7 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan di Era Digital

oleh | Sep 2, 2021 | Blog, Jurusan Kuliah | 0 Komentar

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan – Di akhir masa SMA, sudah seharusnya seseorang mulai memetakan apa yang ingin dicapai dalam hidup. Lumrahnya diawali dengan memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan diri sendiri dan pastinya cukup menjanjikan untuk mengantarkannya pada cita-cita.

Meski tak semua pekerjaan memerlukan gelar sarjana, tapi hal tersebut juga masih penting sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi ataupun sebagai batu loncatan ke karir profesional.

Terlebih di era digital seperti sekarang, jurusan-jurusan favorit di masa lalu bisa jadi sudah tidak relevan lagi hari ini. Lulusannya punya kemungkinan bisa digantikan oleh robot atau kecerdasan buatan (Artificial Intelligence).

Lalu, memangnya apa saja sih, jurusan kuliah yang menjanjikan di era sekarang ini?

Teknik Informatika

jurusan kuliah yang menjanjikan

Teknik informatika adalah sebuah ilmu yang mempelajari serta menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan dan evaluasi sistem informasi, perangkat lunak, serta kinerja komputer.

Bisa dibilang teknik informatika adalah salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan di era digital. Karena jika kamu masuk jurusan ini, kamu akan banyak berkutat dengan pemrograman, pengembangan perangkat lunak, dan teknologi komputer jaringan.

Jumlah peminat dari jurusan ini selalu meningkat dari tahun ke tahun, karena memang memiliki prospek kerja yang cerah.

Berbagai jenis pekerjaan membutuhkan lulusan dari teknik informatika, seperti programmer, software developer, web designer, system analyst, IT consultant, software engineer, database engineer, IT executive, network administrator, network support engineer, dll.

Baca juga Bingung Pilih Jurusan? Bisa Coba 5 Jurusan Sepi Peminat Ini!

Desain Komunikasi Visual (DKV)

Kalau kamu hobi gambar dan merasa darah seni mengalir di nadimu, DKV adalah jurusan yang cocok. DKV merupakan cabang ilmu seni yang berfokus pada elemen visual untuk menyampaikan pesan.

Kampus-kampus di Indonesia memiliki peminatan yang beragam pada jurusan DKV. Ada Animasi, New Media, Creative Advertising, Komunikasi Grafis, Komunikasi Visual Periklanan, Komunikasi Multimedia, dan lain-lain.

Jurusan DKV termasuk menjanjikan di era digital karena harus bisa menggunakan berbagai software untuk menggambar di perangkat digital, seperti Photoshop, Illustrator, Corel Draw, SketchUp, InDesign, dan lain sebagainya.

Selain itu, prospek kerjanya juga dibutuhkan oleh segala jenis industri. Misalnya sebagai desainer, layouter, animator, web designer, dan lainnya. Di masa serba digital seperti sekarang ini, profesi-profesi tersebut sangat diperlukan oleh banyak perusahaan.

Matematika dan Statistika

jurusan kuliah yang menjanjikan

Lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan di era digital ini, di mana informasi dan data tersebar dan sangat mudah didapatkan.

Matematika dan Statistika merupakan disiplin ilmu yang sangat dekat dengan angka. Di sini kamu akan mempelajari tentang pengumpulan, analisis, dan penyajian data.

Salah satu prospek kerja paling cemerlang dari jurusan ini adalah menjadi data analyst. Bahkan profesi ini ada yang menobatkan sebagai pekerjaan terseksi di abad 21. Selain menjadi data analyst, kamu juga berpeluang untuk menjadi data scientist, system analyst, market researcher, dan lainnya.

Ilmu Komunikasi

Di jurusan ini kamu akan belajar bagaimana membuat pesan dan cara menyampaikannya dengan efektif.

Ada yang bilang ilmu komunikasi merupakan ilmu di perempatan karena menjadi persilangan banyak disiplin ilmu seperti psikologi, seni, teknologi, sosiologi, bisnis, sastra, hingga politik. Maka dari itu, ilmu komunikasi adalah salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan di era digital karena memiliki prospek kerja yang luas.

Kamu berpeluang menjadi wartawan, filmmaker, account officer, humas, copywriter, penyiar radio, hingga berkarir di event organizer.

Sistem Informasi

jurusan kuliah yang menjanjikan

Banyak orang menganggap jurusan sistem informasi sama dengan teknik informatika. Keduanya memang mirip, padahal tetap ada perbedaannya. Teknik informatika lebih bersifat teknis, sedangkan sistem informasi bersifat manajerial.

Di sini kamu akan belajar administrasi bisnis, prinsip-prinsip manajemen, sistem informasi akuntansi dan keuangan, hingga pemrograman aplikasi perusahaan. Jurusan ini cukup menjanjikan di era digital karena kamu bisa menjadi business analyst, project manager, manajer IT, system analyst, hingga network administrator.

Teknik Industri

Teknik Industri merupakan disiplin ilmu yang fokus mempelajari bagaimana memaksimalkan peran manusia di bidang industri. Di sini kamu akan belajar tentang manajemen industri, pengoperasian alat-alat, hingga mencari ide untuk menciptakan industri baru.

Prospek kerja jurusan ini yaitu bisa menjadi Product Manager, Data scientist, Market researcher, Bagian Operasional dan Logistik, dan lain sebagainya.

Bisnis Digital

jurusan kuliah yang menjanjikan

Jurusan ini masih tergolong baru di Indonesia. Kampus pertama yang memiliki jurusan bisnis digital adalah UNPAD di tahun 2018.

Di jurusan ini kamu akan belajar banyak mengenai manajemen bisnis dan teknologi digital, seperti pengembangan web, analisis data, cyber security, UI/UX, pemasaran digital, manajemen media sosial, fintech industry, e-commerce, dan lain-lain.

Jurusan ini bisa dibilang paling menjanjikan di era digital karena prospek kerja yang semakin dibutuhkan oleh zaman, seperti start-up entrepreneur, start-up consultant, data scientist, hingga financial analyst.

Nah, kamu barusan membaca 7 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan di Era Digital. Semoga bisa menjadi referensimu dalam memilih jurusan kuliah yang tepat, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Politeknik AKA Bogor merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perindustrian yang menyelenggarakan pendidikan profesional di bidang kimia analis. Yuk, simak selengkapnya di sini!

Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Ilmu kelautan adalah disiplin ilmu yang menggabungkan studi dari berbagai mata pelajaran untuk memahami lingkungan laut, kehidupan laut, dan interaksinya. Yuk, simak mata kuliah yang dipelajari di jurusan Ilmu Kelautan di sini!