Tidak Ada Kata Terlambat untuk Belajar di S1 Paralel UI

oleh | Feb 26, 2021 | Blog, UI | 0 Komentar

Pilihan untuk melanjutkan studi selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas terkadang bukan milik semua orang. Banyak juga yang tidak segera menyandang gelar ‘mahasiswa’ setelah lulus SMA. Hal ini tentunya merupakan pilihan masing-masing individu.

Namun, terkadang keinginan untuk mengenyam pendidikan tinggi muncul bertahun-tahun setelah tidak lagi berstatus siswa. Padahal, syarat pendaftaran umum di universitas yaitu usia ijazah minimal 3 tahun dan 5 tahun jika mengambil program internasional.

Jika kebimbangan ini muncul, tidak perlu merasa putus asa, karena banyak kampus di Indonesia yang menyediakan program studi khusus tanpa batasan tahun lulus. Salah satu universitas yang memiliki program ini yaitu Universitas Indonesia atau UI. Di perguruan tinggi tersebut, bisa memilih program S1 Paralel atau vokasi bagi yang tahun lulusnya sudah tidak bisa mendaftar di kelas reguler.

Tidak ada kata terlambat untuk belajar di S1 Paralel UI merupakan kalimat yang tepat untuk menggambarkan program ini. Siapa pun dipersilakan untuk mendaftar tidak memandang tahun lulus dan setelah wisuda akan tetap mendapat gelar sarjana. Penjelasan lebih lanjut mengenai S1 Paralel UI bisa dibaca di bawah ini.

Penjelasan Singkat Tentang S1 Paralel UI

Selain perkuliahan S1 Reguler, Universitas Indonesia juga mengadakan program pendidikan sarjana lain berupa S1 Paralel. Program ini menganut prinsip long life education yang menerima lulusan SMA/sederajat tanpa batasan usia ijazah.

Seleksi untuk masuk ke S1 Paralel UI dilakukan melalui dua jalur yaitu Prestasi Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) dan SIMAK UI. Ke dua jalur tersebut memiliki daya tampung yang sama yaitu 50% dari total.

Program Studi yang Tersedia

Terdapat lebih dari 30 program studi untuk program S1 Paralel yang tersebar di 10 fakultas. Daftar lengkapnya yaitu sebagai berikut.

No. Fakultas Program Studi Daya Tampung (Satu Jalur)
1. Matematika dan Pengetahuan Alam Matematika 14
2.   Fisika 20
3.   Biologi 20
4.   Geografi 20
5.   Statistika 12
6.   Kimia 20
7.   Geofisika 12
8.   Geologi 12
9. Teknik Teknik Industri 15
10.   Teknik Metalurgi & Material 18
11.   Teknik Sipil 18
12.   Teknik Mesin 22
13.   Teknik Kimia 18
14.   Teknik Lingkungan 20
15.   Teknik Perkapalan 10
16.   Arsitektur 12
17.   Arsitektur Interior 5
18.   Teknik Elektro 24
19.   Teknik Komputer 10
20. Hukum Ilmu Hukum 100
21. Ekonomi dan Bisnis Akuntansi 5
22. Ilmu Pengetahuan Budaya Ilmu Perpustakaan 10
23.   Sastra Cina 9
24.   Sastra Arab 9
25.   Sastra Jepang 9
26.   Sastra Inggris 9
27.   Sastra Perancis 7
28.   Sastra Jerman 9
29.   Sastra Belanda 9
30.   Bahasa dan Kebudayaan Korea 7
31. Psikologi Psikologi 35
32. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Ilmu Komunikasi 4
33. Ilmu Komputer Sistem Informasi 45
34.   Ilmu Komputer 30
35. Farmasi Farmasi 20
36. Ilmu Administrasi Ilmu Administrasi Fiskal 13
37.   Ilmu Administrasi Negara 14
38.   Ilmu Administrasi Niaga 19

Bagi lulusan Jurusan Bahasa hanya dapat memilih program studi yang berada di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Lalu lulusan Jurusan IPS bisa mengambil program studi di Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, dan Fakultas Ilmu Administrasi. Sedangkan lulusan Jurusan IPA bisa memilih seluruhnya.

Persyaratan Pendaftar S1 Paralel UI

  • Lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat
  • Bebas narkoba
  • Tidak buta warna bagi Fakultas MIPA, Fakultas Teknik, dan Fakultas Farmasi

Jadwal Pendaftaran

PPKB

  • Pendaftaran: 4 Februari – 6 Maret 2021
  • Pengumuman: 26 Maret 2021

SIMAK UI

  • Pendaftaran: 3 Mei – 9 Juni 2021
  • Ujian: 19 – 20 Juni 2021
  • Pengumuman: 30 Juni 2021

Informasi Biaya Kuliah

Berbeda dengan program S1 Reguler yang besaran biaya kuliahnya dikelompokkan dengan sistem UKT, tarif pendidikan S1 Paralel dipukul rata untuk semua mahasiswa tanpa adanya kelompok ekonomi. Besarannya sendiri bisa dilihat di bawah ini.

Baca juga Informasi Pendaftaran SIMAK UI Tahun 2021.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

Istilah Dunia Perkuliahan – Dunia perkuliahan tentu berbeda dengan saat kamu masih berstatus siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA). Ada banyak hal yang berubah mulai dari materi yang dipelajari sampai lingkungan sekitar. Bagi mahasiswa baru, saat memasuki dunia...

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS – Saat memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan. Pemilihan ini sangat penting karena akan berpengaruh tidak hanya saat menjalankan kuliah, namun juga prospek kehidupan ke...

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

CPNS BPIP – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP ikut berpartisipasi dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2021. Badan ini memberi kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk menjadi pegawai untuk berbagai jabatan. Berikut ini informasi...

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

CPNS Kejaksaan Agung SMA – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tidak hanya diperuntukkan untuk lulusan perguruan tinggi. Beberapa lembaga pemerintah juga membuka pendaftaran untuk beberapa jabatan dengan syarat pendidikan minimal SMA/sederajat. Salah satu...

Cara Cari Formasi CPNS Sesuai Jurusan Kuliah

Cara Cari Formasi CPNS Sesuai Jurusan Kuliah

Formasi CPNS – Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) akan segera dilaksanakan. Berdasarkan siaran pers yang telah dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), pelamar bisa melakukan pendaftaran mulai dari tanggal 30 Juni 2021. Pelaksanaan seleksi CASN...