8 Prospek Kerja untuk Mahasiswa Jurusan Manajemen

oleh | Okt 7, 2021 | Blog, Program Studi | 0 Komentar

Prospek Kerja Manajemen –Jurusan Manajemen merupakan pilihan yang banyak diambil oleh siswa ketika mendaftar kuliah. Manejemen adalah jurusan favorit yang selalu diminati di setiap universitas. Pada penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN dan SBMPTN misalnya, jurusan ini selalu masuk ke daftar peminat terbanyak.

Jurusan Manajemen banyak dipilih tentunya karena banyak alasan. Salah satu faktor yang membuat banyak orang memilih jurusan Manajemen yaitu karena prospek kerjanya yang luas. Lulusan jurusan ini selalu dibutuhkan dan bisa masuk ke berbagai jenis perusahaan, tidak terbatas dalam satu bidang saja.

Luasnya lapangan pekerjaan yang bisa dipilih oleh mahasiswa Manajemen disebabkan karena bekal ilmu yang didapatkan saat kuliah. Yuk, cari tahu perkuliahan di jurusan ini dan juga prospek kerjanya!

Kuliah di Jurusan Manajemen

prospek kerja manajemen

Manajemen merupakan jurusan yang favorit dalam rumpun Sosial dan Humaniora. Jurusan ini diminati tidak hanya oleh siswa lulusan IPS namun juga jurusan lainnya seperti IPA. Manajemen sendiri berada dalam disiplin ilmu ekonom sehingga biasanya berada dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, Manajemen merupakan ilmu yang banyak dibutuhkan. Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari banyak hal mulai dari manusia, organisasi, keuangan, perbankan, pemasaran, dan lain-lain. Fokus ilmu ini sangat dibutuhkan di dunia profesional sehingga lulusannya memiliki kesempatan kerja yang luas.

Saat berkuliah di jurusan Manajemen sendiri, mahasiswa akan mempelajari berbagai bidang. Ketika di awal kuliah, mahasiswa akan mengikuti perkuliahan secara umum. Namun, menginjak tahun kedua atau ketiga, terdapat konsentrasi ilmu yang dapat dipilih seperti perbankan, bisnis, keuangan, pemasaran, operasi, dan sumber daya manusia.

Baca juga Mengenal Manajemen, Program Studi Terketat di SNMPTN 2021.

Prospek Kerja Jurusan Manajemen

Mahasiswa jurusan manajemen akan dibekali ilmu yang akan sangat berguna di dunia kerja nantinya. Ilmu dan keterampilan yang telah didapatkan bisa digunakan untuk menekuni berbagai profesi yang berbeda. Berikut ini beberapa prospek kerja untuk lulusan Manajemen.

Bidang Pemasaran

Pilihan pekerjaan yang bisa ditekuni oleh lulusan Manajemen yang pertama yaitu di bidang pemasaran. Pekerjaan ini dibutuhkan oleh perusahaan untuk menaikkan brand awareness produk sehingga penjualannnya akan meningkat. Selain itu, pekerja bidang ini juga perlu melakukan market research untuk mengerti kondisi pasar.

Bidang Sales

Masih sedikit bersinggungan dengan pemasaran, lulusan Manajemen juga bisa memilih untuk bekerja di bidang sales atau penjualan. Di bidang ini, pekerja akan langsung berhubungan dengan penjualan produk. Kamu akan diminta untuk membuat strategi terbaik guna bisa menjual produk sesuai dengan target.

HRD

Salah satu bidang yang dipelajari oleh mahasiswa Manajemen yaitu Sumber Daya Manusia (SDM). Jika kamu mempelajari bidang ini, kamu akan berkesempatan untuk berikarier di bidang Human Resource Developmet (HRD). Di sini, kamu akan mengelola karyawan perusahaan seperti rekrutmen, pengembangan, dan lain-lain.

Business Development

Prospek kerja berikutnya untuk lulusan Manajemen yaitu di Business Development. Sesuai namanya, bekerja di bidang ini akan menuntut kamu untuk bisa mengembangkan sebuah bisnis. Pengembangan ini dilakukan dalam berbagai sisi baik itu untuk internal maupun eksternal perusahaan.

Bidang Keuangan

Sebagai lulusan Manajemen, kamu juga bisa bekerja di bidang keuangan. Kamu bisa bekerja dalam tim finansial perusahaan yang mengurusi berbagai hal terkait keuangan seperti investasi, pengeluaran, dan lain-lain. Jika kamu berminat bekerja di bidang ini, pastikan kamu memiliki skill yang mumpuni di bidang keuangan.

Akademisi

Lulusan Manajemen tentunya juga memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai akademisi seperti dosen. Pekerjaan ini cocok jika kamu memang tertarik untuk mengembangkan ilmu terutama dalam bidan Manajemen. Hanya saja, jika kamu ingin menjadi dosen, kamu perlu untuk berkuliah lagi di jenjang Pascasarjana.

Konsultan Manajemen

Konsultan Manajemen juga merupakan pilihan pekerjaan yang bisa kamu tekuni setelah lulus dari jurusan ini. Kamu akan bekerja dengan banyak orang untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh klien. Kamu akan bertanggung jawab untuk mencari solusi yang bisa diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut.

Bidang Operasional

Bekerja di bidang operasional juga bisa dipilih oleh kamu yang belajar Manajemen. Bidang operasional merupakan divisi yang penting dalam berjalannya perusahaan. Kamu akan bekerja dalam cakupan yang luas seperti pengelolaan pabrik, logistik, atau kantor.

Itulah 8 prospek kerja untuk mahasiswa jurusan Manajemen yang bisa kamu pilih setelah lulus kuliah. Jurusan ini memiliki ilmu yang bisa diterapkan di berbagai bidang. Jadi, kamu bisa mendaftar di banyak perusahaan yang membuka lowongan sesuai kemampuanmu.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Kelas Internasional UII – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dapat dilakukan dengan mengikuti program perkuliahan di universitas. Program pendidikan yang bisa diikuti tidaknya kelas reguler, namun ada juga program lainnya seperti kelas ekstensi dan...

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan pilihan banyak orang selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas. Pendidikan ini bisa didapat dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Di Indonesia sendiri, banyak yang...