Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

7 Prospek Kerja yang Bisa Dipilih Lulusan Ilmu Perpustakaan

oleh | Feb 5, 2022 | Blog, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek Kerja Ilmu Perpustakaan – Di era modern ini, banyak prospek kerja yang menanti lulusan Ilmu Perpustakaan. Banyak orang beranggapan peluang kerja untuk lulusan ini dianggap kurang menjanjikan dan tidak memiliki jenjang karir. Di jurusan ini ternyata peluang kerjanya cukup luas karena banyak lembaga dan institusi yang membutuhkan peran lulusan Ilmu Perpustakaan untuk kearsipan.

Banyak institusi dan perusahaan yang mengincar lulusan Ilmu Perpustakaan. Perusahaan menghasilkan pekerjaannya dalam bentuk data-data dan dokumen, oleh karenanya peran lulusan Ilmu Perpustakaan dibutuhkan. Terlebih jurusan ini juga akan dibekali dasar-dasar teknologi dan sistem informasi. Walaupun jurusan ini belum banyak peminatnya, tetapi peluang kerjanya cukup beragam dan menjanjikan.

Penasaran apa saja peluang karir yang bisa dipilih setelah kamu lulus nanti? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Mengenal Jurusan Ilmu Perpustakaan

Jurusan Ilmu Perpustakaan mempelajari cara menganalisis, mengumpulkan, mengelola, dan mengomunikasikan informasi dari berbagai media, seperti dokumen, buku, ataupun digital. Di jurusan ini, kamu tidak melulu belajar cara menyusun buku di rak saja tetapi kamu juga akan mempelajari tata cara pengarsipan, mengelola informasi kepada pengunjung perpustakaan, mengklasifikasikan buku, serta menginventaris buku.

Mata kuliah yang akan dipelajari antara lain administrasi perkantoran, ilmu dokumentasi, manajemen perpustakaan, hubungan masyarakat, manajemen SDM, penerbitan media, kearsipan, dan katalogisasi. Jurusan ini akan membantu kamu menambah keterampilan teknologi informasi dan komputer, kemampuan manajerial, dan problem solving.

Baca juga Prospek Kerja Teknologi Pendidikan, 5 Peluang yang Bisa Dipilih

Prospek Kerja Ilmu Perpustakaan

Secara umum, orang berpikir bahwa lulusan Ilmu Perpustakaan akan menjadi Pustakawan atau bekerja di perpustakaan saja. Tetapi, jangan salah lulusan Ilmu Perpustakaan ternyata mempunyai peluang kerja yang luas. Berikut pilihan profesi untuk lulusan Ilmu Perpustakaan.

Pustakawan

Pustakawan mempunyai tugas melakukan pengadaan bahan-bahan pustaka yang dibutuhkan, mengiventarisasi bahan pustaka, mengklasifikasi bahan-bahan pustaka, serta menyusun bahan-bahan pustaka di rak sesuai klasifikasi yang telah ditetapkan. Untuk menjadi pustakawan, kamu dituntut untuk mempunyai kemampuan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan, keterampilan berkomunikasi, bahkan menguasai teknologi dan informasi.

Kamu juga bisa bekerja menjadi pustakawan di perpustakaan modern, apalagi sekarang sudah mulai ada perpustakaan digital yang menyimpan koleksi perpustakaan dalam bentuk digital.

Arsiparis

Tugas Arsiparis yaitu mengelola dan mendokumentasikan dokumen untuk keperluan administrasi. Profesi ini sangat dibutuhkan di institusi, lembaga pemerintah, perguruan tinggi, bahkan organisasi. Sebagai seorang Arsiparis, kamu harus memiliki keterampilan pengolahan dokumentasi yang baik.

Peneliti

Kegiatan yang dilakukan peneliti antara lain menganalisis perilaku manusia dalam mencari informasi dan penggunaan informasi digital. Sebagai peneliti, kamu dituntut untuk memiliki kemampuan riset, menganalisis, dan mencari informasi. Jika kamu mempunyai keahlian dan ketertarikan di bidang penelitian, kamu bisa menjadi peneliti di bidang ini.

Staff Administrasi

Sebagai lulusan Ilmu Perpustakaan kamu bisa menjadi administrator perpustakaan di perkantoran, sekolah, perguruan tinggi, atau instansi pemerintah. Profesi ini bertugas mengolah data, menyampaikan informasi, mengurus dokumen, serta mengurus surat-surat. Sebagai administrator, kamu harus menguasai teknologi dan informasi, menguasai perangkat komputerisasi dan digitalisasi.

Penulis

Lulusan Ilmu Perpustakaan juga bisa menjadi penulis, apalagi di era sekarang banyak yang membutuhkan Content Writer. Terlebih lulusan prodi ini sudah mempunyai banyak bekal dan akses untuk mendapatkan ilmu dan informasi. Jika kamu mempunyai kemampuan di bidang menulis, kamu bisa bekerja sebagai penulis.

Data Scientist

Di era digital saat ini, data scientist merupakan pekerjaan yang sangat dibutuhkan. Profesi ini dituntut untuk memiliki kemampuan menganalisis data, dan mencari tahu informasi yang bermanfaat. Data scientist bertanggung jawab mengolah data, menganalisa database yang diperlukan, mengimplementasi algoritma, mengembangkan sistem informasi, dan melakukan analisis data perusahaan.

Bekerja di Lembaga Instansi Pemerintah

Banyak instansi pemerintah yang membuka formasi untuk lulusan Ilmu Perpustakaan. Pemerintah memiliki dokumen dan arsip yang harus diurus dengan baik sehingga membutuhkan peran lulusan Ilmu Perpustakaan. Contoh pekerjaan yang bisa kamu ambil antara lain Pustakawan Ahli, Pustakawan Terampil, dan juga bisa bekerja di Kementerian.

Itulah 7 Prospek Kerja yang Bisa Dipilih Lulusan Ilmu Perpustakaan. Ternyata prospek kerjanya tidak sesempit yang kalian pikirkan. Jadi kesempatanmu untuk berkarier setelah lulus akan terbuka lebar. Kamu bisa memilih profesi mana yang cocok untuk kamu ambil.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…