Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Tidak Sama dengan Ilmu Kelautan, Apa Itu Jurusan Oseanografi?

oleh | Okt 1, 2022 | Blog, Jurusan Kuliah | 0 Komentar

Jurusan Oseanografi –  Jurusan Oseanografi masih terdengar asing untuk sebagian orang. Banyak orang yang menganggap jurusan Oseanografi dan Ilmu Kelautan adalah jurusan yang sama. Jadi, apa perbedaan keduanya? Ilmu Kelautan berfokus pada pembelajaran studi ilmiah konservasi dan biologi laut, sedangkan Oseanografi merupakan studi tentang kehidupan laut tetapi dari perspektif bagaimana kehidupan laut yang dapat memengaruhi kondisi laut.

Dunia saat ini mengalami perubahan iklim, terutama di laut. Ahli kelautan dan Oseanografer dari seluruh dunia sedang mengeksplorasi berbagai subjek seluas lautan itu sendiri. Pada saat ini, lautan terancam oleh perubahan iklim dan polusi, garis pantai terkikis, dan seluruh spesies kehidupan laut terancam punah, sehingga lulusan jurusan Oseanografi sangat penting perannya.

Agar lebih jelas terkait jurusan ini, yuk kenalan lebih jauh dengan jurusan Oseanografi di bawah ini.

Mengenal Jurusan Oseanografi

Oseanografi menerapkan ilmu kimia, geologi, meteorologi, biologi, dan cabang ilmu pengetahuan lainnya untuk mempelajari lautan. Ini sangat penting saat ini karena perubahan iklim, polusi, dan faktor-faktor lain mengancam laut dan kehidupan lautnya. Selain itu, jurusan ini juga mempelajari tentang tumbuhan dan hewan laut serta interaksinya dengan lingkungan laut.

Jurusan Oseanografi merupakan ilmu interdisipliner, dilansir dari laman jurusan Oseanografi ITB, seluruh ilmu-ilmu dasar seperti fisika, kimia, biologi, geologi, dan matematika digunakan untuk dapat menerangkan proses alam yang terjadi di laut.

Pengetahuan dan keahlian yang diajarkan di jurusan Oseanografi:

  • Teliti dan detail
  • Observan
  • Analisis data
  • Senang melakukan riset
  • Pemahaman fisika, kimia, biologi, geologi, dan matematika

Baca juga Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Apa yang Dipelajari Mahasiswa Oseanografi?

Ada beberapa perguruan tinggi yang membuka jurusan Oseanografi di Indonesia. Masing-masing perguruan tinggi memiliki kurikulum yang tidak sama. Sebagai contoh, berikut mata kuliah Oseanografi di Universitas Diponegoro kurikulum 2020.

Mata Kuliah Wajib (dari semester 1 sampai 8)

Mata Kuliah Pilihan

Perguruan Tinggi yang Membuka Jurusan Oseanografi

Ada beberapa perguruan tinggi yang membuka jurusan Oseanografi di Indonesia. Beberapa kampus merupakan kampus terbaik di Indonesia. Berikut perguruan tingginya:

  • Universitas Diponegoro
  • Institut Teknologi Bandung
  • IPB University

Itulah artikel mengenai Tidak Sama dengan Ilmu Kelautan, Apa Itu Jurusan Oseanografi? Semoga kamu yang ingin kuliah di jurusan ini bisa turut menjaga kelestarian alam, terutama laut.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!