12 Pilihan Sekolah Kedinasan Gratis di Indonesia, Cek, Yuk!

oleh | Nov 1, 2021 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Sekolah Kedinasan Gratis – Salah satu hal yang perlu untuk dipertimbangkan ketika akan melanjutkan pendidikan yaitu terkait biaya. Rencana biaya ini perlu disiapkan dengan matang karena dapat mempengaruhi berjalannya pendidikan.

Jika kamu khawatir terkait biaya pendidikan ini, ada pilihan lain yang bisa diambil. Di Indonesia, terdapat banyak sekolah kedinasan yang menjalankan program ikatan dinas. Perguruan tinggi dengan program ini tidak memungut biaya pendidikan ke mahasiswa atau gratis.

Sekolah kedinasan merupakan perguruan tinggi yang berada dalam naungan lembaga pemerintah. Peserta didik yang masuk ke sekolah kedinasan dengan ikatan dinas akan mendapat keringanan biaya pendidikan. Kemudian, setelah lulus akan langsung bekerja di bawah pemerintah.

Bisa berkuliah secara gratis tentunya merupakan keinginan banyak orang. Berikut ini daftar sekolah kedinasan gratis yang bisa kamu pilih ketika ingin melanjutkan pendidikan.

Akademi Polisi (AKPOL)

Pilihan sekolah kedinasan yang pertama yaitu Akademi Kepolisian atau AKPOL. Sekolah kedinasan ini berada dalam lingkup Kepolisian RI dan lulusannya akan langsung diangkat menjadi anggota Polri. Sekolah kedinasan ini cocok jika kamu bercita-cita untuk bisa menjadi seorang polisi.

Akademi Militer (AKMIL)

Akademi Militer atau AKMIL adalah sekolah kedinasan untuk mendidik dan melatih calon prajurit TNI Angkatan Darat. Sekolah kedinasan ini menerapkan sistem ikatan dinas sehingga taruna tidak perlu membayar biaya pendidikan. Setelah lulus, taruna akan diangkat menjadi prajurit TNI AD.

Akademi Angkatan Udara (AAU)

Bagi kamu yang ingin menjadi bagian dari TNI Angkatan Udara, Akademi Angkatan Udara atau AAU merupakan pilihan yang tepat. Perguruan tinggi ini dibuka khusus untuk pendidikan dan pelatihan calon prajurit TNI AU. Sekolah ini menyelenggarakan pendidikan secara gratis sehingga kamu tak perlu khawatir terkait biaya.

Akademi Angkatan Laut (AAL)

Pilihan sekolah kedinasan gratis lainnya yaitu Akademi Angkatan Laut atau AAL. Sesuai namanya, sekolah kedinasan ini dibuka khusus untuk pendidikan dan pelatihan calon prajurit TNI Angkatan Laut. Kamu bisa memilih perguruan tinggi ini jika tertarik untuk menjadi prajurit TNI AL.

Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN)

Politeknik Keuangan Negara atau PKN STAN merupakan sekolah kedinasan dalam naungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Sekolah kedinasan ini didirikan khusus memberi pendidikan kepada masyarakat Indonesia terkait pengelolaan keuangan negara. Setelah lulus, mahasiswa akan ditempatkan di pemerintah sesuai kebutuhan.

Baca juga Apa Saja Sekolah Kedinasan yang Ada di Jogja?

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Sekolah kedinasan yang berikutnya yaitu Insititut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN. Perguruan tinggi ini berada dalam naungan Kementerian Dalam Negeri dan fokus dalam pendidikan di bidang pemerintahan. Lulusannya akan ditempatkan di bagian pemerintahan baik di pusat ataupun daerah.

Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

Politeknik Siber dan Sandi Negara atau Poltek SSN adalah sekolah kedinasan yang berada dalam naungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Perguruan tinggi kedinasan ini termasuk yang menyelenggarakan pendidikan dengan ikatan dinas sehingga mahasiswa tidak dipungut biaya.

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP)

Sekolah kedinasan lain yang bisa kamu pilih yaitu Politeknik Ilmu Pemasyarakatan. Sekolah kedinasan dalam naungan Kementerian Hukum dan HAM ini fokus pada pendidikan di bidang pemasyarakatan. Selama pendidikan, taruna tidak dipungut biaya dan setelah lulus akan ditempatkan di UPT Pemasyarakatan seluruh Indonesia.

Politeknik Imigrasi (POLTEKIM)

Politeknik Imigrasi atau POLTEKIM merupakan sekolah kedinasan yang berada dalam naungan Kemenkumham, sama seperti POLTEKIP. Bedanya, sekolah kedinasan ini memiliki disiplin ilmu yang berbeda yaitu di bidang keimigrasian. Lulusan dari POLTEKIM kemudian akan ditempatkan di bagian imigrasi.

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Sekolah Tinggi Intelijen Negara atau STIN juga termasuk sebagai sekolah kedinasan yang memberikan pendidikan gratis. Taruna akan dididik dan dilatih untuk bisa memenuhi kebutuhan agen dan intel. Lulusannya sendiri akan ditempatkan di berbagai lembaga sesuai dengan kebutuhan pemerintah.

Politeknik Statistika (Polstat STIS)

Politeknik Statistika atau Polstat STIS merupakan sekolah kedinasan lainnya yang bisa kamu pilih jika ingin mendapatkan pendidikan gratis. Perguruan tinggi ini berada dalam naungan Badan Pusat Statistik dan pendidikannya berfokus di bidang statistik. Setelah lulus, mahasiswa akan ditempatkan di BPS seluruh Indonesia.

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

Pilihan yang selanjutnya yaitu Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau STMKG. Sekolah kedinasan ini berada dalam naungan BMKG. Pendidikan di sekolah kedinasan ini fokus pada bidang meteorologi, klimatologi, geofisika, dan instrumentasi. Lulusannya kemudian akan ditempatkan di BMKG.

Itulah daftar 12 sekolah kedinasan gratis di Indonesia, cek, yuk! Kamu bisa memilih salah satu sekolah di atas jika ingin mendapatkan pendidikan gratis dengan sistem ikatan dinas.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…