Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Yuk, Cek! Beberapa Daftar Beasiswa yang Ada di UII

oleh | Jun 4, 2022 | Blog, PTS | 0 Komentar

Beasiswa UII – UII sebagai PTS favorit memberikan kesempatan pendidikan dengan menawarkan berbagai beasiswa dan bantuan biaya pendidikan untuk mahasiswa baru, mahasiswa aktif, dan juga mahasiswa asing melalui pendanaan internal UII maupun sumber dana eksternal dari institusi mitra.

UII menyediakan beberapa beasiswa untuk mahasiswa baru. UII memberi kesempatan bagi mahasiswa baru program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan melalui seleksi program beasiswa sesuai dengan ketentuan. Apa saja ketentuan dan program beasiswa yang ditawarkan? Simak informasinya di bawah ini.

Beasiswa Atlet & Juara Seni

Kategori ini ditujukan bagi siswa yang memiliki keunggulan berupa capaian prestasi cabang olahraga atau seni. Khusus kategori ini, peserta yang dinyatakan diterima diberikan beasiswa berupa dibebaskan biaya studi (maksimal 8 semester untuk S1 dan 6 semester untuk D3) dan Dana Catur Darma. Beasiswa ini dibuka untuk semua prodi S1 dan D3, kecuali prodi Kedokteran.

Daftar Cabang Olahraga:

  • Bola basket
  • Bola voli
  • Softball
  • Bulutangkis
  • Sepak bola
  • Futsal
  • Tenis
  • Panjat tebing
  • Pencak silat
  • Taekwondo
  • Karate
  • Kempo

Daftar Cabang Seni:

  • Musabaqah Tilawatil Qur’an
  • Musabaqah Tartilil Qur’an
  • Musabaqah Qira’at Sab’ah
  • Musabaqah Hifzhil Qur’an (5, 10, 20, atau 30 Juz)
  • Musabaqah Khaththil Qur’an (Kaligrafi)
  • Debat Bahasa Arab
  • Debat Bahasa Inggris
  • Paduan Suara
  • Marching Band
  • Fotografi
  • Desain Grafis
  • Animasi

Beasiswa Duafa

Ditujukan bagi siswa berprestasi dengan kemampuan akademik yang tinggi dan membutuhkan bantuan biaya pendidikan. Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini akan dibebaskan dari biaya studi (maksimal 8 semester untuk S1 dan 6 semester untuk D3) dan Dana Catur Darma.

Program ini ditujukan bagi calon mahasiswa pada prodi jenjang Sarjana (S1) dan Diploma (D3) di semua fakultas, dengan kuota per prodi adalah maksimal 3 mahasiswa.

Baca juga Biaya Kuliah Universitas Islam Indonesia Tahun Akademik 2022/2023

Beasiswa Hafiz Al-Qur’an

Sasaran program beasiswa ini adalah mahasiswa baru UII atau lulusan pondok pesantren yang memiliki kemampuan menghafal Al-Qur’an minimal 15 juz serta memiliki kemampuan akademik tinggi. Beasiswa ini terdiri atas dua macam yaitu Beasiswa Hafiz Alquran 30 Juz dan Beasiswa Hafiz Alquran 15 Juz.

Persyaratan dan Komponen Beasiswa Hafiz Alquran 30 Juz

Persyaratan

  1. Dinyatakan lolos seleksi sebagai calon mahasiswa baru UII melalui jalur seleksi Penelusuran Hafiz Al’Qur’an (PHA).
  2. Calon mahasiswa yang hafal Al-Qur’an 30 Juz dibuktikan dengan syahadah dari mursyid/pengasuh.
  3. Menyerahkan rekomendasi dari mursyid/pengasuh.
  4. Lulus tes hafalan dan seleksi wawancara yang dilakukan oleh Tim Penguji yang telah ditunjuk oleh UII.
  5. Tidak berstatus sebagai penerima beasiswa dari sumber lain.

