Yang Perlu Diketahui dari Jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual)

oleh | Nov 8, 2021 | Blog, Jurusan Kuliah | 0 Komentar

Jurusan DKV – Terdapat banyak bidang yang bisa dipelajari ketika masuk ke dunia perkuliahan. Setiap orang bisa menentukan pilihan jurusan yang diinginkan sesuai dengan minat masing-masing. Salah satu pilihan yang tersedia ketika memilih jurusan kuliah yaitu yang berada di bidang seni.

Bidang seni memang memiliki cakupan yang luas. Ada banyak jurusan yang masuk ke bidang ini mulai dari seni rupa, seni musik, seni tari, dan lain-lain. Calon mahasiswa bisa memilih salah satu jurusan tersebut sesuai dengan keinginan. Jika tertarik di bidang seni rupa, Desain Komunikasi Visual atau DKV merupakan jurusan yang bisa dipilih.

Desain Komunikasi Visual atau DKV termasuk sebagai jurusan yang cukup populer terutama karena perkembangan teknologi. Lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan dan bisa bekerja di berbagai bidang.

Apakah kamu tertarik untuk masuk ke jurusan ini? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Jurusan DKV?

Desain Komunikasi Visual atau DKV adalah ilmu yang berakar pada seni rupa. Bedanya, jurusan ini lebih mengutamakan fungsi komunikasi dari media atau visual yang dibuat. Mahasiswa DKV akan belajar cara untuk bisa menyampaikan dan mengolah pesan secara efektif dalam bentuk media visual sesuai target audiens.

Selama mengikuti perkuliahan, mahasiswa akan mempelajari teori sekaligus mengasah kemampuan di bidang desain. Mahasiswa akan mengembangkan bahasa visual dan mengolah pesan untuk bisa disampaikan kepada khalayak. Media visual yang dibuat harus kreatif dan inovatif namun tetap efektif serta efisien untuk menyampaikan pesan.

Desain grafis merupakan dunia yang luas. Di jurusan DKV, mahasiswa akan mengikuti perkuliahan secara umum terlebih dahulu. Nantinya, mahasiswa akan bisa memilih peminatan ketika telah menginjak semester lanjut. Sebagai contoh, di Institut Teknologi Bandung, mahasiswa akan dijuruskan pada semester 6, pilihannya yaitu:

  • Komunikasi Grafis
  • Komunikasi Visual Periklanan
  • Komunikasi Multimedia

Baca juga Lulusan Ilmu Komunikasi, Prospek Kerja yang Ada Apa Saja, Ya?

Pembelajaran untuk Mahasiswa

Supaya bisa memiliki kemampuan yang memadai ketika lulus, mahasiswa jurusan DKV belajar banyak hal sesuai kurikulum masing-masing kampus. Setiap perguruan tinggi memiliki kurikulum dan mata kuliah yang berbeda-beda dan harus diambil oleh mahasiswanya.

Sebagai contoh, berikut ini mata kuliah yang akan didapatkan oleh mahasiswa DKV di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

jurusan dkv
jurusan dkv
jurusan dkv

Pilihan Perguruan Tinggi dengan Jurusan DKV

Desain Komunikasi Visual merupakan jurusan yang populer karena banyak dibutuhkan. Jurusan ini dapat ditemukan di berbagai perguruan tinggi baik itu negeri atau swasta. Calon mahasiswa bisa mendaftar ke kampus yang diinginkan dan mengikuti seleksi untuk bisa diterima sebagai peserta didik.

Pilihan melanjutkan kuliah di jurusan ini cukup luas. Banyak perguruan tinggi yang menawarkan jurusan ini, beberapa di antaranya yaitu:

  • Institut Teknologi Bandung
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • BINUS University
  • Universitas Indonesia
  • Institut Seni Indonesia
  • Universitas Sebelas Maret
  • Universitas Trisakti
  • Universitas Telkom
  • Universitas Pelita Harapan
  • Universitas Padjadjaran

Terdapat banyak hal yang perlu diketahui dari jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual). Jurusan ini bisa dijadikan pilihan jika kamu tertarik di bidang seni rupa dan grafis. Kamu bisa memilih berbagai kampus di yang membuka jurusan ini.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…