Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Pendidikan Selain Guru

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Pendidikan Selain Guru

Kamu lulusan jurusan pendidikan dan masih bingung ingin bekerja menjadi apa? Selain guru, ternyata ada banyak peluang kerja untuk lulusan jurusan pendidikan, lho. Apa saja prospek kerja untuk lulusan jurusan pendidikan selain guru? Yuk, simak di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

oleh | Nov 23, 2022 | Blog | 0 Komentar

Mengenal Indonesia Mengajar – Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Tujuan gerakan ini untuk mengajak semua pihak untuk terlibat menjadikan pendidikan sebagai tanggung jawab bersama. Indonesia Mengajar didirikan oleh berbagai pihak yang berkomitmen untuk ikut secara aktif membantu pemerintah dalam pembangunan pendidikan, seperti para pegiat, volunteer, serta dunia bisnis yang secara khusus membantu pendanaan program IM.

Hingga kini, Indonesia Mengajar tidak hanya dengan program Pengajar Muda-nya, ada juga beberapa inisiasi yang telah dan sedang dilakukan yaitu gerakan kerelawanan antara lain Kelas Inspirasi, Ruang Berbagi Ilmu, Tembokpedia, Taman Teman Bermain, Indonesia Mengajar Learning Institute (Imstitute), dan Lab Gerakan.

Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di bawah ini.

Visi Misi

Visi

Indonesia Mengajar adalah gerakan. Usaha untuk mengajak semua pihak untuk ambil bagian memajukan pendidikan di Indonesia. Indonesia Mengajar mengajak siapapun untuk melihat ke arah yang sama, cita-cita mulia yang selalu diperjuangkan: gotong royong dalam urusan pendidikan.

Misi

  1. Mendorong terciptanya dampak yang berkelanjutan di daerah entitas sasaran
  2. Membangun jejaring pemimpin masa depan yang memiliki pemahaman akar rumput dan kompetensi global
  3. Mendorong tumbuhnya gerakan sosial pendidikan di Indonesia

Baca juga Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan Ke-2 dan Informasi Pendaftarannya

Program Indonesia Mengajar

Pengajar Muda

Pengajar Muda adalah sarjana-sarjana terpilih yang direkrut, dilatih dan dikirimkan oleh Indonesia Mengajar sebagai guru di pelosok Indonesia selama 1 tahun. Kriteria untuk bisa menjadi Pengajar Muda adalah lulusan perguruan tinggi dengan kualifikasi akademik yang baik, memiliki pengalaman kepemimpinan, memiliki minat, motivasi, serta semangat untuk mengajar serta tinggal di pelosok Indonesia.

Berikut persyaratan untuk mendaftar Pengajar Muda:

  • Warga Negara Indonesia
  • Lulusan S1/D4/sederajat, dibuktikan dengan adanya Ijazah atau SKL pada saat seleksi tahap 2
  • Belum menikah
  • Berusia maksimal 30 tahun pada saat mendaftar

Setelah peserta lolos seleksi Pengajar Muda, peserta akan mendapatkan pelatihan intensif selama dua bulan mengenai kependidikan atau pengajaran dan kepemimpinan dengan Tim Pelatihan dan individu yang kompeten di bidang masing-masing.

Tahapan Seleksi Pengajar Muda

  • Pengisian formulir pendaftaran di laman Indonesia Mengajar
  • Direct Assessment (seleksi tahap 2)
  • Medical Check Up
  • Penandatanganan kontak
  • Pelatihan Calon Pengajar Muda

Informasi terkait pendaftaran Pengajar Muda akan dipublikasikan secara resmi di laman Indonesia Mengajar dan media sosial Indonesia Mengajar. Kamu juga bisa menghubungi di rekrutmen@indonesiamengajar.org apabila ada pertanyaan terkait proses rekrutmen.

Pengajar Muda akan dibekali dengan berbagai fasilitas dan perlengkapan yang menunjang tugas di daerah seperti fasilitas akomodasi pada saat pelatihan, tunjangan yang cukup selama penugasan, serta tunjangan transportasi dan komunikasi. Selain itu, setelah menyelesaikan penugasan, peserta akan mendapatkan Surat Keterangan Kerja setelah menjalani penugasan.

Peserta akan ditempatkan di kabupaten yang telah dipilih oleh Pengajar Muda antara lain Nias Barat (Sumatera Utara), Tanjung Jabung Timur (Jambi), Kayong Utara (Kalimantan Barat), Seruyan (Kalimantan Tengah), Sigi (Sulawesi Tengah), Boalemo (Gorontalo), Seram Bagian Timur (Maluku), Kepulauan Aru (Maluku), Maybrat (Papua Barat), dan Teluk Wondama (Papua Barat).

Gerakan Kerelawanan Indonesia Mengajar

Gerakan Kerelawanan yang dikerjakan Indonesia Mengajar antara lain Kelas Inspirasi, Ruang Berbagi Ilmu, TembokPedia, dan Taman Teman Bermain. Siapa pun dapat bergabung menjadi relawan di Gerakan Indonesia Mengajar dan tidak ada batasan umur atau profesi untuk bergabung menjadi relewan.

Itulah Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya. Kamu tertarik untuk ikut mendaftar? Semoga membantu!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!