5 Fakta Nilai UTBK yang Perlu untuk Dipahami

oleh | Sep 29, 2021 | Blog, Jalur Masuk PTN | 0 Komentar

Nilai UTBK – Bagi yang sedang berjuang untuk masuk kuliah, tentu sudah tidak asing lagi dengan Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK. Ujian ini diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTPMT) dan dipakai sebagai syarat untuk mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi.

Tes UTBK dilaksanakan secara serempak di seluruh Indonesia. Semua masyarakat yang memenuhi persyaratan bisa mengikuti ujian ini. Hasil dari tes yang berupa nilai UTBK kemudian akan digunakan untuk seleksi masuk di perguruan tinggi.

Ujian Tulis Berbasis Komputer sendiri memiliki 2 jenis tes utama. Tes pertama yaitu Tes Potensi Skolastik atau TPS yang diadakan untuk mengetahui kemampuan peserta dalam bidang penalaran, kuantitatif, bacaan, dan lain-lain. Sedangkan tes berikutnya yaitu Tes Potensi Akademik (TKA) yang disesuaikan dengan jurusan tujuan yaitu Saintek atau Soshum.

Hasil dari 2 tes tersebut kemudian akan diberikan kepada peserta dalam bentuk skor. Berikut ini beberapa fakta tentang nilai UTBK yang perlu untuk kamu ketahui.

Digunakan untuk Seleksi SBMPTN

Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK memiliki tujuan utama yaitu hasilnya digunakan untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Nilai yang diperoleh kemudian akan diberikan kepada perguruan tinggi yang bersangkutan untuk kemudian diseleksi bersama pendaftar yang lainnya.

Penerapan hasil UTBK untuk SBMPTN ini telah diberlakukan sejak tahun 2019. Hasil ujian yang diperoleh dapat digunakan untuk pendaftaran mahasiswa di tahun yang sama. Artinya, jika kamu mengikuti UTBK di tahun 2021, hasil tersebut hanya berlaku untuk pendaftaran di tahun 2021 saja dan tidak bisa dipakai di tahun berikutnya.

Standar Nilai UTBK yang Aman untuk SBMPTN

nilai utbk

Nilai UTBK yang diberikan kepada peserta dituliskan dalam bentuk ratusan misalnya yaitu 607. Berdasarkan hasil ujian yang telah dilakukan, setidaknya ada 3 kelompok hasil ujian berdasarkan skor tersebut yaitu di bawah 500, antara 500-700, dan di atas 700.

Melihat pengelompokkan tersebut, bisa dikatakan bahwa nilai aman untuk bisa lolos SBMPTN yaitu di atas 500. Berdasarkan hasil seleksi tahun 2021, skor rata-rata yang diterima untuk Saintek yaitu 549,35 dan 542,11 untuk Soshum. Meskipun begitu, jika ingin benar-benar aman terutama untuk yang mendaftar ke prodi atau kampus favorit, setidaknya perlu skor >600.

Setiap Jurusan dan Kampus Memiliki Standar yang Berbeda

Seperti telah disebutkan sebelumnya, nilai UTBK untuk bisa lolos SBMPTN memiliki standar tertentu yaitu sekitar 500. Namun, standar tersebut tidak bisa dipukul rata untuk semua perguruan tinggi. Beberapa program studi di kampus tertentu mungkin memiliki standar nilai yang lebih tinggi.

Standar yang berbeda ini mungkin terjadi karena seleksi mahasiswa baru dilakukan sesuai dengan masing-masing program studi. Perangkingan dilakukan menyesuaikan dengan pendaftar yang memilih program studi yang sama.

Baca juga LTMPT Adalah Penyelenggara Tes Perguran Tinggi, Cari Tahu, Yuk!

Bisa Dipakai untuk Mendaftar Jalur Mandiri PTN dan PTS

Nilai UTBK tidak hanya bisa digunakan untuk keperluan seleksi mahasiswa baru jalur SBMPTN. Beberapa perguruan tinggi membuat kebijakan untuk mengadakan seleksi dengan menggunakan skor ini. Penggunaan nilai ini dilakukan dalam seleksi mandiri di masing-masing perguruan tinggi.

Beberapa perguruan tinggi yang membuka seleksi mandiri dengan menggunakan skor UTBK di tahun 2021 yaitu:

  • Universitas Negeri Yogyakarta
  • Universitas Negeri Malang
  • Universitas Padjajaran
  • Institut Pertanian Bogor
  • Institut Teknologi Bandung
  • Telkom University
  • Universitas Trisakti
  • Universitas Kristen Indonesia
  • Universitas Pancasila

Dibutuhkan Sebagai Syarat Daftar PKN STAN

Hasil tes UTBK tidak hanya digunakan untuk seleksi di perguruan tinggi umum saja. Di tahun 2021, peserta yang ingin mendaftar sekolah kedinasan PKN STAN juga diharuskan untuk melampirkan skor UTBK. Artinya, peserta yang tidak memiliki nilai ini akan dinyatakan gugur dan tidak bisa mengikuti seleksi masuk PKN STAN.

Itulah 5 fakta nilai UTBK yang perlu untuk dipahami. Hasil ujian masuk kampus ini banyak digunakan dan dibutuhkan dalam seleksi mahasiswa baru. Jika kamu ingin mengikuti UTBK, pastikan mempersiapkan diri sebaik mungkin.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Kelas Internasional UII – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dapat dilakukan dengan mengikuti program perkuliahan di universitas. Program pendidikan yang bisa diikuti tidaknya kelas reguler, namun ada juga program lainnya seperti kelas ekstensi dan...

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan pilihan banyak orang selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas. Pendidikan ini bisa didapat dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Di Indonesia sendiri, banyak yang...