Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Kenalan dengan Jurusan Astronomi, Jurusan Langka di Indonesia

Kenalan dengan Jurusan Astronomi, Jurusan Langka di Indonesia

Astronomi merupakan salah satu ilmu tertua. Astronomi adalah cabang ilmu yang mempelajari semua benda dan fenomena luar bumi. Kamu penasaran dan ingin tahu lebih lanjut terkait jurusan Astronomi? Yuk, kenalan lebih jauh dengan jurusannya di sini!

12 Tips Mengerjakan Skripsi dengan Cepat untuk Mahasiswa Tingkat Akhir

oleh | Mar 5, 2022 | Blog, Tips | 0 Komentar

Tips Mengerjakan Skripsi Cepat – Skripsi menjadi tantangan akhir yang harus dihadapi mahasiswa akhir untuk bisa lulus dan meraih gelar sarjana. Agar mendapatkan gelar sarjana, ada banyak tahapan yang harus dijalankan salah satunya adalah menyelesaikan skripsi. Skripsi merupakan karya imiah berupa tugas akhir untuk syarat kelulusan mahasiswa.

Setelah mendapat acc dari dosen pembimbing, langkah selanjutnya adalah mengerjakan skripsi. Namun, tidak semua mahasiswa akhir mampu menyelesaikan skripsi dengan lancar. Skripsi seringkali membuat mahasiswa tertekan dan berakhir malas mengerjakan skripsi.

Beberapa mahasiswa membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikannya. Rata-rata waktu pengerjaan skripsi tercepat antara 2 sampai 3 bulan. Selebihnya ada yang bisa mengerjakan lebih cepat.

Mengerjakan skripsi tidak sesulit yang dibayangkan jika kamu mengetahui tips mengerjakan skripsi dengan cepat. Sebagai mahasiswa tingkat akhir, tentu kamu harus menyelesaikan skripsi karena ini sangat berpengaruh untuk kelulusanmu. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk bisa mengerjakan skripsi. Berikut tips-tips yang bisa diikuti agar kamu bisa menyelesaikan skripsi dengan cepat.

Niat Menyelesaikan Skripsi

Hal yang utama adalah mengumpulkan niat untuk menyelesaikan skripsi. Usahakan membuka laptop setiap hari walaupun kamu hanya mengerjakan 1 paragraf. Kamu harus membuat progress setiap minggunya agar tidak membuatmu malas dalam mengerjakan skripsi.

Buat Jadwal dan Target Deadline

Jadwal dan target deadline perlu dibuat agar bisa tahu kapan skripsi bisa selesai tepat pada waktunya. Tetapkan waktu untuk menyelesaikan bab tertentu dalam jangka waktu tertentu. Misalnya, menyelesaikan bab 1 dalam jangka waktu 1 bulan.

Hal ini bisa menjadi motivasi ketika kamu melihat jadwal dan target timeline skripsimu. Kamu juga bisa membuat jadwal kapan harus bertemu dengan dosen pembimbing. Deadline bisa bermanfaat untuk dapat menyelesaikan skripsimu dengan cepat.

Baca juga 9 Tips Jitu Agar Cepat Lulus Kuliah

Banyak Membaca Referensi

Cara cepat menyelesaikan skripsi pastinya membutuhkan referensi yang banyak. Banyak mahasiswa yang terkendala mengerjakan skripsi karena kurangnya bahan referensi. Perbanyak membaca referensi jurnal dari situs ilmiah yang terpercaya.

Kamu bisa mencari referensi di perpustakaan kampus, fakultas, atau perpustakaan kota. Cari sumber yang memiliki hubungan langsung dengan skripsi yang kamu kerjakan. Selain itu, kamu juga bisa mencari referensi di website academia, google scholar, sciencedirect, researchgate, dan DOAJ. Jangan lupa untuk kamu menyertakan sumber-sumber tersebut ke dalam daftar referensi di skripsimu nanti.

Memberi Self Reward Setiap Mencapai Target

Self reward atau memberi penghargaan kepada diri sendiri juga perlu setelah mencapai target dalam mengerjakan skripsi. Kamu bisa memberikan self reward dalam bentuk membeli makanan enak, pergi jalan-jalan, atau membeli barang yang disuka.Tentunya ini dilakukan ketika kamu sudah mencapai target ya. Hal ini berguna untuk menghargai diri sendiri dan memotivasi kamu untuk mencapai target selanjutnya dalam mengerjakan skripsi.

