Yuk Simak! Tips Wawancara Sekolah Kedinasan

oleh | Mei 4, 2023 | Blog, Tips | 0 Komentar

Tips wawancara sekolah kedinasan – Mendaftarkan diri ke sekolah kedinasan artinya kamu siap untuk mengikuti rangkaian seleksi masuknya. Sekolah kedinasan memiliki tahapan seleksi yang ketat dan juga beberapa tahapan tes yang panjang seperti, SKD, SKB, tes kesehatan, psikotes, kesamaptaan, dan juga tes wawancara.

Setiap tahapan tes tersebut tentunya membutuhkan persiapan yang matang, begitu juga dengan tes wawancara. Tes wawancara bukan hanya sekedar menjawab pertanyaan, tetapi dalam tes ini yang diujikan adalah mengenai karakter diri dan tentunya membutuhkan beberapa persiapan juga. Bagi kamu yang mendaftar sekolah kedinasan, yuk ikuti tips-tips tes wawancara sekolah kedinasan di bawah ini.

Baca Juga: Apa Saja Tahapan Tes Sekolah Kedinasan Tahun 2023? Simak Informasinya di sini!

Kenali Diri Sendiri

Hal mendasar yang kamu perlu persiapkan sebelum pelaksanaan tes wawancara adalah mengenali diri sendiri. Pertanyaan mengenai diri sendiri ini adalah pertanyaan umum yang biasa ditanyakan pada saat wawancara sekolah kedinasan. Pertanyaan ini bertujuan untuk melihat apakah kamu dapat mengenali diri sendiri atau tidak. Hal ini sepertinya terlihat sederhana, tetapi tak jarang banyak orang yang kesulitan dalam menceritakan mengenai diri sendiri. 

Pada hal ini kamu bisa mulai menanyakan kepada diri sendiri mengenai apa kekurangan dan kelebihan diri kamu, pengalaman apa saja yang telah kamu capai hingga saat ini. Sesi pertanyaan ini adalah waktu yang penting untuk kamu bisa menonjolkan kelebihan diri menggunakan prestasi, bakat, dan keterampilan yang dimiliki. Saat menjawab pertanyaan kamu juga harus terlihat yakin dan percaya diri, buat diri senyaman mungkin saat wawancara jangan duduk terlalu kaku, karena itu akan membuat kamu semakin gugup dan sulit untuk fokus.

Berpakaian Rapi

Tahapan tes wawancara tidak hanya menilai kecakapan kamu dalam menjawab setiap pertanyaan. Namun, juga melihat penampilan serta sikap saat wawancara. Pastikan kamu mengenakan pakaian yang sesuai dengan ketentuan, biasanya pada pengumuman peserta lolos akan diinformasikan terkait ketentuan berpakaian untuk tahapan selanjutnya. Pada umumnya, peserta tes wawancara sekolah kedinasan diharuskan memakai pakaian kemeja putih dengan celana hitam dan juga menggunakan sepatu berwarna hitam.

Selain penampilan, sikap juga merupakan salah satu aspek yang dinilai saat wawancara. Menjaga kontak mata dengan pewawancara merupakan salah satu sikap yang bisa kamu terapkan. Menjaga kontak mata bisa diartikan bahwa kamu fokus dan menyimak kegiatan wawancara yang sedang berlangsung. 

Perbanyak Simulasi Wawancara

Mungkin ada dari kamu yang sebelumnya belum pernah mengikuti tes wawancara baik dari sekolah kedinasan maupun tes wawancara lainnya. Jika begitu, kamu perlu untuk memperbanyak latihan simulasi wawancara. Simulasi wawancara bisa dilakukan dengan teman, kerabat, atau berbicara di depan cermin menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang kemungkinan akan ditanyakan, seperti apakah kamu bersedia tidak menikah selama masa pendidikan?, apakah kamu siap ditempatkan di daerah luar domisili?, apakah kamu siap untuk menjalani ikatan dinas dalam jangka waktu tertentu?, apa motivasi kamu masuk sekolah kedinasan? dan juga pertanyaan mengenai diri sendiri.

Selain mengenai pertanyaan pribadi, kamu juga perlu untuk mengenali sekolah kedinasan yang dituju. Mengenali sekolah kedinasan yang dituju bisa memperlihatkan keseriusan kamu dalam mendaftar sekolah kedinasan tersebut dan tentunya akan menjadi nilai tambahan sendiri.

Jujur

Tips lainnya saat melaksanakan tes wawancara masuk kedinasan yang perlu kamu terapkan adalah kejujuran. Jawab seluruh pertanyaan yang diberikan dengan jujur tanpa melebih-lebihkan yang sebenarnya tidak benar. Saat melaksanakan wawancara memang jawaban-jawaban terbaik sangat dibutuhkan, agar terlihat pantas untuk diterima ke sekolah kedinasan. Namun, jika jawaban yang kamu berikan tidak sesuai dengan diri sendiri kamu yang akan direpotkan ke depannya.

Itulah tips-tips tes wawancara sekolah kedinasan, semoga bisa membantu kamu, ya. Pastikan kamu mengikuti tes dengan baik dan jangan lupa untuk ikuti tips-tips di atas.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.