Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Apa Saja Biaya yang Perlu Disiapkan Saat Masuk Kuliah?

oleh | Jan 20, 2022 | Biaya Kuliah, Blog | 0 Komentar

Biaya Masuk Kuliah – Masuk ke dunia perkuliahan, tentunya ada berbagai hal yang perlu disiapkan. Salah satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan ketika akan masuk kuliah yaitu biaya. Bukan hal baru lagi jika biaya untuk berkuliah tidaklah murah, sehingga perlu dihitung dengan matang.

Biaya perkuliahan yang perlu disiapkan tentunya akan berbeda-beda untuk setiap orang. Ada banyak faktor yang membuat biaya ini berbeda-beda seperti kampus, jurusan, gaya hidup, dan lain sebagainya. Apa saja sebenarnya biaya yang perlu disiapkan? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Berbagai Biaya di Dunia Kuliah

Saat akan memasuki dunia perkuliahan, ada berbagai biaya yang perlu untuk dipersiapkan oleh mahasiswa. Berikut ini beberapa biaya yang perlu diperhatikan.

Biaya Ujian Masuk

Biaya pertama yang harus disiapkan sebelum masuk ke dunia perkuliahan yaitu biaya ujian. Setiap ujian yang akan dihadapi memiliki biaya yang berbeda-beda. Biaya ini perlu disiapkan sebagai langkah awal karena untuk bisa masuk kuliah setiap calon mahasiswa harus mengikuti seleksi terlebih dahulu.

Uang Pangkal

Uang pangkal merupakan biaya yang perlu dibayarkan pada awal masuk kuliah. Biaya ini hanya dibebankan satu kali namun biasanya memiliki nominal besar. Meskipun begitu, beberapa kampus memberikan opsi cicilan untuk pembayaran biaya pangkal ini sehingga bisa meringankan beban calon mahasiswa.

Biaya Kuliah Per Semester

Biaya kuliah tentunya harus diperkirakan saat akan masuk kuliah. Biaya kuliah ini bisa juga disebut dengan tuition fee yang dibayarkan setiap semester. Di kampus negeri, biaya ini disebut UKT yang besarannya ditentukan oleh kemampuan ekonomi. Jumlahnya pun sama setiap semester. Sedangkan di kampus swasta, besarannya ditentukan oleh berbagai komponen sehingga bisa berbeda-beda setiap semester.

Biaya Praktikum

Bagi mahasiswa yang masuk ke jurusan dengan banyak praktikum, tentunya harus menyiapkan biaya tambahan. Berbagai hal yang digunakan dalam praktikum ini membutuhkan biaya dan terkadang tidak murah. Mahasiswa harus siap untuk mengeluarkan biaya tambahan supaya bisa mengikuti praktikum dengan lancar.

Biaya Perkuliahan Lainnya

Selain biaya-biaya di atas, ada komponen lain yang perlu disiapkan saat masuk ke dunia perkuliahan. Ada berbagai biaya lain yang mungkin perlu untuk dibayarkan seperti biaya KKN, biaya UTS, biaya UAS, biaya wisuda, dan lain sebagainya. Besarannya sendiri akan berbeda-beda tergantung kebijakan kampus.

Biaya Penunjang

Selama mengikuti perkuliahan, ada biaya tambahan lain yang diperlukan untuk menunjang studi. Mahasiswa perlu menyiapkan berbagai biaya lain seperti untuk membeli buku, membeli laptop, fotokopi, dan lain sebagainya. Biaya ini terkadang tidak terlihat padahal jika tidak disiapkan bisa cukup membebani.

Biaya Hidup

Biaya lainnya yang perlu disiapkan saat akan masuk kuliah yaitu biaya hidup. Mahasiswa tentunya akan membutuhkan biaya besar untuk bisa bertahan hidup. Beberapa biaya yang perlu untuk diperhitungkan yaitu bayar kos, biaya makan, biaya transportasi, biaya kesehatan, dan lain sebagainya.

Baca juga Mencari Beasiswa untuk Kuliah di Indonesia? Yuk, Simak Daftarnya!

Apa yang Bisa Dilakukan untuk Mengurangi Biaya Kuliah?

biaya masuk kuliah

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk kuliah tentunya tidak murah. Mahasiswa tidak hanya perlu menyiapkan uang kuliah per semester. Ada banyak biaya tambahan lain yang semakin membebani pengeluaran. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi biaya kuliah.

  • Memilih kampus dengan biaya pangkal yang rendah. Di kampus negeri, biasanya mahasiswa jalur SNMPTN dan SBMPTN tidak perlu membayar uang pangkal.
  • Mempelajari komponen biaya perkuliahan di kampus yang dituju sebelum mendaftar.
  • Memilih jurusan yang tidak membutuhkan banyak biaya tambahan.
  • Memilih tempat tinggal di dekat kampus sehingga lebih hemat biaya transportasi.
  • Mencari beasiswa untuk meringankan beban biaya kuliah.
  • Mencari pendapatan tambahan baik dari bekerja paruh waktu, mengikuti proyek, atau lomba.

Itulah penjelasan tentang Apa Saja Biaya yang Perlu Disiapkan Saat Masuk Kuliah? Kamu perlu memperhatikan berbagai komponen di atas sebelum masuk ke dunia perkuliahan. Pastikan telah menyiapkan biaya ini dengan baik sehingga kuliah bisa berjalan lancar.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…