Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

8 Pilihan Jurusan untuk yang Tertarik Kuliah di Bidang Agama

oleh | Des 17, 2021 | Blog, Jurusan Kuliah | 0 Komentar

Jurusan Kuliah Agama – Di perguruan tinggi, ada banyak disiplin ilmu yang bisa dipilih oleh mahasiswa. Selain ilmu-ilmu umum, terdapat juga perguruan tinggi yang membuka jurusan di bidang ilmu agama. Biasanya. Jurusan ini diselenggarakan di kampus-kampus dengan basis keagamaan.

Meskipun tidak sepopuler jurusan lainnya, bidang studi agama cukup diminati oleh calon mahasiswa. Tidak hanya karena bidang studinya, jurusan ini juga banyak dipilih karena memiliki kualitas pendidikan yang baik. Apakah kamu berminat untuk kuliah di jurusan agama? Program apa saja yang tersedia?

Pendidikan Agama

jurusan kuliah agama

Pendidikan agama merupakan jurusan yang cukup banyak diminati oleh calon mahasiswa. Di jurusan ini, mahasiswa akan belajar ilmu agama secara umum dan nantinya bisa berkarier sebagai guru agama.

Di Indonesia sendiri, pendidikan agama yang tersedia cukup beragam. Tersedia jurusan kuliah baik itu untuk pendidikan agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, atau Khonghucu. Pemilihan jurusan dapat disesuaikan dengan agama yang ingin dipelajari.

Aqidah dan Filsafat Islam

Sesuai namanya, jurusan aqidah dan filsafat Islam merupakan studi di bidang agama Islam. Studinya sendiri lebih fokus pada aqidah atau perilaku serta pemikiran dari tokoh-tokoh Islam. Jurusan ini bisa kamu pilih jika tertarik pada studi filsafat dan aqidah terutama di agama Islam.

Studi Agama-agama

jurusan kuliah agama

Apakah kamu tertarik untuk mempelajari berbagai agama yang ada? Jika iya, jurusan studi agama-agama merupakan pilihan yang cocok. Kamu akan mempelajari semua agama yang ada secara netral baik itu asal-usulnya, hubungan antar agama, dan lain sebagainya.

Ilmu Hadits

Di dalam agama Islam, hadits merupakan ilmu penting yang perlu dipelajari. Mahasiswa jurusan ini akan belajar banyak hadits dan juga menafsirkannya. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari asal-usul, keabsahan, dan juga penerapannya.

Baca juga Apa Saja Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja?

Teologi

Jurusan teologi di Indonesia sering juga disebut sebagai ilmu agama Kristen. Mahasiswa jurusan ini akan belajar dan menganalisa teori agama serta penerapannya di masa sekarang ini. Jurusan ini bisa kamu temukan di beberapa kampus Kristen seperti Unika Atma Jaya, UKDW, dan UKSW.

Komunikasi Penyiaran Islam

jurusan kuliah agama

Komunikasi penyiaran Islam atau sering disingkat sebagai KPI merupakan jurusan kuliah di bidang agama yang populer dan memiliki banyak peminat. Jurusan ini fokus pada studi bidang penyiaran dalam agama Islam. Mahasiswa tidak hanya akan belajar ilmu broadcasting namun juga agama dan dakwah.

Ekonomi Syariah

Selain KPI, ekonomi syariah juga termasuk sebagai jurusan yang banyak diminati. Jurusan ini biasanya berada di Fakultas Ekonomi. Di jurusan ini, mahasiswa akan belajar ilmu ekonomi sesuai dengan prinsip agama Islam. Jurusan ini cukup diminati karena lulusannya sangat dibutuhkan di dunia kerja.

Hukum Keluarga Islam

jurusan kuliah agama

Jurusan kuliah di bidang agama lainnya yang tak kalah menarik yaitu hukum keluarga Islam. Pendidikan di jurusan ini fokus pada pengembangan kajian hukum keluarga dan peradilan Islam. Jurusan ini bisa ditemukan di banyak perguruan tinggi Islam di Indonesia baik negeri atau swasta.

Setidaknya ada 8 pilihan jurusan untuk yang tertarik kuliah di bidang agama. Tentunya, masih banyak jurusan di bidang agama lainnya yang tidak masuk ke daftar ini. Kamu bisa memilih jurusan yang paling sesuai dengan minat.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!