Sejarah Dan Pendaftaran Fakultas Kedoktearan UNCEN

oleh | Apr 7, 2020 | Blog, Kedokteran, PTN | 0 Komentar

Sejarah Kedokteran UNCEN ( Universitas Cendrawasih ) – Universitas Cenderawasih merupakan perguruan tinggi negeri tertua di tanah Papua, tidak terlepas dari perjalanan panjang sejarah pendidikan di Papua. Sejak awal peran gereja baik Protestan pada tahun 1856 dan Katholik tahun 1921 telah memberikan kontribusi yang signikan terhadap penyelenggaraan awal pengembangan pendidikan di Papua antara lain telah berdirinya Sekolah Desa (Dorpschool), Sekolah Sambung (Vervolgscool), Sekolah Teknik Rendah (Lagere Techische School), Sekolah Kerumahtangga (Huis shoudscool), Sekolah Guru (Kweekschool), dan Sekolah Tingkat Menengah yaitu HBS (Hobere Burger School) terdapat di Hollandia (Jayapura).

Dengan pendidikan yang terbatas ini tidak mematahkan semangat Pemerintah Indonesia untuk membuka salah satu pendidikan tinggi di tanah Papua, sehingga pada tanggal, 10 November 1962, di kota baru (Jayapura sekarang) berdasarkan Keputusan Presiden RI No.389, tanggal 31 Desember 1962 dan Keputusan bersama WAMPA / Kordinator Urusan Irian Barat (sekarang Papua), dan Menteri PTIP. No.140 / PTIP/ 1962 tanggal 10 November 1962. Saat itu Irian Barat secara Administrasi masih dibawah Pemerintahan United Nations For Temporary Authority (UNTEA).

Kenali juga sejarah dan Informasi Fakultas Kedokteran UKDW

Mengenl Visi Dan Misi Dari Fakultas Kedokteran UNCEN

Visi dari fakultas kedokteran UNCEN – untuk menjadikan fakultas kedokteran terakreditasi A dan juga mempunyai keunggulan pada bidang kedokteran tropis pada tahun 2020.

Misi Dari Fakultas Kedokteran UNCEN

  1. Penguatan manajemen
  2. Penguatan SDM adakdemik dan Non Akademik
  3. Penguatan Sarana Prasarana
  4. Penguatan Proses Belajar dan Mengajar
  5. Penguatan Kerja Sama
  6. Penguatan iklim akademik dalam rangka pengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat
  7. Penguatan sistem evaluasi, monitoring dan pemeliharaan

Mengenal 2 Program Studi Fakultas Kedoktearn UNCEN

  • Ilmu Keperawatan – Ilmu Keperawatan merupakan bidang studi yang menyiapkan kamu menjadi seorang perawat. Di jurusan ini Quipperian akan mempelajari teori dan teknologi baru untuk mengembalikan dan merawat kesehatan mental dan fisik seseorang yang mengidap suatu penyakit dan penyandang disabilitas. Bidang spesialisasi untuk setiap kelas perawat antara lain perawat dewasa, perawat anak-anak, perawat manula, perawat untuk mental, dan perawatan jalan.
  • Pendidikan Dokter – Ketika berkuliah di Pendidikan Dokter kamu akan mempelajari cara mendiagnosis penyakit yang dialami pasien kemudian mengobati dan mencegah timbulnya kembali penyakit itu. Selama kuliah kamu banyak belajar anatomi tubuh manusia, biologi sel dan molekuler, genetika, biokimia, dan juga farmakologi. Anda juga dibekali dengan latihan keterampilan dalam skill lab. Nah setelah fase perkuliahan pre-klinik, kamu bakalan dapat pelatihan dasar di berbagai stase di Rumah Sakit. Setelah itu, langsung diputuskan mau langsung ambil program spesialisasi atau bekerja pada institusi kesehatan.

Informasi Pendaftaran Online Jalur Bidik Misi UNCEN

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh Pemerintah kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu (miskin).

  • Calon peserta yang ingin mendaftar terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah.
  • Selanjunya dapat melakukan pendaftaran secara online melalui website resmi bidikmisi yaitu ( bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id )
  • Setelah mendaftar Bidikmisi, kemudian mendaftarkan diri mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur nasional.

Informasi Pendaftaran Online SNMPTN UNCEN

SNMPTN merupakan salah satu jalur seleksi undangan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berpretasi yang seleksinya dilakukan tanpa tes. SNMPTN ini diperuntukkan bagi siswa yang mendapatkan jalur undangan. Siswa yang tidak mendapat jalur undangan tidak bisa mendaftarkan diri mengikuti seleksi SNMPTN. Bagi siswa yang tidak bisa mengikuti seleksi SNMPTN, siswa bisa mengikuti seleksi jalur SBMPTN.

3 tahapan untuk bisa mengikuti seleksi jalur SNMPTN yaitu:

  1. pengisian PDSS oleh sekolah dan verifikasi oleh siswa dilaman PDSS pada alamat pdss.snmptn.ac.id
  2. pemeringkatan oleh panitia
  3. pendaftaran SNMPTN oleh siswa di alamat web.snmptn.ac.id 

Informasi Pendaftaran Online Jalur SBMPTN UNCEN

Selain SNMPTN, ada pula jalur seleksi nasional lainnya yaitu SBMPTN. Jalur SBMPTN merupakan jalur seleksi yang bertujuan mencari dan menjaring calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik serta memberi peluang bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah.

Untuk melakukan pendaftaran, calon mahasiswa membuka laman resmi SBMPTN yaitu pendaftaran.sbmptn.ac.id.

  • Calon mahasiswa melakukan pengisian data tahap awal
  • kemudian membayar biaya pendaftaran.
  • Selanjutya login kembali ke alamat tersebut menggunakan nomor KAP (Kode Akses Pendaftaran) dan PIN yang telah didapatkan setelah membayar di Bank.
  • Kemudian calon mahasiswa mengisi data-data lengkap dan benar sesuai ketentuan yang tersedia.

Informasi Lainya Mengenai Kedokteran :

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Beragam Informasi Terkait Kedokteran UGM

Beragam Informasi Terkait Kedokteran UGM

Kedokteran UGM – Universitas Gadjah Mada atau UGM masih menjadi incaran banyak masyarakat Indonesia untuk melanjutkan kuliah. Sebagai institusi pendidikan berbentuk universitas, terdapat berbagai program studi yang dibuka oleh UGM. Kampus yang terletak di Bulaksumur...