8 Program Studi Terfavorit di UNY

oleh | Apr 26, 2021 | Blog, Program Studi, PTN | 0 Komentar

Prodi Terfavorit UNY – Memilih jurusan kuliah merupakan kembimbangan yang umum bagi siapa pun yang ingin melanjutkan pendidikan. Berbagai pertimbangan seperti prospek kerja, tuntutan orang tua, atau kesesuaian minat merupakan aspek-aspek yang mempengaruhi pemilihan jurusan.

Selain itu, salah satu faktor yang tidak kalah penting yaitu memperhitungkan kemungkinan diterima di jurusan pilihan. Mempertimbangkan hal ini akan membantu untuk melihat keketatan persaingan. Apabila sesuai dengan kemampan, kesempatan diterima akan lebih besar.

Memperhitungkan kesempatan ini bisa dilakukan di semua perguruan tinggi, termasuk di Universitas Negeri Yogyakarta. Sebagai kampus yang masuk ke top 20 universitas di Indonesia versi Kemenristekdikti, UNY menarik banyak pendaftar. Berikut ini 8 program studi terfavorit di UNY berdasarkan jumlah pendaftar di tahun 2020.

Manajemen (15.475)

Program studi terfavorit di UNY dipegang oleh Manajemen. Tidak hanya di UNY, prodi ini termasuk yang paling diminati di berbagai universitas sehingga kepopulerannya di UNY bukanlah suatu hal yang mengagetkan.

Meskipun UNY dikenal karena jurusan pendidikannya, Manajemen bukanlah program studi pendidikan. Prodi ini merupakan ilmu murni sehingga lulusannya tidak menyandang gelar Sarjana Pendidikan.

Pada penerimaan 2020, Manajemen berhasil menarik minat 15.475 orang (total dari 3 jalur). Jika dibandingkan dengan daya tampungnya (258 orang), keketatan penerimaan Manajemen UNY mencapai 1:60.

Ilmu Komunikasi (10.618)

Prodi Terfavorit UNY

Program studi terfavorit kedua di UNY yaitu Ilmu Komunikasi. Meskipun prodi ini masih terbilang baru, Ilmu Komunikasi termasuk rumpun ilmu yang populer sehingga berhasil mendapatkan pendaftar sebanyak 10.618 orang di seleksi tahun 2020.

Penerimaan mahasiswa baru di Ilmu Komunikasi UNY dilakukan melalui 3 jalur yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan SM. Di tahun 2020, kuota penerimaannya secara berurutan yaitu 41, 54, dan 40 sehingga totalnya yaitu 135 orang. Apabila dibandingkan dengan peminatnya, keketatan Ilmu Komunikasi mencapai 1:78.

Psikologi (9.309)

Sama seperti Ilmu Komunikasi, Psikologi juga merupakan salah satu program studi yang cukup baru di UNY. Pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2020, secara keseluruhan, prodi ini menerima 90 orang yang terbagi lewat 3 jalur. Penerimaan jalur SNMPTN yaitu 27 orang, SBMPTN yaitu 36 orang, dan SM sebanyak 27 orang.

Selain sebagai salah satu prodi terfavorit, melihat jumlah pendaftar dan daya tampung, Psikologi juga termasuk program dengan selektivitas yang tinggi. Perbandingan mahasiswa yang diterima yaitu 90:9.309 atau 1:103.

Baca juga 7 Program Studi di UNY dengn Keketatan Tertinggi SNMPTN 2021.

Akuntansi (8.066)

Akuntansi merupakan program studi kedua di Fakultas Ekonomi yang masuk ke daftar ini setelah Manajemen. Terdapat 8.066 orang yang memilih prodi ini di seleksi UNY tahun 2020. Apabila dibandingkan dengan daya tampung yang tersedia (129 orang) maka keketatan penerimaan prodi ini yaitu 1:62.

Bukan hal yang mengherankan jika Akuntansi menarik minat banyak orang. Lulusan dari prodi ini memiliki kesempatan bekerja yang luas karena semua aspek bisnis memerlukan tenaga kerja yang ahli dalam bidang finansial.

Pendidikan Guru Sekolah Dasar atau PGSD (6.792)

Prodi Terfavorit UNY

Pendidikan Guru Sekolah Dasar atau bisa disingkat PGSD merupakan program studi dengan kuota penerimaan yang cukup banyak di daftar ini setelah Manajemen. Pada tahun 2020, sebanyak 225 orang lolos seleksi dan menjadi mahasiswa prodi ini. Jika dibandingkan dengan peminatnya, yaitu 6.792 orang, didapat selektivitas PGSD sebesar 1:30.

Teknologi Informasi (4.770)

Program studi dengan pendaftar terbanyak selanjutnya yaitu Teknologi Informasi. Bisa dibilang, program studi ini sedang naik daun di era digital saat ini. Hal ini terjadi karena banyaknya kebutuhan tenaga kerja di bidang ini.

Pada penerimaan tahun 2020, terdapat 4.770 orang yang memilih TI UNY. Daya tampungnya sendiri yaitu sebanyak 44 orang sehingga keketatan penerimaannya mencapai 1:108.

Teknik Sipil (4.721)

Prodi Terfavorit UNY

Bersaman dengan Teknologi Informasi, program studi Teknik Sipil merupakan dua dari beberapa prodi yang baru di UNY. Walaupun begitu, animo pendaftaran untuk program ini tidak rendah. Sebanyak 4.721 orang memilih Teknik Sipil UNY untuk melanjutkan studi dan hanya 44 orang yang diterima. Melihat hal ini, selektivitas penerimaannya yaitu sebesar 1:107.

Sastra Inggris (4.352)

Program studi terfavorit di UNY yang terakhir yaitu Sastra Inggris. Di tahun 2020, prodi ini menerima sebanyak 88 orang untuk menjadi mahasiswa barunya. Meskipun penerimannya tidak sebanyak itu, 4.352 orang tetap memperebutkan kursi untuk prodi ini. Apabila dibandingkan, seleksi untuk menjadi mahasiswa Sastra Inggris UNY keketatannya yaitu 1:49.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Jurusan PGSD!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Jurusan PGSD!

Jurusan PGSD – Ada banyak jurusan kuliah yang tersedia di Indonesia dengan fokus pendidikan yang berbeda-beda. Fokus yang bermacam-macam ini disesuaikan dengan kebutuhan lulusannya sebagai tenaga ahli. Salah satu fokus ilmu yang ada di dunia perkuliahan yaitu...

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Kelas Internasional UII – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dapat dilakukan dengan mengikuti program perkuliahan di universitas. Program pendidikan yang bisa diikuti tidaknya kelas reguler, namun ada juga program lainnya seperti kelas ekstensi dan...

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan pilihan banyak orang selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas. Pendidikan ini bisa didapat dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Di Indonesia sendiri, banyak yang...