Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Apa Itu Jurusan Ekonomi Pembangunan? Cari Tahu, Yuk!

oleh | Nov 2, 2021 | Blog, Jurusan Kuliah | 0 Komentar

Jurusan Ekonomi Pembangunan – Ada banyak jurusan kuliah yang bisa dipilih ketika ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Calon mahasiswa bisa memilih satu jurusan yang paling sesuai dengan keinginannya ketika melakukan pendaftaran. Jika lolos seleksi, calon mahasiswa akan mengikuti pendidikan sesuai jurusan yang dipilih.

Pemilihan jurusan ini tidak bisa dianggap remeh karena berhubungan dengan masa depan. Banyak orang yang kemudian memilih jurusan populer karena tidak mengetahui jurusan lain yang ada. Padahal, banyak jurusan-jurusan yang memiliki prospek bagus meski tidak begitu dikenal.

Salah satu jurusan yang kamu pertimbangkan ketika akan masuk kuliah yaitu Ekonomi Pembangunan. Jurusan ini memang tidak sepopuler jurusan dalam rumpun ekonomi lain seperti Manajemen. Namun, jurusan ini patut dipertimbangkan karena mahasiswa akan mendapat berbagai ilmu yang berguna di masa depan.

Penasaran tentang Ekonomi Pembangunan? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Tentang Jurusan Ekonomi Pembangunan

Ekonomi Pembangunan adalah ilmu yang merupakan cabang dari Ekonomi. Perbedaannya, ilmu ini lebih fokus pada pembangunan baik itu yang sudah, sedang, atau akan terjadi terutama di negara berkembang. Pembangunan ini juga mencakup berbagai sektor sperti bisnis, keuangan, perbankan, dan industri lainnya.

Mahasiswa jurusan Ekonomi Pembangunan akan akrab dengan berbagai permasalah ekonomi terutama di bidang pembangunan. Mahasiswa perlu menganalisis isu-isu tersebut dan kemudian mencari solusi secara inovatif, kritis, dan juga kreatif.

Melalui pembejalaran yang didapatkan saat berkuliah di Ekonomi Pembangunan, mahasiswa akan mendapat ilmu dan kemampuan untuk menghadapi bidang pembangunan negara. Lulusannya diharapkan bisa memberi kontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan di bidang ekonomi.

Baca juga 8 Prospek Kerja untuk Mahasiswa Jurusan Manajemen.

Apa Saja yang Dipelajari di Ekonomi Pembangunan?

Mahasiswa Ekonomi Pembangunan akan mempelajari berbagai hal yang diperlukan dalam studi ilmu ini. Mahasiswa tidak hanya belajar ekonomi namun juga matematika, ilmu keuangan internasional, dan lain-lain. Ilmu-ilmu tersebut perlu untuk dipelajari supaya bisa menjadi lulusan Ekonomi Pembangunan yang berkualitas.

Tentunya, kurikulum pembelajaran Ekonomi Pembangunan akan berbeda-beda untuk setiap perguruan tinggi mengikuti standar masing-masing. Sebagai gambaran, berikut ini contoh mata kuliah Ekonomi Pembangunan di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

jurusan ekonomi pembangunan
jurusan ekonomi pembangunan

Kampus yang Membuka Program Ekonomi Pembangunan

Ekonomi Pembangunan merupakan jurusan yang tersedia di berbagai kampus di Indonesia. Banyak perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang menyelenggarakan studi untuk bidang ini. Beberapa kampus yang membuka jurusan ini yaitu:

  • Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Universitas Negeri Semarang
  • Unviersitas Terbuka
  • Universitas Syiah Kuala
  • Universitas Sebelas Maret
  • Universitas Negeri Malang
  • Universitas Padjadjaran

Itulah penjelasan tentang Apa Itu Jurusan Ekonomi Pembangunan? Cari Tahu, Yuk! Jurusan ini tersedia di berbagai kampus di Indonesia. Jika tertarik, kamu bisa memilih jurusan ini ketika melakukan pendaftaran kuliah.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!