Tips Lolos UTBK Kedokeran Yang Harus Diketahui

oleh | Jun 5, 2020 | Blog | 0 Komentar

UTBK KEDOKTERAN – untuk bisa melanjutkan studi ke salah satu Perguruan Tinggi merupakan hal yang gampang-gampang susah. Hanya saja kalian membutuhkan perjuangan yang lebih extra. Terlebih apabila kalian akan melanjutkan studi ke Fakultas Kedokteran, kalian membutuhkan finacial dan kapasitas otak yang extra. Ada beberapa jalur untuk masuk ke sebuah Perguruan Tinggi khususnya ke Fakultas Kedokteran yaitu dengan cara SNMPTN, SBMPTN dan jalur lainnya. Untuk UTBK sendiri merupakan bagian dari SBMPTN.

Ujian Tulis Berbasis Komputer atau bisa juga disingkat dengan UTBK merupakan sebuah tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh pihak Universitas terkait. Tes UTBK di sebuah Fakultas Kedokteran tidak boleh kalian anggap remeh, karena UTBK di Fakultas Kedokteran cukup menguras pikiran. Terlebih ada beberapa Fakultas Kedokteran yang mematok standar nilai UTBK agar bisa lolos. Untuk Universitas Favorit yang mempunyai Fakultas Kedokteran yang favorit biasanya mematok nilai UTBK rata-rata 700,00 dan untuk yang lainnya kebanyakan mematok nilai UTBK di bawah 700,00 hingga batas minimum yang mereka tentukan. Apabila kalian ingin masuk ke Fakultas Kedokteran dan menggunakan jalur SBMPTN sebaiknya kalian mempersiapkan diri sedini mungkin, karena kalian nantinya akan menghadapi tes UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer.

Berikut Tips Lolos Kedokteran Yang Harus Kalian Ketahui

Untuk bisa menghadapi seleksi UTBK di Kedokteran kalian tentunya membutuhkan beberapa informasi dan rencana agar proses kalian berjalan dengan lancar. Berikut adalah beberapa tips yang perlu kalian perhatikan untuk menghadapi UTBK di sebuah Fakultas Kedokteran :

  • Rajin latihan Tryout

Persiapkan mental dan fisik kalian untuk menghadapi tes UTBK dengan cara rajin mengikuti tryout di sekolah ataupun di suatu lembaga manapun. Ini sangat berguna karena biasanya soal tryout yang diberikan hampir mirip dengan tes UTBK yang asli. Jadi mulailah untuk kalian yang ingin mengikuti tes UTBK di Fakultas Kedokteran kalian sebaiknya rajin untuk mengikuti serangkaian tes tryout. Dengan mengikuti tes tryout juga akan membantu kalian untuk membiasakan diri dalam mengerjakan soal-soal yang sulit dalam waktu yang lumayan cepat.

  • Biasakan diri berlatih soal HOTS

HOTS  atau bisa disebut juga dengan Higher Order Thinking Skill merupakan sebuah soal dengan kemampuan analisis yang tinggi. Dengan mencoba mengerjakan soal HOTS akan membantu kalian dalam mendorong pikiran kalian untuk melakukan penalaran tingkat tinggi dari proses memahami konsep ilmu, bukan hanya dari proses menghafal saja. Sejak tahun 2019 lalu, soal-soal yang ada di UTBK SBMPTN telah menggunakan soal yang berasal dari HOTS.

Sebaiknya kalian mulai berlatih beberapa soal dalam bentuk hard copy ataupun soft copy, hal ini untuk memudahkan kalian untuk belajar di mana saja dan kapan saja sesuai kebutuhan kalian. Kalian juga harus mampu mencermati setiap materinya. Pelajarilah dari mulai soal yang kalian anggap mudah, kemudian kalian bisa beranjak ke soal yang lebih sulit. Soal-soal HOTS dapat kalian temukan di Internet atau toko-toko buku, yang mana soalnya setara dengan soal tes UTBK di Kedokteran.

  • Kuasai 5 bidang ilmu ini

Bidang pelajaran yang harus kalian kuasai sebelum mencoba tes UTBK di Kedokteran adalah Matematika, Kimia, Biologi dan Fisika serta Bahasa Inggris merupakan menu utama yang harus kalian kuasai. Mata pelajaran tersebut saling berkaitan, akan dipakai ketika kalian tes UTBK dan tentunya setelah kalian lolos UTBK. Seperti halnya contoh ilmu Matematika adalah suatu ilmu logis, ilmu ini sangat dibutuhkan dalam dunia kedokteran. Begitu juga Bahasa inggris yang memang sudah kita ketahui bahwa ilmu ini berperan sebagai Bahasa internasional, jurusan kedokteran merupakan sebuah jurusan yang di minati dan paling dicari secara internasional. Maka dari itu kalian juga perlu mempelajari Bahasa ini sebagai syarat kedokteran di mata internasional.

  • Mencari informasi sebanyak Mugkin

Selanjutnya kalian bisa untuk mencari informasi terkait mengenai tes UTBK di Fakultas Kedokteran favorit kalian. Kalian bisa melakukannya dengan cara mengunjungi website resmi dari Fakultas Kedokteran terkait ataupun dari kaka tingkat yang sudah berada di Fakultas Kedokteran tersebut. Hal ini akan sangat membantu kalian nantinya. Dengan mengumpulkan informasi dari sumber yang tepercaya akan membuat peluang persiapan kalian tidak sia-sia.

  • Berdo’a

Sentuhan awal dan akhirnya adalah kalian dianjurkan untuk berdo’a kepada Tuhan YME. Mintalah ridho dari Tuhan agar kalian diberikan ketenangan batin saat mengerjakan tes UTBK di Fakultas Kedokteran favorit kalian nantinya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Tidak Ada Kata Terlambat untuk Belajar di S1 Paralel UI

Tidak Ada Kata Terlambat untuk Belajar di S1 Paralel UI

Pilihan untuk melanjutkan studi selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas terkadang bukan milik semua orang. Banyak juga yang tidak segera menyandang gelar ‘mahasiswa’ setelah lulus SMA. Hal ini tentunya merupakan pilihan masing-masing individu. Namun, terkadang...

Mengenal Berbagai Program Studi di POLTEKPEL Surabaya

Mengenal Berbagai Program Studi di POLTEKPEL Surabaya

Politeknik Pelayaran atau POLTEKPEL Surabaya merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) di Indonesia. Sekolah kedinasan ini berada di bawah naungan Kementrian Perhubungan dan berfokus pada bidang pelayaran. POLTEKPEL Surabaya dibangun guna memenuhi...

Perbedaan Mendasar Kuliah Jenjang D1, D2, D3, D4, dan S1

Perbedaan Mendasar Kuliah Jenjang D1, D2, D3, D4, dan S1

Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA), salah satu pilihan yang diambil oleh banyak orang yaitu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Di Indonesia sendiri, tersedia dua kelompok pilihan studi bagi lulusan SMA/MA/SMK/sederajat atau Paket C yaitu...