5 Kampus di Jogja yang Memiliki Fakultas Kedokteran

oleh | Mei 2, 2023 | Blog, Kedokteran | 0 Komentar

Fakultas Kedokteran di Jogja – Kedokteran merupakan salah satu program studi yang masih menjadi favorit pada penerimaan mahasiswa baru tiap tahunnya. Bahkan setiap perguruan tinggi di Indonesia rasanya selalu menyediakan jurusan Kedokteran. Hal ini dikarenakan minat dan peluang lulusan kedokteran memang sangat menjanjikan, ditambah kebutuhan tenaga kesehatan yang terus meningkat seiring pertambahan jumlah penduduk.

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi kedokteran khususnya ingin melanjutkan di daerah Jogja, berikut telah kami rangkum rekomendasi kampus dengan fakultas kedokteran di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang berada di Jogja. Yuk, simak!

Baca Juga: Ingin Kuliah di Jogja? Simak di Sini! Daftar PTN yang Ada di Yogyakarta

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) pada Universitas Gadjah Mada ini merupakan fakultas tertua di Indonesia. FK-KMK terdiri dari 3 program studi, yaitu program studi kedokteran, ilmu keperawatan, dan gizi kesehatan.

Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM juga memiliki beragam program untuk mendukung para calon mahasiswanya dalam memperdalam bidang kesehatan, seperti program magister, program doctoral, program spesialisasi, dan program combined degree.

Selain memiliki beragam program untuk mendukung proses pembelajaran mahasiswanya, Universitas Gadjah Mada juga memiliki kerja sama baik dalam negeri maupun luar negeri. Sebagai contoh kerja sama yang dilakukan FK-KMK UGM dengan beberapa organisasi internasional, seperti Toward Unity For Health (TUFH), LINQED Educational Network, IDEAL Consortium, Tropical Education (tropEd) Network for Education in International Health, Asian Schools in Public Health (ASPH). International Network for the Demographic Evaluation of Populations and Their Health (INDEPTH), dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Kampus-kampus di Jogja yang Menawarkan Kelas Internasional

Universitas Islam Indonesia (UII)

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia dalam proses pembelajarannya melalui 4 fase, yaitu introduction and biomedical sciences, pathology of human diseases, management in human disease, comprehensive health care, dan professional health practice.

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia dilaksanakan di kampus terpadu UII dan di beberapa rumah sakit mitra pendidikan dan puskesmas yang tersebar di Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur, seperti Puskesmas di lingkungan Kabupaten Magelang, Sleman, Sragen, Bantul, RSJ Grhasia Yogyakarta, RS Bhayangkara Yogyakarta, RSUD Wonosari, RSUD Dr Soeroto Ngawi, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 15 Fakultas Kedokteran Sepi Peminat di PTN, Peluang untuk Tahun 2023

Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

UAD merupakan pengembangan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Yogyakarta. Fakultas Kedokteran UAD telah memiliki akreditasi B untuk program studi kedokteran dan profesi kedokteran.

Program profesi kedokteran memiliki kerja sama dengan beragam rumah sakit, seperti PKU Muhammadiyah Yogyakarta, RSUD Wonosari, Rumah Sakit Bhayangkara, Rumah Sakit UAD, Rumah Sakit Grhasia, RSJD Soedjarwadi, Puskesmas dibawah naungan Dinkes Bantul, dan masih banyak lagi.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY terdiri dari 4 program studi yaitu Program Studi  Kedokteran, Dokter Gigi, Ilmu Keperawatan, dan Farmasi. Proses pembelajaran pada fakultas kedokteran ini menerapkan metode PBL-hybride atau partial-PBL. Kegiatan belajar dalam metode PBL meliputi, tutorial, kuliah, praktikum, keterampilan klinik, komuda, konsultasi, belajar mandiri, english hours, mentoring, soft skills, mini simposium, karya tulis ilmiah, dan interprofesional education. Metode ini bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa sebagai lifelong learner sehingga pada masa mendatang para calon dokter  terlatih untuk menghadapi permasalahan.

Pendidikan Dokter UMY ini telah memiliki kerja sama secara nasional dengan Rumah Sakit pendidikan utama dan jejaring. Selain itu, Pendidikan Dokter UMY juga memiliki kerjasama secara internasional dengan University of Munster, University of Bradford, University Sains Malaysia, Tokushima University, National Cheng Kung University, dan International Islamic University of Malaysia.

Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)

Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) terdiri dari dua program studi yaitu Program Sarjana Kedokteran dan Program Profesi Dokter. Fakultas kedokteran ini dirancang untuk para mahasiswa agar dapat menyelesaikan studinya selama 4 tahun hingga menjadi Sarjana Kedokteran. Kurikulum dan proses pembelajarannya berbasis problem dan melakukan pendekatan secara “student center learning”.

Universitas Kristen Duta Wacana juga telah memiliki beragam kerja sama, baik dalam negeri maupun luar negeri untuk menunjang proses pembelajaran para mahasiswanya. Salah satu kerja sama dalam bidang kesehatan di dalam negeri yaitu kerja sama dengan Rumah Sakit Mata Dr. YAP, Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta, Rumah Sakit Bethesda Lempuyangwangi, Rumah Sakit Panti Waluyo Purworejo, dan masih banyak lagi.

Itulah informasi 5 Kampus di Jogja yang Memiliki Fakultas Kedokteran yang bisa kamu jadikan referensi dalam memilih kampus untuk melanjutkan studi nantinya. Kira-kira kamu tertarik mendaftar di kampus yang mana, nih?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.