Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Yuk, Cek Daftar Sekolah Kedinasan yang Sepi Peminat Ini!

oleh | Des 14, 2021 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Sekolah Kedinasan yang Sepi Peminat – Sekolah kedinasan termasuk sebagai institusi pendidikan tinggi yang banyak diincar oleh calon mahasiswa. Hal ini terlihat dari tingginya antusias masyarakat setiap kali pendaftaran sekolah kedinasan dibuka terutama bagi perguruan tinggi yang menjalankan ikatan dinas.

Pada pembukaan penerimaan peserta didik baru, proses seleksi dilakukan secara terintegrasi oleh sekolah kedinasan dan BKN. Berdasarkan data yang masuk ke BKN, terdapat sekolah yang memiliki banyak pendaftar. Di sisi lain, ada juga sekolah kedinasan yang mendapatkan pendaftar lebih sedikit dari yang lainnya.

Mengetahui sekolah kedinasan yang sepi peminat bisa dijadikan salah satu strategi jika tertarik mendaftar di tahun berikutnya. Pendaftar yang lebih sedikit berarti kesempatan untuk diterima di sekolah tersebut lebih besar. Yuk, simak daftarnya di bawah ini!  

Sekolah Kedinasan yang Sepi Peminat Tahun 2021

Pendaftaran sekolah kedinasan di tahun 2021 dilaksanakan pada bulan April. Selama masa pendaftaran, pelamar hanya bisa memilih satu sekolah kedinasan. Pendaftar tidak bisa memilih lebih dari satu dan jika terbukti melakukannya maka akan didiskualifikasi.

Berdasarkan peraturan tersebut, BKN bisa melihat jumlah pendaftar pasti untuk setiap sekolah kedinasan. Terlihat bahwa beberapa sekolah kedinasan mendapatkan pendaftar yang lebih sedikit dibandingkan perguruan tinggi lainnya. Daftarnya yaitu sebagai berikut:

  • Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar: 902 orang
  • Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Banten: 819 orang
  • Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Jayapura: 421 orang
  • Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Malahayati Aceh: 407 orang
  • Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sulawesi Utara: 390 orang
  • Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sorong: 304 orang
  • Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Barombong: 267 orang

Jumlah pendaftar tersebut merupakan total pelamar yang telah submit pendaftaran. Jumlah di atas adalah gabungan untuk semua pendaftar di masing-masing sekolah pada seluruh program studi yang ada. Tentunya, saingan untuk tiap program studi akan berbeda karena jumlah pendaftar dan daya tampungnya juga beragam.

Baca juga 7 Sekolah Kedinasan Milik Pemerintah yang Berada di Jakarta.

Sekolah Kedinasan yang Sepi Peminat Tahun 2020

sekolah kedinasan yang sepi peminat

Di tahun 2020, pendaftaran sekolah kedinasan dilakukan pada pertengahan tahun yaitu di bulan Juni. Pendaftaran ini lebih mundur dari tahun sebelumnya akibat terjadinya pandemi Covid-19. Meskipun begitu, seleksi tetap dilakukan dan dibuka secara nasional.

Jumlah pendaftar pada tahun 2020 berbeda jika dibandingkan dengan tahun-tahun lainnya. Hal ini dikarenakan beberapa sekolah kedinasan seperti PKN STAN dan STMKG tidak membuka pendaftaran pada tahun tersebut. Hal ini tentunya mempengaruhi jumlah pendaftar sekolah kedinasan secara keseluruhan.

Berdasarkan data yang telah dirangkum oleh BKN, ada beberapa sekolah kedinasan yang sepi peminat di tahun 2020. Daftarnya yaitu:

  • Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya: 938 orang
  • Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatera Barat: 929 orang
  • Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Palembang: 890 orang
  • Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar: 768 orang
  • Politenik Pelayaran (Poltekpel) Banten: 483 orang
  • Politeknik  Penerbangan (Poltekbang) Jayapura: 310 orang
  • Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Malahayati Aceh: 235 orang

Sama seperti di tahun 2021, jumlah pendaftar di atas merupakan total pendaftar untuk semua program studi yang dibuka. Setiap program studi tentu memiliki jumlah pendaftar yang berbeda-beda sehingga persaingannya pun berbeda.

Itulah artikel tentang Yuk, Cek Daftar Sekolah Kedinasan yang Sepi Peminat Ini! Kamu bisa memilih sekolah di atas jika ingin mendapatkan kesempatan lebih besar untuk diterima di perguruan tinggi kedinasan. Namun, perlu diingat bahwa kamu perlu mengikuti seleksi sesuai standar sekolah kedinasan yang tentunya tidak mudah.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!