Tips Suskes Lolos Seleksi AKPOL

oleh | Jun 4, 2020 | Blog | 0 Komentar

AKPOL – Akademi Kepolisian atau biasa disebut dengan AKPOL merupakan sebuah lembaga pendidikan yang bertujuan untuk mencetak perwira Polri. Akademi Kepolisian atau Akpol adalah unsur pelaksana bagi pendidikan pembentukan Perwira Polri yang berada di bawah naungan Kalemdikpol (Kepala Lembaga Pendidikan Polri). AKPOL sendiri beralamatkan di Jl. Sultan Agung No.131, Candi Baru, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232. Apabila kalian bisa menyelesaikan masa pendidikan di Akademi Kepolisian ini kalian nantinya akan mendapatkan output pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda). Tentu banyak keuntungan lainnya apabila kalian bisa masuk dan lulus dari Akademi Kepolisian atau AKPOL ini.

AKPOL merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan yang di gemari oleh kaum muda-mudi bangsa. Bisa masuk dan lulus dari Sekolah Kedinasan ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Untuk bisa masuk ke Akademi Kepolisian ini sebenarnya gampang-gampang susah. Hanya saja apabila kalian ingin masuk ke Sekolah Kedinasan AKPOL membutuhkan persiapan yang sangat matang. Semua perlu dipersiapkan sejak awal agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga : Kelebihan Kedinasan IPDN dan Kekurangan Kedinasan IPDN

Berikut Tips Sukses Lolos Akpol Yang Bisa Anda Terapkan

Untuk masuk ke Sekolah Kedinasan AKPOL tidaklah sulit dan juga tidak gampang, harus ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelumnya agar persiapanmu matang. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kalian lolos seleksi di Akademi Kepolisian atau AKPOL, antara lain :

  • Berdo’a kepada Tugan YME

Hal ini sangat dianjurkan untuk memberikan ketenangan batin kalian saat menghadapi tahapan tes dan seleksi di AKPOL nantinya. Mintalah ridho dari Tuhan Yang Maha ESA agar kalian dimudahkan dalam segala urusan termasuk untuk masuk ke AKPOL nantinya. Serta jangan lupa untuk meminta ridho dari kedua orang tua kalian.

  • Persiapkan mental

Akademi Kepolisian atau AKPOL adalah sekolah kedinasan yang berbasis militer, jadi tidak ada mental anak muda seusia SMA lagi di AKPOL. Kalian sebaiknya mempersiapkan diri sejak dini dengan cara hidup secara disiplin dan on time. Perubahan yang akan terasa secara perlahan yaitu terhadap mental kalian nantinya. Tentunya AKPOL menginginkan para calon Perwiranya memiliki mental baja dan tahan banting, karena nantinya mereka akan bekerja untuk melayani masyarakat dan menjaga ketentraman di lingkungan masyarakat.

Mental yang kalian bentuk haruslah membentuk kepribadian yang dewasa dan tenang dalam menghadapi segala masalah. Bentuklah mental anda sekuat mungkin, karena selain untuk tes yang digunakan pada penerimaan AKPOL, ada juga pemeriksaan penelusuran mental kepribadian yang dilaksanakan secara terus memerus oleh aspek fungsi Panimal sebagai pertimbagan dalam bentuk keluluasan.

  • Persiapkan nilai akademik

Nilai akademik adalah salah satu hal yang harus kalian persiapkan jauh-jauh hari. Sejak mengjinjakan kaki di bangku Sekolah Menengah sebaiknya kalian belajar yang giat agar mendapatkan nilai akademik yang tinggi dan sesuai dengan persyaratan yang diminta oleh pihak AKPOL. Karena, di dalam seleksi masuk Akademi Kepolisian ini, kalian akan diujikan dengan tiga materi yang meliputi Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Masing-masing dari ketiga materi tersebut memiliki bobot yang tentunya berbeda. Matematika berbobot 30%, sedangkan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris memiliki bobot 35%. Nah maka dari itu belajarlah yang giat di bangku SMA agar kalian mendapatkan nilai akademik yang tinggi.

  • Latihan Fisik

Seperti yang di ketahui apabila Akademi Kepolisian atau AKPOL merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan yang menerapkan sistem militer di pendidikannya, maka dari itu kalian juga harus melatih fisik kalian sebelum mendaftar ke AKPOL. Hal ini juga bertujuan untuk membantu kalian dalam tes kemampuan fisik di AKPOL. Kalian bisa mulai berlatih dengan cara melakukan lari, renang, push up, sit up, pull up dan sebagainya. Ini diperlukan, karena selain diharapkan mempunyai kecerdasan yang luar biasa para calon perwira juga diharapkan memiliki kemampuan fisik yang optimal.

  • Cari Informasi sebanyak mungkin

Hal lain yang dapat membantumu adalah dengan cara mencari informasi sebanyak mungkin mengenai Akademi Kepolisian ini. Informasi sekecil apapun akan membantu kalian pada nantinya. Disarankan untuk kalian mencari informasi di website resmi milik Akademi Kepolisian melalui https://akpol.ac.id/

  • Pahami jenis Tesnya

Dengan mengumpulkan beberapa Informasi sebelumnya, kalian juga tentunya akan mendapatkan informasi mengenai jenis tesnya. Yang perlu kalian lakukan adalah mencoba untuk memahami jenis tes tersebut. Kalian juga bisa untuk mencari dan mengerjakan beberapa soal yang mirip dengan soal yang diterapkan oleh AKPOL. Kemajuan teknologi dan Internet tentunya akan sangat membantu kalian.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Tidak Ada Kata Terlambat untuk Belajar di S1 Paralel UI

Tidak Ada Kata Terlambat untuk Belajar di S1 Paralel UI

Pilihan untuk melanjutkan studi selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas terkadang bukan milik semua orang. Banyak juga yang tidak segera menyandang gelar ‘mahasiswa’ setelah lulus SMA. Hal ini tentunya merupakan pilihan masing-masing individu. Namun, terkadang...

Mengenal Berbagai Program Studi di POLTEKPEL Surabaya

Mengenal Berbagai Program Studi di POLTEKPEL Surabaya

Politeknik Pelayaran atau POLTEKPEL Surabaya merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) di Indonesia. Sekolah kedinasan ini berada di bawah naungan Kementrian Perhubungan dan berfokus pada bidang pelayaran. POLTEKPEL Surabaya dibangun guna memenuhi...

Perbedaan Mendasar Kuliah Jenjang D1, D2, D3, D4, dan S1

Perbedaan Mendasar Kuliah Jenjang D1, D2, D3, D4, dan S1

Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA), salah satu pilihan yang diambil oleh banyak orang yaitu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Di Indonesia sendiri, tersedia dua kelompok pilihan studi bagi lulusan SMA/MA/SMK/sederajat atau Paket C yaitu...