Yuk, Mengenal IUP Psikologi UGM, Rekan, dan Syarat Masuknya!

oleh | Sep 28, 2021 | Blog, IUP UGM | 0 Komentar

IUP Psikologi UGM – Kelas internasional merupakan salah satu program yang ditawarkan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM). Program ini diselenggarakan untuk mahasiswa lokal maupun asing yang ingin berkuliah dengan standar dan taraf internasional.

Ada banyak program studi di UGM yang membuka kelas internasional, di antaranya yaitu Psikologi. Program ini berada di Fakultas Psikologi UGM. Perkuliahan untuk International Undergraduate Program (IUP) di Psikologi UGM ini dilaksanakan secara terpisah dengan kelas reguler.

Program IUP Psikologi adalah kelas internasional yang banyak diminati. Banyak calon mahasiswa yang memilih jurusan ini untuk melanjutkan kuliahnya. Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang program ini!

Sekilas Tentang IUP Psikologi UGM

Fakultas Psikologi UGM menawarkan berbagai program baik itu jenjang S1 maupuan pascasarjana. Di jenjang S1 sendiri, kampus ini tidak hanya membuka perkuliahan untuk kelas reguler namun juga program internasional.

Meskipun berbeda dengan kelas reguler, pendidikan di program internasional memiliki kurikulum yang tidak jauh berbeda. Di sini, mahasiswa akan belajar tentang perilaku manusia melalui berbagai pendekatan dan metodologi.

Banyak orang memilih berkuliah di IUP Psikologi UGM karena berbagai keunggulannya. Program ini telah memiliki kualitas yang terjamin karena terakrediatsi oleh ASEAN University Network. Selain itu, mahasiswa di prorgam ini juga akan mendapat kesempatan untuk berkuliah di luar negeri dengan adanya program international academic exposure.

Program International Academic Exposure

Salah satu hal yang membedakan IUP dengan kelas reguler yaitu adanya program international academic exposure. Di program Psikologi sendiri, ada 2 program yaitu Inbound Student Mobility Program dan Outbond Student Mobility Program.

Inbound Student Mobility Program dibuka khusus untuk mahasiswa dari luar negeri. Program ini akan dilaksanakan selama 6 bulan di Fakultas Psikologi UGM. Mahasiswa dapat memilih course sesuai yang disediakan oleh UGM. Setiap course memiliki kredit yang berbeda-beda.

Program yang kedua yaitu Outbond Student Mobility Program yang dibuka untuk mahasiswa dari Indonesia. Program ini memungkinkan mahasiswa untuk berkuliah di luar negeri pada semester 5 atau 6. Mahasiswa yang ingin mengikuti program ini perlu mengikuti prosedur yang telah ditentukan dan bisa dilihat dalam gambar di bawah.

iup psikologi ugm

Baca juga Prospek Kerja Jurusan Psikologi, Apa Saja?

Universitas Partner di IUP Psikologi UGM

Program IUP Psikologi UGM telah membangun berbagai kerja sama dengan kampus di luar negeri. Kerja sama ini dijalin untuk meningkatkan kualitas perkuliahan dan mewadahi mahasiswa untuk program international academic exposure. Universitas rekan yang dimaksud yaitu:

  • The Hong Kong University of Science and Technology
  • Vrije Universiteit Amsterdam
  • Middlesex University London
  • Friedrich Schiller Universitat Jena
  • Harvard Medical School
  • University of Groningen
  • Universita Degli Studi Di Salerno
  • Chulalangkorn University
  • Lomonosov Moscow State University

Penerimaan Mahasiswa Baru

Program IUP Psikologi membuka pendaftaran mahasiswa baru setiap tahunnya. Jika ingin menjadi mahasiswa di program ini, peserta harus mengikuti seleksi yang diadakan secara khusus oleh UGM.

Syarat penerimaan mahasiswa baru untuk program internasional Psikologi yaitu:

  • Lulusan SMA/sederajat 3 tahun terakhir.
  • Memiliki nilai akademik yang baik.
  • Memiliki kemampuan bahasa Inggris minimal 500 (TOEFL ITP), atau 59-60 (TOEFL IBT), atau 5,0 (IELTS).
  • Memenuhi dokumen pendaftaran yang diminta oleh UGM.
  • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp1,5 juta.

Apabila telah memenuhi semua persyaratan administratif, peserta seleksi akan mengikuti serangkaian tes sesuai jadwal. Tes yang perlu dihadapi oleh peserta seleksi yaitu:

Hari Ujian Catatan
Hari ke-1 Academic English Proficiency Test (AcEPT) Materi: Listening, Structure, Reading.
Hari ke-2 Gadjah Mada Scholastic Test (GMST) Materi: Verbal, Quantitative, Reasoning
Hari ke-3 Essay Test Bagi yang lolos tes hari 1 dan 2
  Interview  

Apabila lulus, mahasiswa baru akan diminta membayar biaya perkuliahan. Biaya kuliah di program ini sama untuk setiap mahasiswa dan jumlahnya tetap. Bagi mahasiswa Indonesia, biaya kuliahnya yaitu Rp30 juta per semester. Sedangkan untuk mahasiswa asing, biaya kuliahnya yaitu Rp40 juta per semester.

Itulah artikel Yuk, Mengenal IUP Psikologi UGM, Rekan, dan Syarat Masuknya! Jika kamu berniat untuk menjadi mahasiswa di program ini, pastikan untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin supaya siap menghadapi seleksi.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Kelas Internasional UII – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dapat dilakukan dengan mengikuti program perkuliahan di universitas. Program pendidikan yang bisa diikuti tidaknya kelas reguler, namun ada juga program lainnya seperti kelas ekstensi dan...

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan pilihan banyak orang selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas. Pendidikan ini bisa didapat dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Di Indonesia sendiri, banyak yang...