5 Organisasi Unik di Kampus Indonesia

oleh | Mar 18, 2023 | Blog, PTN, PTS | 0 Komentar

Organisasi Unik Kampus – Sebagai seorang mahasiswa terutama jika kamu mahasiswa baru, tentunya sangat baik jika mengikuti organisasi di kampus. Selain dapat berkenalan dengan teman-teman baru, mengikuti sebuah organisasi juga bisa membantu kamu menambah pengalaman yang bisa dijadikan bekal ketika lulus nantinya.

Organisasi di kampus sangat berbeda dengan organisasi pada saat SMA dulu, jika dulu kita kenal dengan OSIS atau IPM. Organisasi kampus bisanya terbagi menjadi beberapa, seperti organisasi universitas, organisasi fakultas, dan organisasi program studi. Pada dunia perkuliahan organisasi kampus sangat banyak macamnya dan tentunya disetiap perguruan tinggi memiliki jenis organisasi yang berbeda-beda bahkan ada yang terdengar unik. Yuk, simak lebih lanjut informasi di bawah ini mengenai organisasi unik kampus yang bisa kamu jadikan refensi nantinya.

Baca Juga: Apa Saja, Sih, Jenis-jenis Organisasi Kampus?

1.    Balon Kata – Telkom University

Kamu calon mahasiswa/i Telkom University? atau kamu tertarik berkuliah di Telkom University? jangan lewatkan untuk cari tau lebih dalam mengenai UKM di Telkom University, karena mereka memiliki beragam UKM yang unik lho, salah satunya yaitu Balon Kata. Balon Kata merupakan UKM dari Telkom University yang memiliki kegiatan mengenai dunia komik. Kalau kamu sering membaca komik pasti tau dialog percakapan pada komik diletakkan pada balon-balon, nah dari situlah nama Balon Kata ini diambil.

Buat kalian yang tertarik dengan dunia menggambar khususnya komik dan berencana masuk Telkom University, UKM ini cocok sekali untuk dicoba. Selain namanya yang unik, UKM ini juga memiliki prestasi lho, salah satunya pernah berhasil masuk dalam Pakoban Award dengan kategori “Most Outstanding Alternative Comic”.

2.    Astronomy Club – Institut Sepuluh Nopember

Jika kamu tertarik dengan alam semesta, tentang bagaimana fenomena-fenomena di langit maupun di dunia ini bisa terjadi, Astronomy Club dari Institut Sepuluh Nopember (ITS) adalah tempat yang cocok untuk kamu. Dalam UKM ini mempelajari dan mencari tau mengenai alam semesta yang selalu memiliki rahasia yang bisa dikuak hingga ditelusuri lebih dalam.

Tidak hanya mempelajari secara teori, nantinya kamu juga bisa mempelajari secara praktek. Seperti mengamati bulan dan mengikuti kegiatan lain yang berkaitan dengan astronomi.

3.    UKM Brigde – Universitas Airlangga

Bridge masuk kedalam salah satu cabang olahraga, karena memiliki kesamaan seperti olahraga catur. Olahraga ini termasuk dalam olahraga otak, yang dimana dalam permainannya diperlukan strategi dan juga taktik.

Olahraga bridge ini banyak ditemukan pada UKM di perguruan tinggi, salah satunya pada Universitas Airlangga. UKM bridge pada Universitas Airlangga sudah didirikan sejak 30 Maret 1982 dan telah memperoleh banyak penghargaan seperti Kejuaraan Bridge Terbuka Unsoed Cup, Turnamen Bridge Gunadarma, Kejuaraan Bridge Pasangan Walikota Cup Malang, dan masih banyak lagi.

4.    Peduli Difabel – Universitas Gadjah Mada

Peduli Difabel – UGM

UKM peduli difabel dari Universitas Gadjah Mada (UGM) ini merupakan komunitas dalam lingkup Universitas yang ditunjukkan bagi para mahasiswa. UKM ini beranggotakan mahasiswa diffabel dan non-diffabel yang sebelumnya bernamakan  Forum Mahasiswa Diffabel dan Partner (FMDP).

Tujuan awal dari dibuatnya UKM ini adalah untuk menampung aspirasi, memberi motivasi, serta memperjuangkan hak-hak difabel terutama dalam lingkup Universitas Gadjah Mada. UKM Peduli Difabel UGM telah berdiri sejak 7 Juni 2013, dengan memiliki kegiatan Harmoni Inklusi, One Day with Diffable, Training of Trainers, Penelitian Sosial, Kajian Internal, Kelas Bahasa Isyarat, dan Buka Puasa Bersama.

5.    Tim Peduli AIDS – Universitas Katolik Atma Jaya

Tim peduli AIDS Atma Jaya merupakan UKM yang bergerak dibidang sosial dengan fokus program mengenai isu HIV-AIDS. Kegiatan yang biasa dilakukan pada UKM ini adalah penyuluhan dan kampanye di dalam kampus maupun ke sekolah-sekolah.

Awal mula dibangunnya UKM ini adalah berasal dari proyek kerjasama antara UNIKA Atma Jaya dengan University of Illinois at Chicago (UIC) yang didukung pendanaan dari Global Partnershops for Social Science AIDS Research – U.S National Institute of Health (US NIH) pada tahun 2007 lalu sebagai bentuk meningkatkan kapasitas dalam bidang penelitian HIV AIDS. Saat ini UKM Tim Peduli AIDS memiliki beragam mitra mulai dari Organisasi Pemerintahan, Organisasi Swasta, PBB, Universitas, Mitra Pembangunan Internasional, dan Organisasi Masyarakat Sipil.

Itulah informasi mengenai 5 Organisasi Unik di Kampus Indonesia. Semoga bisa menjadi referensi kamu yang ingin berkuliah disalah satu kampus diatas. Kira-kira kamu tertarik masuk organisasi yang mana?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…