Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Tamtama Adalah Salah Satu Pangkat di Polri, Apa Itu?

oleh | Jan 27, 2022 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Tamtama Polri Adalah – Menjadi seorang polisi adalah keinginan banyak masyarakat Indonesia. Polisi memiliki tugas untuk mengayomi dan juga melindungi masyarakat. Tentunya, tugas ini tidak mudah, sehingga jika kamu ingin menjadi polisi, haruslah mengikuti seleksi dan melaksanakan pendidikan khusus.

Di Indonesia sendiri, pendidikan kepolisian dilaksanakan di Akademi Kepolisian atau AKPOL. Pendidikan dilaksanakan selama 4 tahun dan setelah lulus akan bergelar Sarjana Ilmu Kepolisian. Selain itu, jalur lain yang bisa diikuti adalah Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) yang ditujukan khusus untuk lulusan Sarjana.

Namun, Polri juga memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin masuk kepolisian tepat setelah lulus SMA. Salah satu jalur yang bisa dipilih yaitu Tamtama. Apa sebenarnya Tamtama ini? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Apa Itu Tamtama Polri?

tamtama polri adalah

Tamtama Polri adalah polisi dengan golongan pangkat yang paling rendah. Polisi dengan pangkat ini biasanya merupakan prajurit garis paling depan dan menjadi inti dari sebuah pasukan. Di Indonesia sendiri, Tamtama akan masuk ke pasukan Brimob dan Polair.

Berada di garis depan tentunya tidak mudah. Tamtama Polri perlu memiliki keahlian untuk melaksanakan pekerjaannya, terutama di bidang teknis. Oleh karena itu, sebelum bisa bertugas, Tamtama akan mengikuti pendidikan terlebih dahulu. Pendidikan ini biasanya berlangsung selama kurang lebih 5 bulan.

Pangkat di Tamtama

Tamtama adalah pangkat terendah yang ada di Polri. Tugas utamanya yaitu menjadi pelaksana tugas khusus dari kepolisian. Pangkat dari Tamtama sendiri dibagi menjadi dua yaitu Tamtama Kepala dan Tamtama.

Tamtama Kepala

Pangkat pertama yang ada di Tamtama yaitu Tamtama Kepala. Polisi yang memiliki pangkat ini memiliki tanda berupa balok berbentuk v terbalik berwarna merah. Ada 3 tingkatan dalam pangkat ini yaitu:

  • Ajun Brigadir Polisi (Abripol), memiliki tanda balok v terbalik warna merah dengan jumlah 3.
  • Ajun Brigadir Satu (Abriptu), memiliki tanda balok v terbalik warna merah dengan jumlah 2.
  • Ajun Brigadir Dua (Abripda), memiliki tanda balok v terbalik warna merah dengan jumlah 1.

Tamtama

Pangkat yang berikutnya yaitu Tamtama. Polisi dengan pangkat ini memiliki tanda berupa balok miring berwarna merah. Pangkat ini juga dibagi menjadi 3 tingkatan yaitu:

  • Bhayangkara Kepala (Bharaka), memiliki tanda garis miring warna merah berjumlah 3.
  • Bhayangkara Satu (Bharatu), memiliki tanda garis miring warna merah berjumlah 2.
  • Bhayangkara Dua (Bharada), memiliki tanda garis miring warna merah berjumlah 1.

Baca juga Apa Saja Tes yang Dihadapi untuk Jadi Tamtama Polri?

Besar Gaji Tamtama Polri

tamtama polri adalah

Sebagai anggota Polri, Tamtama adalah pengayom masyarakat. Sumber penghasilannya tentu saja dari negara sehingga tidak terlalu berbeda dengan PNS dan TNI. Besarannya tentu akan mengikuti pangkat yang dimiliki. Berikut ini kisaran gaji yang didapat oleh Tamtama Polri.

Gaji Tamtama

  • Abripol: Rp1.917.100 – Rp2.960.700
  • Abriptu: Rp1.858.900 – Rp2.870.900
  • Abripda: Rp1.802.600 – Rp2.783.900
  • Bharaka: Rp1.747.900 – Rp2.699.400
  • Bharatu: Rp1.694.900 – Rp2.699.400
  • Bharada: Rp1.643.500 – Rp2.538.100

Tunjangan kinerja

  • Kelas jabatan 7: Rp2.928.000
  • Kelas Jabatan 6: Rp2.702.000
  • Kelas jabatan 5: Rp2.493.000
  • Kelas jabatan 4: Rp2.350.000
  • Kelas jabatan 3: Rp2.216.000
  • Kelas jabatan 2: Rp2.089.000
  • Kelas jabatan 1: Rp1.968.000

Tunjangan lainnya

Selain gaji pokok dan tunjangan kinerja, polisi akan mendapat tunjangan lainnya. Beberapa tunjangan yang bisa didapat yaitu seperti daerah penempatan, tunjangan keluarga, tunjangan lauk pauk, tunjangan jabatan, tunjangan khusus daerah perbatasan, dan lain sebagainya.

Itulah penjelasan tentang Tamtama Adalah Salah Satu Pangkat di Polri, Apa Itu? Jika kamu tertarik untuk menjadi anggota Polri setelah lulus dari sekolah menengah, bisa memilih untuk mendaftarkan diri ke posisi ini. Penerimaannya pun selalu dibuka setiap tahunnya, jadi kamu bisa mempersiapkan diri mulai dari sekarang.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…