Yuk, Daftar! Berikut 5 Jalur Mandiri PTN Tanpa Uang Pangkal

oleh | Jun 29, 2022 | Biaya Kuliah, Blog, PTN | 0 Komentar

Jalur Mandiri PTN Tanpa Uang Pangkal – Hasil SBMPTN 2022 baru saja diumumkan beberapa waktu lalu. Selain melalui SNMPTN dan SBMPTN, perguruan tinggi negeri (PTN) juga membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri. Seleksi jalur mandiri dilaksanakan oleh masing-masing universitas dengan berbagai mekanisme. Ada beberapa PTN yang membuka seleksi mandiri dengan nilai UTBK dan ada pula yang dilaksanakan dengan tes tertulis seperti SIMAK UI atau UM UGM. 

Jalur mandiri juga seringkali dibedakan karena memiliki biaya kuliah yang berbeda dengan mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN. Ada beberapa PTN yang mengharuskan mahasiswa baru yang diterima jalur mandiri untuk membayar uang pangkal/uang pembangunan/uang gedung atau Biaya Pengembangan Institusi (BPI). Uang pangkal ini seringkali dirasa memberatkan karena jumlahnya yang cukup besar. 

Tapi, jangan khawatir! Masih ada lho beberapa PTN yang membuka penerimaan jalur mandiri tanpa uang pangkal. Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM memiliki ketentuan pembayaran kuliah dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang ditetapkan berdasarkan kriteria penghasilan dari UKT 0 – UKT 8. Pengelompokkan UKT masing-masing mahasiswa program sarjana atau sarjana terapan jalur mandiri sama dengan mahasiswa jalur SNMPTN atau SBMPTN. 

Tahun ini, UGM menyelenggarakan jalur mandiri melalui CBT-UM UGM yang pendaftarannya dilakukan secara online pada 3 -15 Juni 2022. Biaya pendaftaran CBT-UM UGM 2022 yaitu Rp.325.000 untuk Kelompok Ujian Saintek/Soshum dan Rp.350.000 untuk Kelompok Ujian Campuran. Ujian CBT akan dilaksanakan di Yogyakarta (25 Juni – 4 Juli 2022) dan Jakarta (28 Juni – 4 Juli 2022). 

Baca juga: Persyaratan, Prosedur, dan Jadwal Seleksi Mandiri (CBT-UM) UGM

Universitas Indonesia (UI)

UI menjadi salah satu PTN yang menerima mahasiswa jalur mandiri tanpa tambahan uang pangkal atau uang pembangunan. Seleksi mandiri di UI dikenal dengan nama SIMAK UI yang membuka pendaftaran untuk Vokasi (D3 & D4), S1 (Reguler, Parallel, Kelas Internasional, Ekstensi), Profesi, Magister hingga Doktor. 

Pendaftaran jalur mandiri SIMAK-UI Tahun 2022 untuk program Sarjana atau Vokasi dibuka hingga tanggal 27 Juni 2022. Biaya pendaftaran untuk S1 Reguler/Paralel dan Vokasi sebesar Rp500.000 untuk Kelompok Ujian IPA atau IPS saja (2 pilihan prodi) dan Rp600.000 untuk Kelompok Ujian Campuran (3 pilihan prodi). Ujian akan dilaksanakan secara daring pada tanggal 2 – 4 Juli 2022. 

Baca juga: Perhatikan Penerimaan Mahasiswa Baru Seleksi Mandiri UI 2022 di Sini

Universitas Sriwijaya (UNSRI)

Unsri membuka penerimaan mahasiswa jalur mandiri melalui Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB) Unsri. Mahasiswa yang diterima jalur USMB Unsri tidak dikenakan uang pangkal atau uang pembangunan. Biaya pendaftaran untuk Kelompok Ujian Saintek/Soshum sebesar Rp300.000 dan Campuran sebesar Rp400.000. Pendaftaran USMB Unsri 2022 dilakukan pada 4 Mei – 30 Juni 2022. Ujian dilaksanakan pada 4 – 7 Juli 2022 di beberapa lokasi. 

Baca juga: Seleksi Mandiri Unsri: Persyaratan, Cara Pendaftaran, Biaya, dan Jadwal

Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

UNJ juga menjadi salah satu PTN yang tidak memberikan uang pangkal untuk mahasiswa baru jalur mandiri. UNJ merupakan salah satu PTN di Jakarta yang membuka seleksi mandiri dengan 2 jalur yaitu jalur mandiri Ujian Tulis dan Jalur Mandiri Prestasi. Pendaftaran jalur mandiri dibuka pada 17 April – 1 Juli 2022. Biaya pendaftaran sebesar Rp300.000 untuk Kelompok Ujian Saintek/Soshum dan Rp450.000 untuk Kelompok Ujian Campuran. Ujian Tulis akan dilaksanakan secara daring pada 16 Juli 2022. 

Baca juga: Informasi Mengenai Penmaba Seleksi Mandiri Ujian Tulis UNJ Tahun 2022

Universitas Islam Negeri (UIN) seluruh Indonesia

PTN yang juga menerima mahasiswa baru jalur mandiri tanpa uang pangkal adalah Universitas Islam Negeri (UIN) di seluruh Indonesia. Berdasarkan Keputusan Menteri Agama, perguruan tinggi keagamaan seperti UIN dilarang memungut uang pangkal atau uang pembangunan dari mahasiswa selain UKT. 

Baca juga: Persyaratan, Ketentuan, dan Jadwal Seleksi Mandiri UIN Jakarta

Itulah beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang tidak membebani uang pangkal untuk mahasiswa yang diterima pada jalur mandiri. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi untuk kuliah di PTN meskipun melalui jalur mandiri.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Kampus yang Membuka Jurusan Akuntansi, Yuk Disimak!

Kampus yang Membuka Jurusan Akuntansi, Yuk Disimak!

Jurusan Akuntansi menjadi salah satu program studi yang populer di rumpun ilmu ekonomi. Hampir semua perguruan tinggi ternama membuka jurusan ini. Yuk, simak di sini daftar kampus yang membuka jurusan ini!

4 Jalur Masuk ITS yang Perlu Kamu Ketahui

4 Jalur Masuk ITS yang Perlu Kamu Ketahui

ITS merupakan salah satu kampus yang favorit dan ternama di Indonesia. Bagi kamu yang tertarik untuk kuliah di ITS, ada 4 jalur masuk yang dibuka. Yuk, simak selengkapnya di sini!

Inilah Beberapa PTN yang Membuka Jurusan Manajemen

Inilah Beberapa PTN yang Membuka Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen merupakan pilihan jurusan Soshum yang banyak diambil mahasiswa. Kamu tertarik untuk melanjutkan studi di Manajemen? Yuk, simak beberapa PTN yang membuka jurusan Manajemen di sini!

Ketahui Apa Saja Jurusan Favorit yang Ada di ITS

Ketahui Apa Saja Jurusan Favorit yang Ada di ITS

ITS merupakan salah satu PTN favorit yang ada di kota Surabaya. Program sarjana ITS menyediakan 32 pilihan program studi dari 6 bidang fakultas. Yuk, simak apa saja jurusan favorit ITS di sini!