Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Tes Fisik yang Harus Dihadapi oleh Calon Taruna Akpol

oleh | Jan 20, 2022 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Tes Fisik Akpol – Supaya bisa diterima menjadi taruna di Akademi Kepolisian atau Akpol, ada banyak tahapan seleksi yang perlu dihadapi. Calon taruna akan diuji secara akademik, fisik, dan juga mental. Ujian ini dilakukan supaya peserta yang lulus merupakan calon taruna terbaik dan bisa mengikuti pendidikan di Akpol dengan lancar.

Tes fisik merupakan salah satu tahapan seleksi yang harus dihadapi oleh calon taruna Akpol. Pada tahapan ini, peserta seleksi akan diuji ketahanan fisiknya melalui serangkaian tes yang telah ditentukan. Panitia kemudian akan melakukan penilaian sesuai standar yang telah ditentukan.

Tahapan tes fisik tentunya penting dan tidak bisa disepelekan. Yuk, cari tahu rangkaian uji fisik yang akan dihadapi saat mengikuti seleksi Akpol di bawah ini!

Tahapan Tes Fisik Akpol

Uji fisik untuk masuk Akpol dibagi menjadi beberapa bagian. Pada setiap bagian, peserta akan melakukan gerakan-gerakan yang berbeda. Setiap gerakan tentunya memiliki standar penilaian masing-masing. Peserta pun harus memenuhi standar tersebut jika ingin lolos ke tahapan berikutnya.

Tes Fisik Bagian A

Tes pertama yang akan dihadapi oleh calon taruna Akpol yaitu aerobik atau lari. Peserta akan diberi waktu selama 12 menit untuk lari mengelilingi lapangan. Jarak tempuh minimal yang diperlukan jika ingin lolos yaitu 4 keliling lapangan. Meskipun begitu, akan lebih baik jika peserta bisa berlari dengan jarak lebih jauh karena nilainya semakin tinggi.

Tes Fisik Bagian B

Setelah berlari, peserta akan masuk ke uji fisik bagian B. Pada bagian ini, calon taruna akan diuji kekuatannya. Terdapat beberapa gerakan yang harus dilakukan pada bagian ini yaitu pull up/chinning, push up, sit up, dan shuttle run. Gerakan pull up/chinning, push up, dan sit up dilakukan selama 1 menit. Sedangkan shuttle run harus berlari sebanyak 3 putaran.

Tes Fisik Bagian C

Kemampuan lain yang akan dinilai pada tes fisik Akpol yaitu renang. Calon taruna akan diminta untuk berenang menempuh jarak tertentu. Penilaiannya ditentukan berdasarkan waktu yang diperlukan untuk berenang pada jarak tersebut. Peserta bebas menggunakan gaya renang apa pun yang dirasa tercepat.

Tes Fisik Bagian D

Bagian tes yang terakhir yaitu anthropometri. Tes ini merupakan pemeriksaan kondisi fisik peserta. Bagian yang akan diperiksa meliputi bentuk tubuh, berat badan, punggung, telapak tangan, mata, telapak kaki, cara jalan, dan lain sebagainya.

Baca juga Perhatikan Syarat Masuk Akpol Ini Sebelum Ikut Pendaftaran 2022!

Tips Persiapan Sebelum Mengikuti Tes Fisik Akpol

tes fisik akpol

Bagian tes fisik dalam seleksi Akpol merupakan tahapan yang membutuhkan banyak persiapan. Peserta seleksi perlu untuk melakukan banyak latihan dan menjaga kesehatan serta kebugaran sebelum mengikuti tes. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan sebelum mengikuti tes fisik Akpol.

Membuat rencana dan jadwal yang terstruktur

Ujian fisik untuk seleksi Akpol tentunya tidak mudah. Kamu perlu melakukan latihan fisik secara rutin sebelum mengikuti seleksi. Supaya latihan ini berjalan lebih baik, kamu bisa membuat rencana dan jadwal yang terstruktur. Kamu dapat menyusun jadwal latihan mengikuti goals yang diinginkan.

Latihan sesuai dengan gerakan yang diujikan

Terdapat berbagai gerakan yang akan diujikan pada seleksi fisik Akpol. Kamu bisa menyesuaikan latihan dengan gerakan-gerakan tersebut. Banyak melakukan latihan yang sesuai akan membuatmu menjadi terbiasa sehingga bisa maksimal saat mengikuti seleksi.

Makan makanan yang bergizi

Memakan makanan yang bergizi sangatlah penting untuk menjaga kesehatan. Selain itu, makanan yang bergizi juga bisa menjadi bahan bakar bagi tubuh ketika latihan. Hal ini penting karena latihan fisik tidak akan maksimal jika kamu tidak memakan makanan yang bergizi.

Beristirahat dengan cukup

Hal penting lainnya yang tidak boleh dilewatkan ketika akan mengikuti seleksi fisik di Akpol yaitu istirahat yang cukup. Tubuh tentunya akan kelelahan setelah melakukan banyak latihan fisik. Supaya kondisi tubuhmu tetap prima, istirahat merupakan hal penting. Istirahat juga akan membantu recovery tubuh sehingga kamu akan tetap bugar.

Terdapat berbagai tes fisik yang harus dihadapi oleh calon taruna Akpol. Tes ini akan terasa cukup berat jika kamu tidak mempersiapkan diri dengan baik. Kamu bisa mengikuti beberapa tips di atas supaya bisa lancar dalam mengikuti seleksi. Semoga sukses!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…