • Semester 7 dan 8 meliputi materi kuliah Diploma IV serta teori untuk kompetensi ANT-II.

Sedangkan pasaran kerjanya adalah:

  • Perwira di atas kapal Asing serta Domestik
  • Industri Pelayaran
  • Pengeboran Minyak
  • Instansi Pemerintah
  • TNI atau Polri
  • Serta, Biro Klasifikasi Asing dan Domestik

Peserta yang lulus di STIP pada jurusan ini akan diberi ijazah Diploma IV dengan sebutan profesional yakni S.SiT atau Sarjana Sains Terapan serta sertifikasi Ahli Nautika Tingkat III (ANT-III)

2. Program Diploma IV Teknika

Lama pendidikan pada prodi ini adalah 8 hingga 14 semester dengan sistem pengajaran berupa:

  • Semua peserta didik diasramakan dan disebut dengan Taruna atau Taruni STIP
  • Pendidikan menggunakan SKS dengan beban studi mencapai 150 hingga 160 SKS
  • Semester 1 hingga 4 mengajarkan teori serta praktik laboratorium yang ada di dalam kampus
  • Semester 5 dan 6 praktik pada kapal niaga
  • Semester 7 dan 8 meliputi materi kuliah Diploma IV serta teori untuk kompetensi ATT-II.

Sedangkan pasaran kerja untuk program studi Teknika ini meliputi:

  • Perwira di atas kapal Asing serta Domestik
  • Industri Pelayaran
  • Pengeboran Minyak
  • Instansi Pemerintah
  • TNI atau Polri
  • Serta, Biro Klasifikasi Asing dan Domestik.

Peserta didik yang lulus di STIP dengan program studi Teknika akan diberi ijazah dengan sebutan profesional S. SiT (Sarjana Sains Terapan) dengan sertifikat ahli teknika ATT-III.

3. Program Diploma IV Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan (KALK)

Lama pendidikan untuk program diploma IV prodi Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan adalah 8 hingga 14 semester, sedangkan program strata B selama 2-4 semester.

Sistem pengajaran yang dilakukan meliputi:

  • Semua peserta didik diasramakan dan disebut dengan Taruna atau Taruni STIP
  • Pendidikan menggunakan SKS dengan beban studi mencapai 150 hingga 160 SKS
  • Semester 1 hingga 4 mengajarkan teori serta praktik laboratorium yang ada di dalam kampus
  • Semester 5 dan 6 praktik pada kapal niaga
  • Semester 7 dan 8 meliputi materi kuliah Diploma IV serta teori untuk kompetensi ANT-II

Sedangkan pasaran kerjanya meliputi:

  • Pemegang kendali pelabuhan di seluruh Indonesia
  • Perhotelan
  • Perusahaan Pelayaran Nasional dan juga Internasional, BUMN, serta instansi swasta dan pemerintah yang bergerak pada bidang export import, surveyor, asuransi maritime, freight forwarder, bongkar muat, dan logistic.

Nah, tiga program studi di atas didukung dengan beragam fasilitas yang mumpuni. Diantaranya auditorium, simulator, laboratorium, asrama Taruna dan Taruni berkapasitas 1000 orang, kolam latih, gereja, masjid, sarana olahraga, perpustakaan, klinik, WiFi kampus, dan sebagainya.

Dalam pendaftaran STIP, Anda hanya diizinkan untuk memilih satu program studi saja. Sehingga, Anda perlu mempertimbangkan keputusan Anda baik-baik sebelum memutuskan untuk memilih program studi tersebut.

