Teknologi Bisa Jadi Lawan! Ini 10 Jurusan yang Tidak Akan Tergantikan oleh Robot di Masa Depan

oleh | Feb 16, 2024 | Blog, Jurusan Kuliah, Prospek Kerja | 0 Komentar

Jurusan yang Tidak Akan Tergantikan oleh Robot – Pada masa sekarang ini, semua hal sangat rawan tergantikan oleh teknologi. Kemunculan robot pun sudah tidak bisa dielak lagi meski sekarang belum banyak digunakan. Namun yang pasti dengan berkembang pesatnya teknologi, Sumber Daya Manusia juga semakin mulai ditinggalkan karena dinilai lebih praktis dan lebih menghemat pengeluaran.

Tentu hal ini jadi mimpi buruk bagi banyak orang, namun kamu bisa mempersiapkan untuk mulai berfokus pada hal-hal yang sekiranya tidak akan tergantikan oleh teknologi maupun robot nanti. Apa saja kira-kira?

Jurusan yang Tidak Akan Tergantikan Oleh Robot di Masa Depan

Memilih jurusan kuliah menjadi jalan pembuka untuk berkarir di masa depan. Di masa dewasa nanti, kamu juga akan dihadapkan dengan berbagai macam tantangan termasuk tantangan teknologi. Jadi kamu bisa mempersiapkan dengan memilih jurusan-jurusan berikut:

1.    Jurusan Filsafat

Ilmu filsafat adalah ilmu yang akan selalu menggunakan pemikiran dan imajinasi manusia yang harus dilakukan secara mendalam. Filsafat menjadi induk ilmu dari ilmu lainnya, yang akan mengulas mengenai kebenaran dan keberadaan suatu benda, termasuk manusia, alam semesta sampai dengan fenomena-fenomena yang terjadi. Jadi bisa dipastikan bahwa teknologi AI tidak bisa menghasilkan pemikiran semacam itu.

Baca juga: Belum Yakin Pilih Jurusan Kuliah? Ini 7 Jurusan yang Tidak Akan Disesali Lulusannya

2.    Komunikasi, Sastra dan Ilmu Budaya

Ketiga disiplin ilmu ini tentu sangat butuh rasa yang ‘manusiawi’ yang bahkan tidak semua manusia juga bisa menggunakannya. Ketiganya membutuhkan kreativitas yang juga menyertakan sisi emosional dari manusia untuk bisa diserap dan dinikmati manusia lain. Peran ini tentu tidak bisa digantikan oleh kecerdasan buatan dari teknologi.

3.    Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika merupakan sumber asal muasal terciptanya teknologi cerdas yang akhirnya banyak digunakan dan dimanfaatkan oleh manusia. Jadi bisa dipastikan lulusan jurusan ini akan banyak dibutuhkan dan akan menjadi ahli teknik informatika yang melahirkan kecerdasan-kecerdasan buatan di masa mendatang.

4.    Pendidikan

Kehadiran teknologi dan robot mungkin bisa membantu manusia untuk bisa belajar dan mendapatkan informasi lebih praktis. Namun peran pengajar dan administrator pendidikan tentu tidak bisa digantikan oleh robot untuk bisa menyampaikan ilmu pengetahuan dengan baik untuk bisa diserap manusia. Sedangkan pendidikan, guru tidak hanya akan mengajar materi pembelajaran saja melainkan kebiasaan sampai dengan hal-hal kecil yang harus ditanamkan pelan-pelan.

5.    Hukum

Untuk menegakkan keadilan, lulusan jurusan hukum juga akan terus dibutuhkan karena akan membutuhkan kemampuan mempertimbangkan keadilan dan moral dari sisi kemanusiaannya. Keadilan yang akan ditegakkan menggunakan kecerdasan buatan akan bersifat kaku dan tidak mempertimbangkan apakah sesuai dengan perikemanusiaan atau tidak.

6.    Manajemen

Semakin meluas dan pesatnya penggunaan teknologi dan robot, akan diperlukan orang-orang yang mampu mengelola dan mengatur penggunaan teknologi tersebut. Jurusan manajemen menjadi penting karena dapat memberikan keahlian dalam mengendalikan dan mengelola teknologi robotik agar dapat beroperasi dengan efisien dan lancar. Jadi, peran jurusan manajemen dalam konteks ini adalah untuk memastikan bahwa implementasi dan penggunaan robot dapat berjalan dengan optimal dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

7.    Psikologi

Ilmu psikologi adalah ilmu yang akan membaca mengenai kejiwaan dan tingkah laku manusia. Jadi jurusan psikologi memiliki nilai yang tidak dapat digantikan oleh robot karena melibatkan aspek-aspek manusiawi seperti kecerdasan emosional dan empati.

Dengan kata lain, psikologi melatih individu untuk memahami dan mengelola emosi, serta untuk berempati terhadap orang lain, dan sulit diimplementasikan oleh robot. Oleh karena itu, jurusan psikologi dianggap sebagai bidang studi yang tetap relevan karena fokusnya pada aspek-aspek yang khas manusia dan tidak dapat sepenuhnya direplikasi oleh teknologi

8.    Agama

Tentu tidak bisa dibayangkan kalau aspek keagamaan pun bisa digantikan oleh robot. Jika dinalar, hal ini tidak akan terjadi karena memang kecerdasan buatan tidak akan bisa mendapatkan rasa manusia. Sedangkan agama sendiri adalah hal-hal yang dibutuhkan untuk ketenangan batin manusia.

9.    Teknik Elektro

Kelistrikan juga menjadi salah satu faktor pendorong keberhasilan teknologi. Kelistrikan akan tetap membutuhkan peran yang kreatif dan mampu memberikan problem-solving, serta bisa memberikan inovasi akan hal-hal baru di masa depan yang menjawab dari permasalahan yang ada.  

10. Kedokteran dan Keperawatan

Walaupun robot sekarang ini sudah dapat melakukan beberapa hal dalam dunia medis, namun peran dokter tidak sepenuhnya bisa digantikan oleh robot. Dokter akan selalu mempertimbangkan keadaan pasiennya yang juga akan menggunakan pikiran logis serta perasaan, dan hal ini tidak dapat dilakukan oleh robot.

Jadi jika kamu memilih salah satu dari 10 jurusan yang tidak akan tergantikan oleh robot ini, besar kemungkinan kamu untuk bisa survive di masa depan tanpa harus tergantikan. Semoga informasi ini membantu!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…