7 Sekolah Kedinasan dengan Peminat Tersedikit di Tahun 2021

oleh | Mei 4, 2021 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Sekolah Kedinasan Peminat Tersedikit – Mendapatkan pendidikan di sekolah kedinasan merupakan impian banyak orang. Bagaimana tidak? Berbagai keuntungan akan diperoleh apabila diterima dan bergabung ke Perguruan Tinggi Kedinasan atau PTK.

Pendaftaran peserta didik baru sekolah kedinasan tahun 2021 dibuka pada 9 – 30 April lalu. Selama waktu kurang dari satu bulan itu, lebih dari 200.000 orang telah mendaftar ke PTK pilihan masing-masing.

Sebagai informasi, pada penerimaan terpadu tersebut, PTK  yang membuka pendaftaran yaitu sebanyak 29. Tentunya, masing-masing sekolah kedinasan memiliki peminat yang berbeda dan di antaranya ada yang memiliki pendaftar tersedikit.

Berikut ini 7 sekolah kedinasan dengan peminat tersedikit di tahun 2021 yang bisa kamu jadikan acuan ketika akan mendaftar di tahun berikutnya.

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar

Sekolah Kedinasan Peminat Tersedikit

Sekolah kedinasan dengan peminat tersedikit yang pertama yaitu Politeknik Ilmu Pelayaran atau PIP Makassar. Pada seleksi tahun 2021, pendaftar yang telah melakukan submit dan memilih PTK ini yaitu sebanyak 902 orang.

Meskipun tidak sebanyak sekolah kedinasan populer lainnya, persaingan seleksi akan cukup ketat karena kuota total penerimaan di PIP Makassar hanyalah 72 taruna/taruni.

Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Banten

Di urutan berikutnya yaitu Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Banten. Di seleksi calon taruna baru tahun 2021, sekolah kedinasan ini berhasil mendapatkan peminat sebanyak 819 orang. Sejumlah pendaftar tersebut akan bersaing untuk mendapatkan kursi di salah satu program studi yang dibuka yaitu D-III Nautika, D-III Permesinan Kapal, dan D-III Manajemen Laut.

Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Jayapura

Sekolah kedinasan dengan peminat tersedikit di seleksi tahun 2021 berikutnya yaitu Politeknik Penerbangan atau Poltekbang Jayapura. Sekolah aviasi yang terletak di Papua ini mendapat pendaftar sebanyak 421 orang. Jumlah tersebut merupakan gabungan dari pendaftar semua program studi dan juga formasi yang dibuka.

Poltekbang Jayapura membuka 2 program studi di seleksi Pola Pembibitan tahun 2021. Masing-masing program studi memiliki 2 jenis formasi yang berbeda yaitu Pola Pembibitan Kemenhub dan Pola Pembibitan Khusus Putra/Putri Papua/Papua Barat.

Baca juga Apa Saja Tahapan Tes Kesehatan Sekolah Kedinasan Itu?

Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Malahayati Aceh

Sekolah Kedinasan Peminat Tesedikit

Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Malahayati Aceh juga termasuk dalam daftar sekolah kedinasan dengan peminat tersedikit di penerimaan Pola Pembibitan tahun 2021. Sebanyak 407 pendaftar memilih dan telah submit lamarannya ke PTK ini.

Di seleksi taruna baru jalur Polbit tahun 2021, Poltekpel Malahayati Aceh hanya menerima pendaftar dari SMA/MA jurusan IPA dan SMK jurusan tertentu. Hal ini menyesuaikan program studi yang dibuka yaitu Studi Nautika, Permesinan Kapal, dan Sistem Kelistrikan Kapal yang semuanya membutuhkan kemampuan IPA.

Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sulawesi Utara

Sekolah kedinasan lainnya dalam daftar ini yaitu Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Sulawesi Utara. Pada penerimaan taruna baru jalur Polbit Kemenhub, PTK ini membuka 3 program studi yang berbeda dan masing-masing hanya menerima 24 orang. Meskipun daya tampungnya tidak begitu banyak, pendaftar Poltekpel Sulut mencapai 390 orang.

Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sorong

Selanjutnya yaitu Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Sorong yang terletak di Provinsi Papua Barat. Sama seperti Poltekbang Jayapura, sekolah kedinasan ini juga membuka dua jenis formasi yaitu Polbit Kemenhub dan Polbit Khusus Putra/Putri Papua/Papua Barat untuk masing-masing program studi yang ada.

Pada pendaftaran melalui ke dua jalur tersebut, Poltekpel Sorong mendapatkan pelamar sebanyak 304 orang.

Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Barombong

Sekolah Kedinasan Peminat Tersedikit

Sekolah kedinasan dengan pendaftar tersedikit yang terakhir yaitu Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Barombong. Pelamar untuk PTK ini yaitu sebanyak 267 orang. Tidak mengherankan, karena pada penerimaan jalur Polbit Kemenhub ini, Poltekpel Barombong hanya membuka satu program studi yaitu D-III Manajemen Transportasi Laut. Taruna/taruni yang diterima pun 24 orang saja.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

Istilah Dunia Perkuliahan – Dunia perkuliahan tentu berbeda dengan saat kamu masih berstatus siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA). Ada banyak hal yang berubah mulai dari materi yang dipelajari sampai lingkungan sekitar. Bagi mahasiswa baru, saat memasuki dunia...

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS – Saat memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan. Pemilihan ini sangat penting karena akan berpengaruh tidak hanya saat menjalankan kuliah, namun juga prospek kehidupan ke...

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

CPNS BPIP – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP ikut berpartisipasi dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2021. Badan ini memberi kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk menjadi pegawai untuk berbagai jabatan. Berikut ini informasi...

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

CPNS Kejaksaan Agung SMA – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tidak hanya diperuntukkan untuk lulusan perguruan tinggi. Beberapa lembaga pemerintah juga membuka pendaftaran untuk beberapa jabatan dengan syarat pendidikan minimal SMA/sederajat. Salah satu...

Cara Cari Formasi CPNS Sesuai Jurusan Kuliah

Cara Cari Formasi CPNS Sesuai Jurusan Kuliah

Formasi CPNS – Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) akan segera dilaksanakan. Berdasarkan siaran pers yang telah dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), pelamar bisa melakukan pendaftaran mulai dari tanggal 30 Juni 2021. Pelaksanaan seleksi CASN...