Jurusan Kuliah Langka Ini Cuma Ada 1, Loh, di Indonesia!

oleh | Jun 8, 2021 | Blog, Program Studi | 2 Komentar

Jurusan Kuliah Langka – Saat ini, ilmu pengetahuan sudah semakin berkembang. Orang bisa memilih berbagai fokus ilmu sesuai dengan minatnya masing-masing. Meskipun begitu, tidak semua bidang ilmu sudah bisa dipelajari di Indonesia. Akhirnya, ada beberapa jurusan kuliah langka yang hanya ada 1 di Indonesia.

Jurusan-jurusan kuliah yang tidak dimiliki oleh semua perguruan tinggi menjadikan programnya istimewa. Apabila dibutuhkan tenaga kerja dengan keahlian tertentu, maka hanya para lulusan jurusan tersebut yang bisa mengisi karena bidang studinya relevan.

Buat kamu yang masih bingung pilih jurusan kuliah, bisa mempertimbangkan pilihan-pilihan berikut ini.

Teknik Nuklir

Jurusan Teknik Nuklir terdapat di salah satu universitas terbaik di Indonesia yaitu Universitas Gadjah Mada. Di jurusan ini, mahasiswa akan banyak mempelajari berbagai ilmu tentang nuklir yang berkaitan erat dengan Fisika dan Matematika.

Kamu mungkin berpikir bahwa nuklir hanyalah digunakan untuk senjata. Nyatanya, ilmu ini di Indonesia lebih digunakan untuk sebuah sumber energi. Kalau kamu tertarik mendalami bidang ini, Teknik Nuklir UGM bisa dijadikan pilihan.

Astronomi

Astronomi IPB Jurusan Kuliah Langka

Astronomi juga menjadi jurusan kuliah langka yang hanya bisa ditemukan di Institut Teknologi Bandung. Jurusan ini merupakan satu-satunya di Indonesia bahkan di Asia Tenggara.

Sesuai dengan namanya, mahasiswa yang masuk ke jurusan ini akan mempelajari berbagai hal terkait dengan ilmu angkasa. Lulusannya sendiri bisa bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), dan perusahaan lain yang membutuhkan ahli astronomi.

Sastra Belanda

Di antara banyaknya jurusan bahasa dan sastra, Universitas Indonesia memiliki satu program yang berbeda yaitu Sastra Belanda. Sama seperti program bahasa lainnya, mahasiswa jurusan ini akan mempelajari sejarah sastra, linguistik, budaya, dan hal lainnya yang sejalur.

Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Robotika dan Kecerdasan Buatan Unair Jurusan Kuliah Langka

Buat kamu yang tertarik untuk mengutak-atik robot atau menciptakan teknologi artificial intelligence (AI), Universitas Airlangga bisa menjadi pilihan yang tepat. Kampus ini menyediakan program Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan yang hanya ada satu di Indonesia.

Di sini, kamu akan mendalami ilmu robotika sekaligus juga konsep untuk membuat AI seperti Siri, Alexa, dan Cortana. Futuristik banget, kan?

Ilmu Keluarga dan Konsumen

Jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen dibuka oleh Institut Pertanian Bogor atau IPB University. Kampus yang berada di daerah Jawa Barat ini menyediakan program yang khusus mempelajari tentang pemngembangan dan pemberdayaan keluarga. Melalui jurusan ini, mahasiswa akan fokus pada keluarga, anak, juga konsumen.

Baca juga Berkenalan dengan Prodi Muda di Indonesia, Ilmu Aktuaria.

Rekayasa Nanoteknologi

Universitas Airlangga ingin mempersiapkan mahasiswa-mahasiswanya untuk siap menghadapi masa mendatang. Selain memiliki jurusan Teknik Robotika dan AI, kampus ini juga menyelenggarakan progam Rekayasa Nanoteknologi. Sesuai namanya, program ini fokus untuk mempelajari materi berukuran nano yang sangat kecil.

Sains Atmosfer dan Keplanetan

Jurusan Kuliah Langka di ITERA, Sains Atmosfer dan Keplanetan

Sains Atmosfer dan Keplanetan menjadi salah satu jurusan kuliah langka di Indonesia. Kampus yang membuka jurusan ini hanyalah Institut Teknologi Sumatera atau ITERA. Meskipun sejenis, jurusan ini berbeda dengan Astronomi ITB. Mahasiswanya akan lebih fokus pada perilaku atmosfer dan juga interaksi planet di tata surya.