Persyaratan Pendaftaran

Adapun persyaratan pendaftaran STIP yang mesti Anda persiapkan dalam bentuk berkas dan dokumen meliputi:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi yang belum mempunyai KTP bisa menggunakan Surat Keterangan Kependudukan atau resi permintaan pembuatan KTP. Sedangkan untuk Calon Taruna dan Taruni yang berusia di 17 tahun ke bawah bisa menggunakan Kartu Keluarga (KK);
  2. Kartu Keluarga (KK);
  3. Ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau Madrasah Aliyah (MA) termasuk  juga bagi lulusan paket C.
  4. Akta Kelahiran;
  5. Pas Foto terbaru berwarna latar belakang merah, berukuran 4 x 6 cm menghadap kedepan;
  6. Surat Keterangan peserta Ujian Nasional yang ditandatangani Kepala Sekolah maupun pejabat yang berwenang, untuk siswa SMA/SMK/MA kelas 3 (kelas XII) Tahun Ajaran 2018/2019;
  7. Surat Keterangan dari Kepala Sekolah atau Pejabat berwenang yang menyatakan program keahlian serta kompetensi keahlian untuk lulusan SMK sudah sesuai dengan konversi Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan atau PMK di Tahun 2016 (SK Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Nomor: 4678/D/KEP/MK/2016)

Persyaratan Umum

  1. WNI.
  2. Usia minimal 16 tahun dan maksimal 23 tahun pada 1 September 2022.
  3. Tinggi badan minimal pria 160 cm dan wanita 155 cm.
  4. Bagi pendaftar formasi Pola Pembibitan Kemenhub khusus Putra/Putri Papua/Papua Barat, mencantumkan Surat Keterangan Orang Asli Papua (OAP) yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Lurah/Kepala Suku di wilayah Papua/Papua Barat.
  5. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, bebas HIV/AIDS serta bebas narkoba.
  6. Calon Taruna tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya/anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat (dibuktikan dengan surat keterangan dari pemuka agama/adat).
  7. Calon Taruni tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga dan tidak berlubang tindik di telinga lebih dari satu pasang (telinga kiri dan kanan), kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat (dibuktikan dengan surat keterangan dari pemuka agama/adat).
  8. Ketajaman penglihatan normal dan tidak ada kelainan buta warna baik parsial maupun total dengan melampirkan surat pernyataan tidak buta warna pada saat pendaftaran.
  9. Tidak sedang menjalani dan terancam hukuman pidana karena melakukan kejahatan.
  10. Belum pernah diberhentikan dengan tidak hormat dan atau mengundurkan diri sebagai Taruna/Taruni Perguruan Tinggi di Lingkungan Kementerian Perhubungan.
  11. Bersedia menaati segala peraturan pada pelaksanaan Polbit Perguruan Tinggi di Lingkungan Kemenhub.
  12. Bersedia diberhentikan dengan tidak hormat jika melakukan tindakan kriminal.
  13. Khusus formasi Polbit Kemenhub, bersedia ditempatkan di UPT Kemenhub di seluruh wilayah Indonesia setelah menyelesaikan Pendidikan.
  14. Dinyatakan gugur apabila terbukti melakukan pemalsuan identitas/dokumen.
  15. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran sesuai perguruan tinggi yang dituju.
  16. Bersedia menandatangani Formulir Pernyataan calon taruna/taruni SIPENCATAR Kemenhub Tahun 2022 (bermaterai Rp10.000).
  17. Memiliki email dan nomor telepon yang masih aktif dan valid untuk sarana penyampaian perkembangan informasi proses seleksi.

