Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

LTMPT Adalah Penyelenggara Tes Perguruan Tinggi, Cari Tahu, Yuk!

oleh | Sep 3, 2021 | Blog, Jalur Masuk PTN | 0 Komentar

LTMPT Adalah – Bagi para pejuang perguruan tinggi tentu sering mendengar LTMPT. Lembaga ini sering disebut ketika membicarakan seleksi masuk perguruan tinggi terutama untuk PT dengan status negeri.

Seorang calon mahasiswa perlu untuk mengenal apa itu LTMPT. Mudahnya, lembaga ini merupakan penyelenggara seleksi dan tes untuk masuk ke perguruan tinggi. Berbagai seleksi tingkat nasional untuk masuk perguruan tinggi diselenggarakan oleh lembaga ini.

Apa, sih, sebenarnya LTMPT itu? Yuk, cari tahu penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu LTMPT?

Kepanjangan LTMPT adalah Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi. Lembaga ini memiliki tugas untuk menyelenggarakan tes untuk masuk perguruan tinggi. LTMPT bekerja sama dengan Perguruan Tinggi Negeri atau PTN untuk pengadaan seleksinya.

LTMPT adalah lembaga yang menyelenggarakan tes masuk perguruan tinggi. Pengadaannya sendiri dilakukan secara terstruktur dan terukur. Lembaga ini juga menganut 5 asas yaitu:

  • Adil
  • Transparan
  • Fleksibel
  • Efisien
  • Akuntabel

Latar Belakang Dibentuknya LTMPT Adalah

LTMPT adalah lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi yang resmi berdiri pada 4 Januari 2019. Lembaga ini diresmikan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia untuk meningkatkan kualitas penerimaan mahasiswa.

Proses seleksi mahasiswa baru sangatlah penting untuk menjamin kualitas peserta didik dan pendidikan di Indonesia. Beberapa hal yang diperlukan dalam proses seleksi ini yaitu:

  • Tes yang bisa memprediksi kemampuan calon mahasiswa untuk menyelesaikan pendidikan.
  • Tes kompetensi calon mahasiswa di program studi tertentu.
  • Keperluan lembaga permanen yang dapat melaksanakan tes dengan standar nasional.

Berdasarkan kebutuhan tersebut, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT dibentuk. Adanya lembaga ini akan memberikan persepsi positif yaitu:

  • Indonesa memiliki lembaga permanen berstandar nasional untuk tes masuk perguruan tinggi.
  • Tes yang diadakan oleh LTMPT bisa dilaksanakan dan diikuti berkali-kali.
  • Peserta akan mendapatkan hasil tes secara transparan.

Baca juga Apa Sebenarnya Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN?

Fungsi Lembaga Ini

Secara garis besar, LTMPT memiliki 3 fungsi utama yaitu:

  • Mengelola dan mengolah data calon mahasiswa sebagai bahan pertimbangan seleksi jalur SNMPTN yang akan diberikan kepada rektor PTN.
  • Mengelola dan mengolah data untuk bahan seleksi calon mahasiswa baru jalur SBMPTN yang akan diserahkan kepada rektor PTN.
  • Menyelenggarakan Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK.

Tujuan LTMPT Adalah

Pembentukan LTMPT juga memiliki 3 tujuan utama yaitu:

  • Menyelenggarakan tes untuk masuk perguruan tinggi yang dilaksanakan secara kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel.
  • Membantu perguruan tinggi untuk bisa mendapatkan calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi berdasarkan nilai akademik dan/atau prestasi lainnya.
  • Memperoleh calon mahasiswa terbaik yang didapat dari hasil seleksi berupa SNMPTN, UTBK-SBMPTN, dan kriteria lainnya.

Seleksi yang Dikelola oleh LTMPT

LTMPT adalah lembaga yang memiliki tugas untuk mengumpulkan data terkait calon mahasiswa. Data tersebut kemudian diberikan kepada perguruan tinggi sebagai bahan pertimbangan seleksi mahasiswa baru. LTMPT sendiri bertanggung jawab untuk dua jalur seleksi yaitu sebagai berikut.

SNMPTN

LTMPT memiliki tanggung jawab untuk seleksi jalur SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk PTN. Pada jalur ini, LTMPT bertugas untuk mengumpulkan data seperti nilai rapor siswa, prestasi, atau portofolio siswa yang akan digunakan untuk penilaian SNMPTN. Sekolah dan siswa akan mengisikan informasi yang diperlukan melalui laman LTMPT.

UTBK-SBMPTN

LTMPT juga bertugas untuk menyelenggarakan Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK. Ujian ini diselenggarakan secara nasional dan bisa diikuti oleh peserta yang memenuhi persyaratan. Hasil dari ujian ini kemudian akan digunakan untuk seleksi mahasiswa jalur SBMPTN. Di beberapa perguruan tinggi, hasil UTBK juga dapat digunakan untuk seleksi jalur lainnya.

LTMPT adalah penyelenggara tes perguruan tinggi, cari tahu, yuk! Lembaga ini memiliki tanggung jawab besar terkait penerimaan mahasiswa baru terutama yang diselenggarkan secara nasional. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu, ya, calon mahasiswa baru!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!