Teknik Transportasi Laut

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan lau yang sangatlah luas. Sebagai negara maritim, tentunya transportasi laut sangatlah penting. Guna menghasilkan tenaga kerja berkualitas dalam bidang tersebut, Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau ITS membuka jurusan Teknik Transportasi Laut yang berfokus pada pelayaran, pelabuhan, dan logistik.

Manajemen Industri Katering

Jurusan Manajemen Industri Katering diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI. Program ini cocok bagi kamu yang ingin berkecimpung di dunia kuliner namun tidak mau menjadi juru masak atau chef. Selain itu, di program ini kamu juga akan mempelajari ilmu manajemen dan bisnis terutama dalam bidang katering.

Teknologi Batik

Jurusan kuliah langka yang terakhir yaitu Teknologi Batik yang dibuka oleh Universitas Pekalongan. Sebagai salah satu daerah dengan industri batik terbesar, Universitas Pekalongan membuka jurusan perkuliahan terkait dengan hal tersebut. Mahasiswa akan mempelajari seluk-beluk pembuatan batik baik itu dari segi filosofis maupun produksinya.

Itu tadi penjelasan mengenai jurusan kuliah langka ini cuma ada 1, loh, di Indonesia! Kamu bisa menjadikan program-program tersebut sebagai pilihan ketika mendaftar kuliah nanti.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

2 Komentar

  1. hafiz

    apakah tamatan lulusan itu banyak lowongannya ?

    Balas
    • Safina Rahma

      Setiap jurusan tentu memiliki prospek kerja masing-masing. Bagi jurusan yang tidak banyak di Indonesia, lulusannya juga terbatas. Apabila ada lowongan kerja dengan syarat pendidikan tersebut, tentu saingan lebih sedikit 😊

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Rincian Biaya Kuliah Binus University Berbagai Program

Rincian Biaya Kuliah Binus University Berbagai Program

Biaya Kuliah Binus – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan impian banyak orang. Bagi lulusan SMA, salah satu pilihan yang dapat diambil yaitu dengan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau universitas. Di Indonesia sendiri, pilihan...

Besaran UKT UNS Berbagai Jalur Masuk Tahun 2021

Besaran UKT UNS Berbagai Jalur Masuk Tahun 2021

UKT UNS – Universitas Sebelas Maret atau UNS merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia. Kampus yang terletak di Surakarta ini termasuk PTN terbaik yang diminati oleh banyak calon mahasiswa. Hal ini terbukti dari animo pendaftar yang cukup tinggi di...

Kampus-kampus yang Membuka Kelas IUP Kedokteran

Kampus-kampus yang Membuka Kelas IUP Kedokteran

IUP Kedokteran – Perguruan tinggi di Indonesia menyelenggarakan berbagai program pendidikan. Salah satu program yang disediakan yaitu International Undergraduate Program atau IUP. Program ini dibuka untuk menampung mahasiswa baik dalam maupun luar negeri untuk bisa...

Prospek Kerja Jurusan Psikologi, Apa Saja?

Prospek Kerja Jurusan Psikologi, Apa Saja?

Prospek Kerja Psikologi – Kuliah psikologi bisa jadi sangat menyenangkan bagi seseorang yang memiliki ketertarikan pada manusia dengan segala perilakunya. Hal ini dikarenakan psikologi adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari mental, pikiran, dan perilaku manusia....

Bosan Kelas Online Terus? Yuk, Ikuti 7 Tips Ini!

Bosan Kelas Online Terus? Yuk, Ikuti 7 Tips Ini!

Kelas Online – Adanya pandemi membuat banyak orang harus beraktivitas dari rumah. Kegiatan belajar mengajar pun ikut terkena dampaknya. Saat ini, kegiatan ini harus dilakukan dari rumah dengan memanfaatkan berbagai platform online. Belajar secara online dari rumah...

Tahapan Seleksi TNI AD, AL, dan AU Lengkap

Tahapan Seleksi TNI AD, AL, dan AU Lengkap

Seleksi TNI – Tentara Nasional Indonesia atau TNI merupakan angkatan bersenjata yang memiliki tugas untuk menjaga keamanan negara Indonesia. TNI sendiri dibagi menjadi 3 angkatan yang memiliki tugas berbeda-beda. Saat ini, TNI dibagi menjadi TNI Angkatan Darat, TNI...