Persyaratan Akademik

  1. Untuk lulusan tahun 2021 dan sebelumnya, memiliki nilai rata-rata ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dsari 7,0 (skala penilaian 1-10)/70,00 (skala penilaian 10-100)/2,8 (skala penilaian 1-4), sedangkan untuk peserta formasi polbit Kemenhub khusus Putra/i Papua/Papua Barat nilai rata-rata ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 6,5 (skala penilaian 1-10)/65,00 (skala penialian 10-100)/2,6 (skala penilaian 1-4).
  2. Untuk lulusan tahun 2022, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen Pengetahuan pada 2 semester (semester genap kelas XI serta semester gasal kelas XII) 70,00 (skala penilaian 10-100), sedangkan untuk peserta formasi polbit Kemenhub khusus Putra/i Papua/Papua Barat nilai rata-rata rapor untuk komponen Pengetahuan pada 2 semester (semester genap kelas XI serta semester gasal kelas XII) 65,00 (skala penilian 10-100), dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang  bersangkutan dinyatakan lulus dengan menunjukkan Ijazah Lanjutan Tingkat Atas Sederajat.
  3. Untuk lulusan tahun 2021 dan sebelumnya, jika nilai rata-rata ijazah menggunakan skala penilaian 1-10/skala penilaian 1-4 diwajibkan untuk mengkonversi nilai tersebut menjadi skala penilaian 10-100 dengan melampirkan surat keterangan dari Sekolah Asal yang ditandatangani Kepala Sekolah.
  4. Bagi lulusan luar negeri/memiliki ijazah berbahasa asing melampirkan surat penyetaraan/persamaan ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Cara Pendaftaran STIP

Anda bisa mengikuti alur pendaftaran berikut untuk terdaftar menjadi peserta seleksi masuk STIP.

  1. Pertama, silahkan mendaftar secara online mulai tanggal yang sudah ditentukan melalui portal BPSDM berikut ini http://bpsdm.dephub.go.id;
  2. Tata cara pendaftaran bisa Anda lihat secara lengkap pada portal di atas.
  3. Khusus untuk seleksi pada jalur pola pembibitan, maka calon peserta sebelum login melalui portal BPSDMP wajib untuk mendaftar melalui Portal nasional Seleksi Penerimaan Siswa Pendidikan Ikatan DInas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (KEMENPAN RB). Setelah itu, Anda akan mendapatkan password, username, dan juga konfirmasi pendaftaran melalui email. Data tersebut akan Anda butuhkan untuk bisa login di portal BPSDMP.
  4. Untuk mendapatkan informasi mengenai daerah pola pembibitan bisa Anda akses di http://panseldikdin.menpan.go,id.
  5. Setelah itu, lanjutkan dengan mendaftar pada portal Sipencatar Dephub pada alamat sipencatar.dephub.go.id. Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, Anda akan menggunakan password dan username yang telah dibuat pada portal BPSDM.
  6. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk melengkapi data pendaftaran serta mengunggah dokumen yang diperlukan pada Portal Sipencatar Dephub. Nah, pada ulasan sebelumnya, sudah disebutkan beberapa berkas yang diperlukan. Sehingga, persiapkan terlebih dahulu dokumennya supaya proses pendaftaran STIP menjadi lebih cepat. Pastikan Anda menyiapkan berkas dalam bentuk soft file dengan ukuran yang tidak melebihi 500 kb serta berformat JPEG atau PNG.
  7. Tahap terakhir adalah mencetak tanda bukti pendaftaran II. Info lebih lengkap mengenai tata cara mendaftar bisa Anda lihat di situs resmi sipencatar.

Tahapan Seleksi Pada Pendaftaran STIP

Ada setidaknya 7 tahap seleksi pendaftaran STIP yang meliputi:

  1. Seleksi Tahap I: Pendaftaran
    Anda bisa melakukan pendaftaran STIP sesuai dengan langkah-langkah yang telah disebutkan pada pembahasan sebelumnya.
  2. Seleksi Tahap II: Seleksi Administrasi
    Pada tahap seleksi administrasi, Anda harus menyiapkan segala macam persyaratan administrasi yang dibutuhkan. Syarat berkasnya sudah disebutkan dalam pembahasan sebelumnya. Informasi lebih lengkap silakan masuk ke portal http://sscndiksin.bkn.go.id
  3. Seleksi Tahap III: Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terdiri atas Tes Wawasan kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), serta Tes Karakteristik Pribadi
    Untuk Seleksi Kompetensi dasar, sebaiknya ANda persiapkan sejak dini dengan banyak berlatih dan belajar. Pelajari berbagai macam tipe soal. Nah, sistem pengerjaannya sendiri menggunakan CAT atau Computer Assisted Test)
  4. Seleksi Tahap IV: Tes Potensi Akademik
  5. Seleksi Tahap V: Psikotes
    Psikotes merupakan tes di mana seseorang dinilai konstruksi psikologisnya, seperti pada sisi fungsi kognitif dan emosional mengenai individu tertentu.
  6. Seleksi Tahap VI: Tes kesehatan
    Untuk bisa sukses melewati tes kesehatan, ada baiknya bagi Anda untuk menjaga kesehatan mulai dari sekarang. Nah, sebaiknya, Anda cek fisik di klinik sebelum tes dimulai.
    General check up yang perlu Anda lakukan meliputi tes mata, buta warna, THT, gigi dan mulut, postur, tekanan darah, varises, tinggi badan. varikokel, dan sebagainya. Sedangkan check up tes kesehatan dalam meliputi rontgen paru-paru, urine, dan detak jantung.
  7. Seleksi Tahap VII: Tes Kesamapataan dan Wawancara
    tes kesamaptaan merupakan tahap seleksi yang mengandalkan kekuatan fisik. Salah satu yang diujikan adalah tes ketahanan lari. Sebaiknya lakukan latihan beberapa minggu menjelang tes.
    Pada tes wawancara, sebaiknya perbanyak pengetahuan mengenai UUD, sejarah, pancasila, serta mental ideologi Anda.

Jadwal Pendaftaran Dan Jadwal Tes

Berikut adalah jadwal tes dan pendaftaran STIP secara lengkap:

No Tahapan Tes Tanggal
1 Pendaftaran Jalur Pola Pembibitan 9 April – 5 Mei 2022
2 Pengumuman Peserta SKD Mei 2022
3 Pelaksanaan SKD Juni 2022
4 Pengumuman Hasil SKD Awal Juli 2022
5 Pelaksanaan Tes Kesehatan, Kesamaptaan Juli 2022
6 Pelaksanaan Psikotes dan Tes Wawancara Agustus 2022
7 Pengumuman Hasil Pantukhir Awal September 2022

Jalur Pendaftaran STIP Jakarta

Ada dua jalur pendaftaran Taruna dan Taruni di STIP, Berikut akan dipaparkan penjelasannya di bawah ini:

  1. Jalur Beasiswa (Pola Pembibitan)
    Jalur ini dibuka melalui penerimaan Calon Taruna pada program officer Plus (OP) Pembibitan Diploma IV atau beasiswa. Sesuai dengan namanya, jika Anda diterima melalui jalur ini, maka Anda akan mendapatkan beasiswa selama mengikuti pendidikan di STIP Jakarta.
  2. Jalur Reguler
    Pada jalur ini, Taruna dan Taruni yang diterima harus membayar biaya pendaftaran serta biaya pendidikan selama perkuliahan berlangsung.
    Nah, bagi Anda yang bercita-cita masuk  ke salah satu jurusan tadi, semoga beruntung ya.

37 Komentar

    • Harikemri Manurung

      Saya ingin daftar tapi saya tidak tau cara daftar nya

      Balas
  1. azrian lutfhi

    tes fisiknya terdiri dari apa saja?

    Balas
    • rakka

      Lari, sit up, push up, pull up , dan suttle run

      Balas
      • xixi

        berenang ada kah

        Balas
        • Nurul Febi

          Menurut informasi yang saya dapatkan dari beberapa peserta tes, awal masuk tidak ada tes renang. Tetapi lebih baik jika kamu persiapkan ya siapa tau ada tes renang di tahun berikutnya.

          Balas
    • Mashur

      Untuk class 2 diploma 4 itu biaya berapa dan lama pendidikan berapa lama

      Balas
          • Safina Rahma

            Bagi yang sekolahnya jurusan IPS bisa mendaftar di program studi KALK 😊

        • Septe

          Kak apakah pendaftaran pelayaran tahun 2022 ini sudah di buka?

          Balas
          • Nurul Febi

            Untuk pendaftaran pelayaran tahun 2022 belum dibuka. Pendaftaran biasanya dibuka pada bulan April – Juni tergantung dari jalur yang dibuka.

