Jurusan Kuliah Langka Ini Cuma Ada 1, Loh, di Indonesia!

oleh | Jun 8, 2021 | Blog, Program Studi | 0 Komentar

Jurusan Kuliah Langka – Saat ini, ilmu pengetahuan sudah semakin berkembang. Orang bisa memilih berbagai fokus ilmu sesuai dengan minatnya masing-masing. Meskipun begitu, tidak semua bidang ilmu sudah bisa dipelajari di Indonesia. Akhirnya, ada beberapa jurusan kuliah langka yang hanya ada 1 di Indonesia.

Jurusan-jurusan kuliah yang tidak dimiliki oleh semua perguruan tinggi menjadikan programnya istimewa. Apabila dibutuhkan tenaga kerja dengan keahlian tertentu, maka hanya para lulusan jurusan tersebut yang bisa mengisi karena bidang studinya relevan.

Buat kamu yang masih bingung pilih jurusan kuliah, bisa mempertimbangkan pilihan-pilihan berikut ini.

Teknik Nuklir

Jurusan Teknik Nuklir terdapat di salah satu universitas terbaik di Indonesia yaitu Universitas Gadjah Mada. Di jurusan ini, mahasiswa akan banyak mempelajari berbagai ilmu tentang nuklir yang berkaitan erat dengan Fisika dan Matematika.

Kamu mungkin berpikir bahwa nuklir hanyalah digunakan untuk senjata. Nyatanya, ilmu ini di Indonesia lebih digunakan untuk sebuah sumber energi. Kalau kamu tertarik mendalami bidang ini, Teknik Nuklir UGM bisa dijadikan pilihan.

Astronomi

Astronomi IPB Jurusan Kuliah Langka

Astronomi juga menjadi jurusan kuliah langka yang hanya bisa ditemukan di Institut Teknologi Bandung. Jurusan ini merupakan satu-satunya di Indonesia bahkan di Asia Tenggara.

Sesuai dengan namanya, mahasiswa yang masuk ke jurusan ini akan mempelajari berbagai hal terkait dengan ilmu angkasa. Lulusannya sendiri bisa bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), dan perusahaan lain yang membutuhkan ahli astronomi.

Sastra Belanda

Di antara banyaknya jurusan bahasa dan sastra, Universitas Indonesia memiliki satu program yang berbeda yaitu Sastra Belanda. Sama seperti program bahasa lainnya, mahasiswa jurusan ini akan mempelajari sejarah sastra, linguistik, budaya, dan hal lainnya yang sejalur.

Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Robotika dan Kecerdasan Buatan Unair Jurusan Kuliah Langka

Buat kamu yang tertarik untuk mengutak-atik robot atau menciptakan teknologi artificial intelligence (AI), Universitas Airlangga bisa menjadi pilihan yang tepat. Kampus ini menyediakan program Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan yang hanya ada satu di Indonesia.

Di sini, kamu akan mendalami ilmu robotika sekaligus juga konsep untuk membuat AI seperti Siri, Alexa, dan Cortana. Futuristik banget, kan?

Ilmu Keluarga dan Konsumen

Jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen dibuka oleh Institut Pertanian Bogor atau IPB University. Kampus yang berada di daerah Jawa Barat ini menyediakan program yang khusus mempelajari tentang pemngembangan dan pemberdayaan keluarga. Melalui jurusan ini, mahasiswa akan fokus pada keluarga, anak, juga konsumen.

Baca juga Berkenalan dengan Prodi Muda di Indonesia, Ilmu Aktuaria.

Rekayasa Nanoteknologi

Universitas Airlangga ingin mempersiapkan mahasiswa-mahasiswanya untuk siap menghadapi masa mendatang. Selain memiliki jurusan Teknik Robotika dan AI, kampus ini juga menyelenggarakan progam Rekayasa Nanoteknologi. Sesuai namanya, program ini fokus untuk mempelajari materi berukuran nano yang sangat kecil.

Sains Atmosfer dan Keplanetan

Jurusan Kuliah Langka di ITERA, Sains Atmosfer dan Keplanetan

Sains Atmosfer dan Keplanetan menjadi salah satu jurusan kuliah langka di Indonesia. Kampus yang membuka jurusan ini hanyalah Institut Teknologi Sumatera atau ITERA. Meskipun sejenis, jurusan ini berbeda dengan Astronomi ITB. Mahasiswanya akan lebih fokus pada perilaku atmosfer dan juga interaksi planet di tata surya.

Teknik Transportasi Laut

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan lau yang sangatlah luas. Sebagai negara maritim, tentunya transportasi laut sangatlah penting. Guna menghasilkan tenaga kerja berkualitas dalam bidang tersebut, Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau ITS membuka jurusan Teknik Transportasi Laut yang berfokus pada pelayaran, pelabuhan, dan logistik.

Manajemen Industri Katering

Jurusan Manajemen Industri Katering diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI. Program ini cocok bagi kamu yang ingin berkecimpung di dunia kuliner namun tidak mau menjadi juru masak atau chef. Selain itu, di program ini kamu juga akan mempelajari ilmu manajemen dan bisnis terutama dalam bidang katering.

Teknologi Batik

Jurusan kuliah langka yang terakhir yaitu Teknologi Batik yang dibuka oleh Universitas Pekalongan. Sebagai salah satu daerah dengan industri batik terbesar, Universitas Pekalongan membuka jurusan perkuliahan terkait dengan hal tersebut. Mahasiswa akan mempelajari seluk-beluk pembuatan batik baik itu dari segi filosofis maupun produksinya.

Itu tadi penjelasan mengenai jurusan kuliah langka ini cuma ada 1, loh, di Indonesia! Kamu bisa menjadikan program-program tersebut sebagai pilihan ketika mendaftar kuliah nanti.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Apa Itu Akreditasi Perguruan Tinggi?

Apa Itu Akreditasi Perguruan Tinggi?

Akreditasi Perguruan Tinggi – Saat ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, seseorang tentu ingin mendapatkan yang terbaik. Mulai dari pendidikannya, kurikulum, lingkungan kampus, sampai kualitas lulusannya. Semua hal tersebut sebenarnya sudah...

Kuliah di Telkom University Bisa Pakai Jalur Beasiswa

Kuliah di Telkom University Bisa Pakai Jalur Beasiswa

Beasiswa Telkom University – Melanjutkan pendidikan ke tingkat lanjut terkadang menjadi beban untuk sebagian orang. Biaya besar yang perlu dikeluarkan bukan lagi sebuah hal baru. Calon mahasiswa harus mengeluarkan banyak uang mulai dari mengikuti seleksi sampai lulus...

Yuk, Cari Tahu 5 Jalur Reguler SMB Telkom University!

Yuk, Cari Tahu 5 Jalur Reguler SMB Telkom University!

SMB Telkom University – Telkom University merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia. Kampus yang terletak di Jawa Barat ini dinobatkan oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) sebagai PTS terbaik di Indonesia....

PMB UMY: Ada Berbagai Jalur Tes dan Non Tes

PMB UMY: Ada Berbagai Jalur Tes dan Non Tes

PMB UMY – Salah satu universitas swasta di Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau UMY kembali membuka penerimaan mahasiswa baru di tahun 2021 ini. Seleksi tersebut terbuka bagi siapa pun yang ingin menjadi mahasiswa UMY asalkan memenuhi persyaratan...