Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

7 Prospek Kerja untuk Lulusan Teknik Industri

oleh | Okt 16, 2021 | Blog, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek Kerja Teknik Industri – Ketika memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, salah satu pertimbangan yang dilakukan yaitu tentang prospek kerjanya. Prospek kerja ini penting untuk dilihat sebelum memilih jurusan kuliah karena akan berpengaruh terhadap masa depan.

Supaya bisa bekerja di banyak bidang, banyak calon mahasiswa yang memilih jurusan-jurusan tertentu dengan peluang kerja yang luas. Salah satu jurusan yang banyak dipilih karena prospek kerja yang dimiliki lulusannya yaitu Teknik Industri. Jurusan yang berada di rumpun teknik dan sains ini termasuk pilihan favorit untuk melanjutkan kuliah.

Teknik Industri merupakan jurusan pilihan untuk siswa yang berasal dari jurusan IPA. Meskipun begitu, saat berada di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari banyak hal bukan hanya ilmu teknik. Bekal ilmu yang didapat kemudian bisa digunakan di banyak bidang pekerjaan.

Yuk, cari tahu prospek kerja Teknik Industri di bawah ini!

Apa Itu Jurusan Teknik Industri?

Teknik Industri adalah jurusan turunan dari Teknik Mesin. Jurusan ini fokus pada pembelajaran untuk mendidik mahasiswa guna memiliki kemampuan merangcang sistem integral. Mahasiswa akan belajar mengelola berbagai sumber daya seperti manusia, bahan baku, mesin, dan lain sebagainya.

Tujuan utama dari pengelolaan sistem integrasi ini yaitu untuk memastikan bahwa perusahaan bisa berjalan secara efektif dan efisien. Hal ini diperlukan tidak hanya di perusahaan manufaktur seperti pabrik. Perusahaan penyedia jasa seperti bank juga membutuhkan ahli di bidang pengelolaan ini.

Supaya bisa menghasilkan lulusan dengan kompetensi terbaik, mahasiswa Teknik Industri akan mempelajari banyak hal. Mahasiswa belajar dasar-dasar ilmu lintas disiplin seperti elektro, informatika, statistika, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, logistik, dan lain-lain.

Baca juga Jurusan Kuliah Langka Ini Cuma Ada 1, Loh, di Indonesia!

Prospek Kerja Lulusan Teknik Industri

prospek kerja teknik industri

Kemampuan yang dimiliki oleh lulusan Teknik Industri sangat dibutuhkan di berbagai bidang perusahaan sehingga prospek kerjanya luas. Berikut ini beberapa bidang pekerjaan yang bisa digeluti oleh lulusan Teknik Industri.

Bidang Gudang/PPIC

Lulusan Teknik Industri dapat bekerja di bidang PPIC atau gudang. Pekerjaan di bidang ini sangatlah penting terutama untuk perusahaan di bidang produksi. Beberapa tanggung jawab yang dilakukan di bidang ini yaitu memastikan stok bahan baku, membuat jadwal pemakaian mesin, melakukan pengaturan barang, dan lain-lain.

Bidang Safety, Health, and Environment (SHE)

Bidang lainnya yang bisa digeluti oleh lulusan Teknik Industri yaitu Safety, Health, and Environment atau SHE. Tanggung jawab utama dari divisi ini yaitu untuk memastikan keselamatan dan kesehatan pekerja sekaligus tanggung jawab lingkungan di sekitar perusahaan.

Bidang Quality Control (QC)

Setiap perusahaan tentunya membutuhkan divisi untuk memastikan kualitas produknya. Lulusan Teknik Industri bisa bekerja di divisi Quality Control ini. Pekerjaan yang dilakukan yaitu menguji kualitas barang atau jasa yang diproduksi supaya bisa sesuai dengan standar perusahaan.

Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia

Ketika berkuliah, mahasiswa Teknik Industri juga akan belajar tentang Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Hal ini memberikan lulusannya kesempatan untuk bekerja di bidang ini atau sering juga disebut dengan Human Resorce Development (HRD). Tugasnya yaitu mengelola karyawan perusahaan seperti rekrutmen, pelatihan, gaji, dan lain-lain.

Bidang Pemeliharaan

Prospek kerja berikutnya untuk lulusan Teknik Industri yaitu di divisi Pemeliharaan atau Maintenance. Keberadaan divisi ini sangat penting di perusahaan karena akan berpengaruh terhadap operasional. Setiap mesin yang digunakan harus selalu dijaga oleh tim maintenance supaya tetap bisa digunakan tanpa kendala.

Bidang Sistem Informasi

Lulusan Teknik Industri juga bisa bekerja di bidang Sistem Informasi. Pekerjaan ini sangatlah dibutuhkan terutama dengan adanya perkembangan teknologi di masa seperti sekarang ini. Pekerjaan yang dilakukan akan berkaitan dengan pengelolaan sistem informasi dan teknologi milik perusahaan.

Bidang Produksi

Bagian produksi suatu perusahaan merupakan salah satu bidang yang bisa menjadi prospek kerja lulusan Teknik Industri. Di bagian ini, pekerja akan bertanggung jawab terkait berjalannya proses produksi barang atau jasa perusahaan. Lulusan Teknik Industri memiliki ilmu yang dibutuhkan untuk memastikan produksi dapat berjalan lancar.

Itulah 7 prospek kerja untuk lulusan Teknik Industri. Contoh pekerjaan di atas hanyalah sebagian dari berbagai profesi yang bisa digeluti oleh lulusan jurusan ini. Hal ini dikarenakan Teknik Industri merupakan jurusan dengan lapangan pekerjaan yang sangat luas.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!