Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

4 Jalur Masuk ITS yang Perlu Kamu Ketahui

oleh | Agu 15, 2022 | Blog, Jalur Masuk PTN | 0 Komentar

Jalur Masuk ITS – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merupakan salah satu kampus yang favorit dan ternama di Indonesia. ITS menyelenggarakan beberapa program, antara lain program vokasi, sarjana, magister, doktor, internasional, profesi insinyur, dan kuliah terapan. Banyak sekali program yang bisa kamu pilih.

Bagi kamu yang tertarik untuk kuliah di ITS, ada 4 jalur masuk yang dibuka oleh ITS, antara lain jalur SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Prestasi, dan Seleksi Kemitraan & Mandiri. Setiap jalur memiliki ketentuan, daya tampung, dan tanggal pelaksanaan masing-masing.  Yuk, simak selengkapnya 4 jalur masuk ITS berikut ini.

SNMPTN

Sebagai perguruan tinggi negeri, ITS membuka jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN). Seleksi ini merupakan sistem ujian saringan masuk PTN yang dilaksanakan secara nasional oleh LTMPT. Pola seleksi nasional ini berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya.

Ketentuan

Jalur SNMPTN dibuka untuk semua prodi sarjana ITS dan hanya menerima siswa dari jurusan eksakta, kecuali prodi Desain Produksi Industri, Manajemen Bisnis dan Studi Pembangunan menerima juga siswa dari jurusan non-eksakta. Khusus peminat prodi Desain Produk Industri, Desain Komunikasi Visual, dan Desain Interior, Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital, diharuskan mengunggah portofolio Bidang Ilmu Seni Rupa.

SBMPTN

Jalur seleksi selanjutnya yaitu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Jalur ini adalah sistem ujian saringan masuk PTN yang dilaksanakan secara nasional oleh LTMPT. Seleksi ini menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.

Jalur SBMPTN dibuka untuk semua prodi sarjana ITS. Jalur SBMPTN terbuka untuk lulusan jurusan eksakta dari SMA/MA/SMK. ITS juga menerima calon mahasiswa dari non-eksakta untuk prodi Desain Produk Industri, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Perencanaan Wilayah dan Kota, tetapi harus mempunyai nilai UTBK Saintek. Untuk prodi Manajemen Bisnis dan Studi Pembangunan, calon mahasiswa harus mempunyai nilai UTBK Soshum.

Baca juga Daftar Program Studi IUP ITS, Rekan, dan Syarat Mahasiswa Baru

Seleksi Prestasi

Seleksi Prestasi adalah pola seleksi yang diselenggarakan secara mandiri oleh ITS untuk pelajar berprestasi. Seleksi ini menggunakan nilai rapor dan didukung oleh prestasi-prestasi akademik dan non-akademik. Penerimaan mahasiswa jalur ini dibuka pada semua prodi yang terbagi dalam 6 fakultas, kecuali Program IUP. Peserta seleksi dapat memilih langsung prodi yang diminati, dengan maksimal 2 pilihan prodi.

Seleksi Prestasi Program Sarjana memberi kesempatan bagi lulusan SMA/MA/SMK pada 3 tahun terakhir dengan tujuan menjaring calon mahasiswa yang berkualitas dan membuka kesempatan berupa alternatif seleksi dengan menggunakan nilai prestasi yang sudah dimiliki, selain melalui SNMPTN.

Ketentuan

Jalur ini dibuka untuk semua prodi sarjana yang diselenggarakan oleh ITS dan hanya menerima siswa dari jurusan eksakta, kecuali prodi Desain Produk Industri, Manajemen Bisnis, dan Studi Pembangunan menerima juga siswa dari jurusan non-eksakta. Ketentuan bagi pendaftar dari SMK perlu menyesuaikan relevansi jurusan sebelumnya dengan prodi yang dipilih.

Kategori Prestasi

Dalam proses seleksi, panitia seleksi akan mempertimbangkan prestasi atau penghargaan yang dibuktikan dengan dokumen bukti prestasi. Pendaftar Seleksi Prestasi diwajibkan memiliki minimal satu prestasi sesuai kriteria. Prestasi yang dapat diunggah bukti capaiannya, antara lain:

  • Juara lomba tingkat kabupaten, provinsi, nasional, dan internasional
  1. Olimpiade Sains
  2. Olahraga
  3. Seni
  4. Karya Ilmiah
  • Penghafal Kitab Suci
  • Pengalaman organisasi (ketua, wakil, atau anggota)
  • Peringkat 1-15 final siswa di sekolah (mengikuti ketentuan pemeringkatan siswa eligible SNMPTN)
  • Pengalaman ketua panitia

Semua prestasi yang diunggah harus dilampiri bukti prestasi, yakni dengan sertifikat, piagam penghargaan, surat keterangan, atau surat rekomendasi dari Kepala Sekolah.

Khusus peminat prodi Desain Produk Industri, Desain Komunikasi Visual, dan Desain Interior, Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital, diharuskan mengunggah Portofolio Desain.

Seleksi Kemitraan & Mandiri

Pola seleksi ini diselenggarakan secara mandiri oleh ITS untuk masyarakat umum yang berminat kuliah di ITS pada program Sarjana. Seleksi ini menggunakan nilai UTBK yang diselenggarakan oleh LTMPT atau nilai TKA ITS atau UMDES ITS (khusus program studi desain) yang diselenggarakan oleh ITS.

Dalam pelaksanaannya, SKM ITS dibedakan menjadi 2 seleksi, yaitu Seleksi Kemitraan dan Seleksi Mandiri, yang keduanya diselenggarakan dalam satu periode pendaftaran. Peserta SKM hanya bisa memilih satu seleksi: Seleksi Kemitraan atau Seleksi Mandiri. Seleksi Kemitraan dan Mandiri memberi kesempatan bagi lulusan SMA/MA/SMK pada 3 tahun terakhir dengan tujuan:

  • Menjaring calon mahasiswa yang berkualitas
  • Meningkatkan kerja sama dan pemerataan kesempatan

Penerimaan mahasiswa jalur ini dibuka pada semua prodi yang terbagi dalam 6 fakultas, kecuali Program IUP. Peserta dapat memilih langsung prodi yang diminati dengan maksimal 2 pilihan prodi.

Bagi kamu yang tertarik untuk kuliah di ITS, jangan lupa perhatikan 4 Jalur Masuk ITS yang Perlu Kamu Ketahui di atas ya. Semoga bermanfaat!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…