Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

8 Tips Sukses Menghadapi Tes untuk Masuk Kuliah

oleh | Jan 28, 2022 | Blog, Tips | 0 Komentar

Tes Masuk Kuliah – Setelah menyelesaikan pendidikan di jenjang sekolah menengah, salah satu pilihan yang bisa diambil yaitu masuk ke perguruan tinggi. Di jenjang pendidikan yang lebih tinggi ini, seseorang bisa belajar tentang ilmu yang lebih spesifik serta mendapat kemampuan yang dibutuhkan untuk masuk ke dunia kerja.

Tentunya, untuk bisa masuk ke perguruan tinggi, seseorang perlu untuk mengikuti seleksi terlebih dahulu. Seleksi ini dilakukan supaya perguruan tinggi bisa mendapatkan mahasiswa dengan kompetensi yang sesuai dan bisa menyelesaikan studi. Seleksinya pun beragam baik itu tes akademik, wawancara, esai, dan lain sebagainya.

Apakah kamu akan menghadapi tes untuk masuk ke perguruan tinggi? Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan ketika akan menghadapi tes masuk kuliah.

Mencari Informasi Tentang Berbagai Jenis Tes Masuk Kuliah

tes masuk kuliah

Tips pertama yang bisa kamu lakukan yaitu mencari informasi tentang berbagai jenis tes yang ada untuk masuk ke perguruan tinggi. Setiap perguruan tinggi memiliki jalur penerimaan mahasiswa baru yang berbeda-beda. Kamu perlu mengetahui informasi terkait jalur seleksi ini supaya bisa tidak tertinggal ketika akan mengikuti tes.

Memetakan Saingan di Jurusan yang Dipilih

Setiap jurusan dan kampus tentunya memiliki tingkat persaingan yang berbeda-beda. Jika sudah mengetahui jurusan yang akan dipilih, kamu bisa melakukan pemetaan saingan. Kamu bisa melakukannya dengan melihat informasi tahun sebelumnya terkait jumlah pendaftar, nilai minimal, tingkat selektivitas, dan lain sebagainya.

Mengatahui Proses dan Tahapan Seleksi yang Akan Dihadapi

Masing-masing perguruan tinggi memiliki jalur seleksi yang berbeda-beda. Pada setiap jalur, tahapan seleksi yang perlu diikuti oleh calon mahasiswa pun berbeda-beda juga. Biasanya, terdapat beberapa tes yang mungkin akan dihadapi seperti seleksi administrasi, tes kemampuan akademik, psikotes, wawancara, dan lain sebagainya.

Baca juga Apa Saja Biaya yang Perlu Disiapkan Saat Masuk Kuliah?

Melakukan Persiapan Sesuai Jalur yang Dipilih

tes masuk kuliah

Jika kamu sudah mengetahui proses seleksi sesuai jalur yang dipilih, maka akan lebih mudah untuk melakukan persiapan. Kamu bisa melakukan latihan sesuai dengan tahapan yang akan dihadapi. Persiapan sesuai jenis tes ini penting supaya kamu bisa menghadapi seleksi sesungguhnya dengan lebih matang.

Membuat Rencana Belajar dan Goals

Tips menghadapi tes masuk kuliah yang selanjutnya yaitu membuat rencana belajar dan juga goals. Kamu bisa membuat suatu goals yang ingin kamu capai, seperti misalnya nilai try out. Berdasarkan goals tersebut, kamu pun dapat membuat rencana belajar. Adanya rencana belajar akan membuatmu lebih mudah mencapai goals yang diinginkan.

Rajin Berlatih Soal

tes masuk kuliah

Bisa karena berlatih’ juga berlaku ketika kamu akan mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi. Kamu perlu untuk rajin belajar dan mengerjakan soal terutama. Kamu bisa memilih latihan-latihan soal sesuai dengan ujian yang nantinya akan dihadapi. Selain itu, melalui latihan ini, kamu juga bisa mengetahui bagian-bagian yang kurang dikuasai.

Mengikuti Program Bimbingan Belajar

Apabila merasa kurang efektif ketika belajar secara mandiri, kamu bisa memilih untuk mengikuti bimbingan belajar khusus. Pilih bimbingan belajar terpercaya yang sesuai dengan perguruan tinggi tujuanmu. Melalui bimbingan belajar ini, kamu akan mendapatkan ilmu dan pelatihan yang sesuai dari orang-orang yang lebih berpengalaman.

Menjaga Kesehatan

tes masuk kuliah

Tips terakhir yang tidak kalah penting yaitu selalu menjaga kesehatan. Mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi tentunya akan menguras tenaga dan pikiran. Kamu perlu untuk selalu menjaga kesehatan dengan memperhatikan pola makan dan tidur yang cukup. Hal ini dilakukan supaya kamu tetap bugar saat waktunya mengikuti ujian.

Itulah 8 tips sukses menghadapi tes masuk kuliah yang bisa kamu coba sebagai persiapan. Beberapa tips di atas akan membantumu supaya lebih siap dalam menghadapi seleksi penerimaan di perguruan tinggi. Semoga sukses!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…