UI Resmi Liburkan Mahasiswanya Guna Meredam COVID-19

oleh | Mar 14, 2020 | Blog | 0 Komentar

Karena di tetapkanya virus coona sebagai pendemi global, mendorong Universitas Indonesia untuk mengubah kegiatan belajar mengajar (KBM) yang semulanya mengharuskan para mahasiswanya untuk datang dan bertatap muka menjadi menggunakan metode pembelajaran jarak jauh. Rektor UI Ari Kuncoro, di dalam surat edaranya mengatakan bahwa “ terhitug sejak Rabu (18/3) hingga berakhirnya semester genap tahun ajaran 2019/2020 sistem PJJ akan di perlakukan “.

UI juga mengeluarkan pedoman penyelenggaraan pembelajaran jarak jauuh sealma masa pandemi infeksi Covid – 19. Pimpinan fakultas dan uga prodi juga di minta untuk dapat memberikan dukungan yang di butuhkan para dosen untuk dapat menyelenggarakan PJJ. Sementara itu KBM di dalam bentuk praktik seperti praktik laboratorium, praktik klinik dan praktik industri teteap di laksanakan. Akan tetapi harus lebih dulu di pastikan bahwa tempat praktik menerapkan pencegahan penularan infeksi Covid-19.

Ari juga mengatakan bahwa, pimpinan fakultas dan program studi dapat melakukan perubahan penjadwalan kuliah praktik sesuai dengan perkembangan keadaan.

Untuk terkait dengan KBM di dalam bentuk praktik lapangan di masyarakat , seperti Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan praktik di lapangan yang di haruskan di tunda atau di jadwalkan ulang. Ketika tidak dapat di jadwalkan ulang maka Ari harus ada pencegahan penularan infeksi COVID-19 atau corona semaksimal mungkin dan seketat mungkin. Universitas Indonesia juga menghimbau kepada para mahasiswa yang menghuni asrama dan kos di sekitar kampus segera kembali ke rumah masing – masing, karena pembelajaran akan di lakukan dengan sistem PJJ.

6 Cara Efektif Tidak Tertular COVID-19

  • Mencuci Tangan Dengan Benar

Langkah pertam yang wajib anda lakukan setiap harinya adalah mencuci tangan dengan benar, memang jika kita pikirkan mencuci tangan adalah sebuah kegiatan yang sepele akan tetapi sangat efektif sekali untuk mencega tertular COVID-19. Anda bisa mencuci tangan anda dengan Hand Sanitizer / Aseptic Gel ada baiknya anda menggunakan dengan kadar alkohol minimal 60% agar lebih efektif untuk membasmi kuman.

  •  Menggunakan Masker

Selanjutnya anda dapat menggunakan masker agar terhidar dari penularan COVID – 19 , ada banyak jenis masker yang di jual di pasaran akan tetapi yang sering di gunakan adalah masker Surgical/sensi. Jangan sampai salah dalam penggunaan masker,  bagian dalam adalah yang berwarna putih dan bagian luar adalah yang berwarna selain  putih.

  • Menjaga Daya Tahan Tubuh

Yang selanjutnya yang harus teman – teman IC lakukan adalah menjaga daya tahan tubuh agar ttetap sehat dan bugar. Hindari merokok dan mengonsumsi segala makanan yang tidak sehat, mulailah mengonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman yang bergizi dan mengandung vitamin. Jauhi narkoba dan segala minuman yang mengandung alkohol.

  • Menghindari Keramaian

Karena potensi penularan akan lebih tinggi ketingga anda berada di keramaian, jadi sebisa mungkin mengurangi atau menghindari kontak terhadap orang lain baik di tempat keramaian atau tempat manapun. Anda dapat mengganti salaman dengan cara lain yang sebisa mungkin tidak menyentuh orang lain. Jika teman – teman IC ada yang mengalami gejala flu, batuk, demam dan pilek yang di sertai lemas dan sesak nafas maka segeralah berkonsultasi kepada dokter yang sudah berpengalaman.

  • Tidak berkunjung ke negara terjangkit

Mungkin ada teman – teman IC yang mempunyai pikiran atau keinginan untuk liburan ke negara yang ssudah terjangkit COVID-19, anda harus mengurungkan niat anda agar terhindar dari virus tersebut. Banyak negara yang sudah terjangkit virus COVID-19 seperti Italia, Amerika, Eropa dan yang lainya. Jadi ada baiknya untuk mengundur jadwal liburan teman – teman IC.

  • Menghindari Kontak Dengan Hewan Yang Kemungkinan Menularkan COVID-19

Karena menurut kabar juga penularan virus ini melalui hewan maka ada baiknya teman – temaan IC untuk mengurangi kontak dengan hewan baik mamalia ataupun reptil. Ketika teman – teman IC ingin mengkonsumsi daging ataupun ikan, maka anda harus memastikan bahwa daging atau ikan tersebut sudah di cuci dengan bersih dan dimasak dengan benar – benar matang. Jangan sekali – sekali memasak dengan kondisi kurang matang, jadi harus anda perhatikan kualitas kematanganya.

“ Coronavirus sudha menyerang ribuan orang di dalam berbagai negara dan sudah menelan ribuan korban jiwa. Jadi teman – teman IC harus menjaga diri dengan baik agar tidak tertular atau terjangkit Coronavirus “


0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…