Tertarik Kuliah di Bidang Kesehatan? Simak, 8 Jurusan di Bidang Kesehatan Selain Kedokteran, di Sini!

oleh | Jul 18, 2022 | Blog, Jurusan Kuliah | 0 Komentar

Jurusan Kesehatan Selain Kedokteran – Salah satu bidang jurusan kuliah yang banyak diminati adalah bidang kesehatan. Peluang kerja untuk lulusan di bidang kesehatan pun sangat menjanjikan. Terlebih, Indonesia sangat membutuhkan tenaga ahli kesehatan.

Di dunia perkuliahan ada banyak jurusan yang bisa dipilih calon mahasiswa jika ingin masuk ke dunia medis. Tidak selalu menjadi dokter, ada berbagai jurusan lain yang bisa kamu pilih untuk mempelajari ilmu kesehatan. Apa saja? Yuk, simak jurusan kesehatan selain Kedokteran berikut ini.

Farmasi

Jurusan Farmasi mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan obat-obatan. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari berbagai macam penyakit untuk membuat obat yang sesuai dengan penyakit yang ada.

Jurusan ini melibatkan ilmu kesehatan dan ilmu kimia yang diperlukan di media medis. Selama perkuliahan, kamu tidak hanya belajar secara teori namun juga ada praktikum di laboratorium. Sebagai mahasiswa Farmasi, kamu juga akan memberikan konstribusi kepada masyarakat dalam mengembangkan dan menemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit.

Ilmu Gizi

Jurusan Ilmu Gizi cukup banyak diminati oleh calon mahasiswa. Jurusan ini banyak diminati karena meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari ilmu kesehatan yang berfokus pada asupan gizi manusia.

Ilmu Gizi berkaitan erat dengan ilmu kesehatan yang mempelajari pentingnya nutrisi pada kehidupan manusia. Kamu akan mempelajari zat gizi apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana takaran idealnya yang sesuai dengan ilmu di jurusan ini. Konstribusi Ahli Gizi sangat penting untuk membantu masyarakat dalam mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Baca juga Berbagai Jurusan Kuliah Kesehatan yang Bisa Kamu Pilih

Kesehatan Masyarakat

Jurusan Kesehatan Masyarakat memiliki fokus ilmu pada kondisi kesehatan yang berada di masyarakat. Prodi ini memiliki peran penting dalam pengelolaan kesehatan masyarakat. Selama perkuliahan, kamu akan belajar ilmu secara luas, mulai dari pola hidup, dampak lingkungan terhadap kesehatan, dan masih banyak lagi.

Ilmu Keperawatan

Jurusan Ilmu Keperawatan merupakan jurusan yang banyak diminati di bidang kesehatan selain Kedokteran. Kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan meningkat dari waktu ke waktu. Sehingga, makin banyak orang yang membutuhkan layanan kesehatan. Hal ini membuat jurusan ini semakin banyak peminatnya.

Jurusan ini merupakan studi yang mempelajari bagaimana cara memberikan pelayanan kesehatan secara profesional, baik secara fisik, psikis, dan sosial. Di jurusan ini, kamu tidak hanya belajar ilmu sains tetapi juga ilmu sosial. Kamu akan diajarkan bagaimana berkomunikasi yang baik dan efektif.

Radiologi

Di jurusan ini, kamu akan mendalami bagaimana proses diagnosis gelombang elektromagnetik dan sinar x yang mendeteksi keberadaan di dalam tubuh manusia. Bagi kamu yang tertarik dengan mendiagnosis dan analisis hasil rontgen, jurusan ini bisa kamu ambil. Ada beberapa kampus yang menyediakan jurusan ini dengan program vokasi dengan jenjang pendidikan D3 atau D4.

Kesehatan Lingkungan

Setiap tahunnya, pencemaran lingkungan di dunia semakin parah. Oleh karenanya, lulusan Kesehatan Lingkungan sangat dibutuhkan perannya. Sebagai mahasiswa jurusan ini, kamu akan memiliki kemampuan dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. Bagi kamu pecinta alam dan ingin melindungi lingkungan, jurusan ini cocok untuk diambil.

Kebidanan

Di jurusan Kebidanan, kamu akan mempelajari keilmuan dalam hal persalinan dan mendalami tentang fungsi-fungsi reproduksi. Kamu akan mendalami ilmu secara teori dan praktikum mengenai kehamilan, ibu menyusui, balita serta mendalami cara persalinan seorang ibu sampai selamat dan juga pemahaman layanan dalam program KB.

Mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan, bidan yang bisa menjalankan praktik kebidanan setidaknya memiliki kualifikasi pendidikan D3 Kebidanan. Sebagai lulusan jurusan ini, profesi Bidan merupakan profesi yang mulia karena bisa menolong perjuangan seorang ibu.

Fisioterapi

Jurusan Fisioterapi merupakan cabang dari bidang Kedokteran. Jurusan ini merupakan jurusan yang mempelajari fungsi gerak tubuh manusia. Mulai dari cara gerak otot hingga persendian. Prodi ini berkaitan dengan terapi terutama untuk penanganan pada gerak tubuh manusia, tulang, dan otot.

Bagi kamu yang berminat kuliah di jurusan ini, berikut daftar perguruan tinggi yang membuka jurusan ini antara lain UI, ITB, Unair, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Udayana. Untuk kamu yang suka dengan dunia anatomi tubuh manusia, jurusan ini cocok untuk diambil.

Bagi kamu yang Tertarik Kuliah di Bidang Kesehatan? Simak, 8 Jurusan di Bidang Kesehatan Selain Kedokteran, di Sini! Semoga membantu!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Kampus yang Membuka Jurusan Akuntansi, Yuk Disimak!

Kampus yang Membuka Jurusan Akuntansi, Yuk Disimak!

Jurusan Akuntansi menjadi salah satu program studi yang populer di rumpun ilmu ekonomi. Hampir semua perguruan tinggi ternama membuka jurusan ini. Yuk, simak di sini daftar kampus yang membuka jurusan ini!

4 Jalur Masuk ITS yang Perlu Kamu Ketahui

4 Jalur Masuk ITS yang Perlu Kamu Ketahui

ITS merupakan salah satu kampus yang favorit dan ternama di Indonesia. Bagi kamu yang tertarik untuk kuliah di ITS, ada 4 jalur masuk yang dibuka. Yuk, simak selengkapnya di sini!

Inilah Beberapa PTN yang Membuka Jurusan Manajemen

Inilah Beberapa PTN yang Membuka Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen merupakan pilihan jurusan Soshum yang banyak diambil mahasiswa. Kamu tertarik untuk melanjutkan studi di Manajemen? Yuk, simak beberapa PTN yang membuka jurusan Manajemen di sini!

Ketahui Apa Saja Jurusan Favorit yang Ada di ITS

Ketahui Apa Saja Jurusan Favorit yang Ada di ITS

ITS merupakan salah satu PTN favorit yang ada di kota Surabaya. Program sarjana ITS menyediakan 32 pilihan program studi dari 6 bidang fakultas. Yuk, simak apa saja jurusan favorit ITS di sini!