  2. Irpan

    Maaf min mau nanya Apa aja materi saat tes STIP

    Balas
    • rakka

      Mengenai TKP, TIU, TWK Kak

      Balas
      • zamal

        ka mau nanya kalo gigi berlubang bagaimana ya

        Balas
        • Safina Rahma

          Bisa ditambal dulu atau konsultasikan ke dokter, ya 😊

          Balas
          • fadhly

            Kak kalo mata minus boleh nggak,kalo boleh maksimalnya minus berapa

          • Safina Rahma

            Syarat untuk mendaftar ke STIP Jakarta yaitu penglihatan normal, ya. Jadi tidak boleh minus, plus, atau pun buta warna 😊

  3. Irpan

    Saya kebingungan cari info seaslinya tentang materi masuk STIP

    Balas
    • rakka

      Ayo gabung Indonesia College Kak banyak materi yang tidak kita temukan secara umum

      Balas
      • Friska

        Kakau nanya umur 28 masih bisa kah

        Balas
        • Safina Rahma

          Pendaftaran untuk STIP ikatan dinas maksimal usia 23 tahun 😊

          Balas
    • Miltiades

      Apakah lulusan SMK jurusan pertambangan bisa masuk kak?

      Balas
  4. Harikemri Manurung

    Desa sibaruang

    Balas
  5. Gagal Serjana

    Kak mau nanya apakah Lulusan SMK Jurusan Kimia Industri Boleh Masuk STIP?

    Balas
    • Safina Rahma

      Persyaratan akademik untuk masuk STIP Jakarta berbeda-beda tergantung program studi yang dituju. Informasi pendaftaran untuk seleksi tahun 2021 bisa dibaca di sini.

      Balas
  6. irwan

    untuk jurusan Bahasa bisa tidak ambil Program KALK

    Balas
    • Safina Rahma

      Syarat pendaftaran untuk prodi KALK yaitu lulusan SMA/sederajat jurusan IPA/IPS serta SMK jurusan Pelayaran Kapal Niaga, Bidang Bisnis dan Pemasaran, Manajemen Perkantoran, Akuntansi dan Keuangan, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi, Logistik, Nautika Kapal Penangkap Ikan, dan Teknika kapal Penangkap Ikan 😊

      Balas
      • afifah

        jurusan perhotelan bisa masuk KALK kak?

        Balas
        • Nurul Febi

          Syarat pendidikan untuk prodi KALK yaitu SMA/MA/sederajat jurusan IPA atau IPS. Untuk SMK yaitu jurusan Pelayaran Kapal Niaga, Bidang Bisnis dan Pemasaran, Manajemen Perkantoran, Akuntansi dan Keuangan, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi, Logistik, Nautika Kapal Penangkap Ikan, dan Teknika Kapal Penangkap Ikan.

          Balas
  7. Adhy

    Kak jurusan nkpi(Nautika kapal penangkap ikan)

    Bisa daftar di STIP Jakarta

    Balas
  8. Sahrin lubis

    Maaf kak saya mau tanyak saya kan sedang kuliah di universitas di medan saya disana ambil jurusan teknik mesin jadi saya mau daftar di STIP jakarta itu gimana solusinya kak ya mohon sarannya kak

    Balas
    • Nurul Febi

      Kakak coba daftar terlebih dahulu jika sesuai dengan persyaratan pendaftaran atau Kakak bisa tanyakan langsung ke kontak STIP Jakarta ya 😊

      Balas
      • Nur

        Kk klau tes keperawanan ada tidak

        Balas
        • Nurul Febi

          Menurut berbagai informasi, tidak ada tes keperawanan, Kak 😊

          Balas

Trackbacks/Pingbacks

  1. 6 Tips Sukses Masuk STIP 2020 | LKBB Indonesia college - […] Baca juga mengenai : Syarat dan Tata Cara Pendaftaran STIP […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…