Rajin Konsultasi dengan Dosen Pembimbing

Dosen Pembimbing berkewajiban membantu mahasiswa bimbingannya dalam mengerjakan skripsi. Jangan lupa untuk selalu menjalin komunikasi yang baik dengan dosen pembimbing. Jika komunikasi tidak baik akan menimbulkan ketidaktepatan isi skripsi yang kamu kerjakan.

Bertukar Pikiran dengan Teman atau Kakak Tingkat

Tips selanjutnya yaitu berdiskusi dan bertukar pikiran dengan teman atau kakak tingkat. Sehingga kamu bisa mendapatkan gambaran dan informasi lebih. Berkumpul dengan teman seperjuangan mengerjakan skripsi kamu bisa termotivasi dalam mengerjakan skripsimu.

Mendapat Dosen Pembimbing yang Sesuai Topik dan Kooperatif

Memilih dosen pembimbing merupakan hal yang penting juga. Ini merupakan salah satu faktor cepat tidaknya kamu menyelesaikan skripsi. Usahakan kamu bisa mendapat dosen pembimbing yang kooperatif dan sesuai dengan topik skripsimu.

Penentuan dosen pembimbing berbeda-beda di masing-masing kampus. Ada beberapa kampus yang menentukan sendiri dosen pembimbing dengan mahasiswanya berdasarkan topik yang dikerjakan. Namun, ada juga kampus yang membebaskan mahasiswanya memilih sendiri dosen pembimbing.

Manajemen Waktu yang Baik

Kendala yang biasa ditemui mahasiswa akhir adalah kesulitan dalam manajemen waktu. Mengatur waktu untuk mengerjakan skripsi memang tidak mudah. Dibutuhkan kedisiplinan yang tinggi dan manajemen waktu yang baik.

Kurangi Kegiatan Ekstra Kurikuler atau Kegiatan di Luar Kampus

Bagi kamu mahasiswa tingkat akhir, kamu sudah jarang aktif di kegiatan ekstra kurikuler atau organisasi di kampus. Karenanya, kurangilah kegiatan di kampus jika ingin cepat menyelesaikan skripsi. Bagi kamu yang bekerja atau magang, usahakan untuk dapat membagi waktu dengan baik antara bekerja dan mengerjakan skripsi, ya.

Tentukan Topik dan Judul Skripsi yang Sesuai Minatmu

Seringkali beberapa mahasiswa terkendala menentukan topik dan judul skripsi. Padahal hal ini merupakan bagian penting dalam menyusun skripsi. Terkadang kebanyakan mahasiswa terlalu pemilih dalam menentukan judul dan topik yang ingin dibahas.

Hindari judul skripsi yang terlalu sulit untuk diselesaikan. Kuasai juga topik yang kamu angkat dalam skripsi. Jangan sampai kamu memilih topik yang tidak dikuasai yang nantinya akan menjadi penghambat penyelesaian skripsimu kedepannya.

Kerjakan di Tempat yang Kondusif/Tenang

Pemilihan tempat saat mengerjakan skripsi menjadi hal yang sangat penting. Mengerjakan skripsi di tempat yang kondusif, maka kamu bisa mengerjakan skripsi dengan mudah. Karena tingkat konsentrasi yang dimiliki menjadi lebih tinggi. Banyak sekali tempat kondusif yang nyaman seperti perpustakaan, kamar, dan café belajar.

Ketersediaan Data Skripsi

Data merupakan hal penting dalam skripsi karena suatu penelitian tidak akan dianggap valid jika tidak tersaji data di dalamnya. Pastikan data yang dibutuhkan tersedia untuk digunakan dalam skripsi. Sumbernya bisa dari buku, jurnal, website, atau dengan penelitian langsung.

Itulah 12 Tips Mengerjakan Skripsi dengan Cepat untuk Mahasiswa Tingkat Akhir. Semoga beberapa tips di atas dapat membantu kamu untuk menyelesaikan skripsi dengan cepat.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!