Komponen Beasiswa

  1. Bebas Biaya Pendidikan di UII
  2. Bebas Dana Catur Darma
  3. Bantuan Biaya Hidup sebesar Rp450.000 per bulan

Persyaratan dan Komponen Beasiswa Hafiz Alquran 15 Juz

Persyaratan

  1. Dinyatakan lolos seleksi sebagai calon mahasiswa baru UII melalui jalur seleksi Penelusuran Hafiz Al’Qur’an (PHA).
  2. Calon mahasiswa yang hafal Al-Qur’an 15 Juz dibuktikan dengan syahadah dari mursyid/pengasuh.
  3. Menyerahkan rekomendasi dari mursyid/pengasuh.
  4. Lulus tes hafalan dan seleksi wawancara yang dilakukan oleh Tim Penguji yang telah ditunjuk oleh UII.
  5. Tidak berstatus sebagai penerima beasiswa dari sumber lain.

Komponen Beasiswa

  1. Bebas Biaya Pendidikan di UII
  2. Bebas Dana Catur Darma

Beasiswa Santri Unggulan UII

Program Beasiswa ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada kader-kader pemimpin umat di masa yang akan datang, yang siap konsep dan siap praktik serta memantapkan dan memadukan antara agama, sains dan teknologi. Program ini ditujukan bagi calon mahasiswa pada program studi jenjang sarjana di semua fakultas, kecuali Prodi Kedokteran (FK). Kuota beasiswa ini adalah maksimal 40 mahasiswa.

Mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi akan mendapatkan beasiswa berupa:

  1. Pembebasan dari pembayaran uang kuliah, dana Catur Darma Perguruan Tinggi dan pembayaran lain sesuai dengan ketentuan yang berlaku di universitas.
  2. Pembebasan biaya pendidikan dan pengajaran di Pondok Pesantren UII.
  3. Menempati Pondok Pesantren UII dan menggunakan fasilitas yang diperuntukkan bagi santri sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Pondok Pesantren UII.

Beasiswa Unggulan

Sasaran program beasiswa ini adalah mahasiswa baru UII yang memiliki prestasi baik akademik maupun non akademik.

Persyaratan

  1. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif program sarjana UII, dibuktikan dengan fotokopi Kartu Mahasiswa.
  2. Memiliki nilai rata-rata rapor selama SMA minimal 7,5 untuk skala 1-10, minimal 75 untuk skala nilai 1 – 100, atau minimal 3,00 untuk skala 1 – 4.
  3. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik (setara dengan skor 450 TOEFL), dibuktikan dengan Sertifikat TOEFL (atau sejenisnya).
  4. Memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an yang benar dan hafal beberapa surat dalam juz amma, dibuktikan dengan hasil tes Baca Tulis Al-Qur’an (BTAQ) oleh Tim Penguji.
  5. Memiliki kepribadian dan karakter yang baik, dibuktikan dengan hasil wawancara psikologis oleh Tim Penguji.
  6. Memiliki prestasi akademik dan non akademik (olahraga, seni, penalaran) selama pendidikan sebelumnya, dibuktikan dengan sertifikat penghargaan.
  7. Tidak berstatus sebagai penerima beasiswa lain baik internal maupun eksternal, dibuktikan dengan surat keterangan dari Dekan Fakultas.

Komponen Beasiswa

  • Bantuan Biaya Pendidikan di UII (bebas biaya SPP tetap, bebas biaya SPP variabel sesuai dengan pengambilan jumlah SKS tiap semester, bebas biaya KKN).
  • Bantuan Dana Catur Darma sebesar maksimal Rp.5.000.000.

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di UII dengan beasiswa, perhatikan Yuk, Cek! Beberapa Daftar Beasiswa yang Ada di UII di atas. Semoga membantu!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Persyaratan, Seleksi, dan Cakupan Beasiswa UMS | LKBB Indonesia college - […] Baca juga Yuk, Cek! Beberapa Daftar Beasiswa yang Ada di UII […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!