UTBK SNBT 2024: Aturan Baru, Jadwal dan Syarat Pendaftarannya

by | Dec 27, 2023 | Blog, Jalur Masuk PTN | 0 comments

UTBK SNBT 2024 – Untuk kamu yang sudah berada di bangku SMA/sederajat terutama yang kelas 12 pasti sedang mempersiapkan diri untuk memasuki perguruan tinggi impian. Untuk langkah awalnya biasanya akan mengikuti jalur masuk SNBP dengan jalur rapor, namun biasanya lebih banyak yang mempersiapkan untuk ikut jalur SNBT.

SNBT memiliki kuota atau daya tampung yang lebih besar dibandingkan SNBP,  yakni 40% sedangkan SNBP hanya 20% setiap kampusnya. Nah, kamu yang sedang bersiap-siap mengikuti SNBT, yuk ketahui info lengkap pendaftaran UTBK SNBT 2024 ini!

Aturan Baru UTBK SNBT 2024

UTBK SNBT 2024

Dalam mempersiapkan diri mengikuti SNBT 2024 nanti, kamu juga perlu tau kalau ternyata ada aturan baru dalam tes masuk perguruan tinggi negeri ini. Di antaranya:

1.    Lulus SNBT, Tidak Bisa Daftar Jalur Mandiri

Aturan pertama adalah bahwa peserta yang lulus dalam seleksi SNBT 2024 ini dan sudah melakukan daftar ulang maupun registrasi di PTN yang dituju, tidak dapat diterima di seleksi Jalur Mandiri di PTN manapun. Aturan ini dimaksudkan supaya setiap pendaftar bisa memilih jurusan dan PTN secara mantap supaya tidak berpikiran mencoba di PTN lain.

Ini menjadi langkah karena di tahun-tahun sebelumnya banyak mahasiswa yang mendaftar lebih dari satu jalur. Jadi berimbas pada kekosongan kursi di perguruan tinggi dan bisa merugikan semua pihak, baik di PTN itu maupun calon mahasiswanya.

Baca juga: Mau Daftar Kedinasan IPDN? Cek Persyaratan IPDN Berikut!

2.    Bisa Memilih hingga 4 Program Studi

Aturan baru selanjutnya adalah bahwa setiap calon mahasiswa akan memiliki kesempatan memilih 4 program studi, yakni 2 pilihan untuk program akademik, dan 2 pilihan untuk program vokasi. Untuk detailnya sebagai berikut:

  1. Setiap peserta bebas memilih program studi di PTN Akademik, PTN Vokasi, dan/atau PTKIN.
  1. Setiap peserta boleh memilih maksimal 4 program studi yang terdiri dari 2 pilihan Program Akademik (Sarjana) dan 2 pilihan Program Vokasi (Diploma Tiga dan Diploma Empat/Sarjana Terapan) dengan ketentuan sebagaimana tabel terlampir.
  2. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.

3.    Ada Soal Isian

Kalau biasanya soal SNBT hanya akan ada soal pilihan, sekarang sudah ada perubahan dengan diadakannya soal isian singkat. Ingat, soal isian singkat ya, jadi tidak membutuhkan jawaban yang panjang. Untuk soal matematika, kamu bisa mengisikan hasil akhirnya saja, tidak perlu dengan cara menjawabnya yang penuh dengan rumus. Kalau hasilnya angka pecahan, bisa kamu bulatkan supaya tidak menyulitkan saat proses penilaian dengan pengecekan via sistem komputer.

Jadwal UTBK-SNBT 2024

Pendaftaran jalur masuk UTBK-SNBT sudah ada jadwal pelaksanaannya yakni:

  • Pendaftaran UTBKSNBT: 21 Maret – 5 April 2024.
  • Pelaksanaan UTBK gelombang 1: 30 April 2024 dan 2 – 7 Mei 2024.
  • Pelaksanaan UTBK gelombang 2: 14 – 20 Mei 2024.
  • Pengumuman hasil SNBT: 13 Juni 2024.
  • Masa unduh sertifikat UTBK: 17 Juni – 31 Juli 2024.

Syarat Peserta SNBT 2024

Setelah tau aturan dan jadwal pelaksanaannya, kamu juga harus mempersiapkan syarat-syaratnya yakni:

  1. Memiliki Akun SNPMB.
  2. Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan menyertakan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  3. Siswa SMA/MA/SMK/sederajat calon lulusan tahun 2024 harus memiliki Surat Keterangan Siswa Kelas 12 atau peserta didik Paket C tahun 2024 dengan maksimal usia 22 tahun (per 1 Juli 2024). Catatan: Disertai dengan melampirkan:
  4. Foto terbaru (berwarna)
  5. Stempel/cap sekolah
  6. Tanda tangan Kepala Sekolah
  7. Siswa lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2022 dan 2023 atau lulusan Paket C tahun 2021 dan 2022 harus memiliki ijazah dengan maksimal usia 22 tahun (per 1 Juli 2024).
  8. Tidak lulus jalur SNBP 2024 atau SNMPTN pada tahun 2022, atau 2023.
  9. Bagi lulusan SMA/sederajat dari luar negeri ijazahnya harus sudah disetarakan.
  10. Memiliki kesehatan yang prima sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  11. Untuk peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio.
  12. Peserta tuna netra wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra.
  13. Hasil UTBK 2024 hanya berlaku untuk mengikuti SNBT dan penerimaan PTN 2024.
  14. Membayar biaya UTBK.

Jadi demikianlah informasi seputar UTBK SNBT 2024. Persiapkan diri dengan semaksimal mungkin supaya bisa lolos UTBK dan masuk perguruan tinggi negeri favorit kamu, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga Yang Lainnya…

Raih Impian Masuk Kampus Pilihanmu Bersama Indonesia College. Tersedia Bimbingan Khusus PTN dan Sekolah Kedinasan