Apa Sebenarnya Prospek Kerja Bagi Lulusan Ilmu Gizi?

oleh | Des 18, 2021 | Blog, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek Kerja Ilmu Gizi – Bagi calon mahasiswa, menentukan jurusan di perguruan tinggi tentunya membutuhkan banyak pertimbangan. Prospek karier ke depannya merupakan salah satu aspek yang perlu dipertimbangkan dengan matang. Hal ini penting karena setiap jurusan tentunya memiliki peluang kerja yang berbeda-beda.

Di bidang sains dan teknologi, jurusan Ilmu Gizi merupakan program yang cukup banyak diminati oleh calon mahasiswa. Jurusan ini mempelajari ilmu kesehatan yang fokus pada asupan gizi manusia. Salah satu penyebab populernya jurusan ini yaitu karena prospek kerjanya yang luas. Ada apa saja?

Tentang Jurusan Ilmu Gizi

Ilmu Gizi adalah jurusan yang mempelajari tentang kandungan atau gizi dalam bahan pangan. Di jurusan ini, mahasiswa akan belajar tentang nutrisi dalam makanan yang digunakan untuk pemenuhan gizi manusia. Tentunya, mahasiswa juga akan memahami tentang pola hidup sehat dan juga program diet.

Keberadaan jurusan ini sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Jurusan ini dibutuhkan untuk memastikan pemenuhan gizi masyarakat. Jika gizi masyarakat terpenuhi, maka akan memberi pengaruh besar terhadap perkembangan terutama di masa pertumbuhan manusia.

Baca juga 7 Pilihan Prospek Kerja Setelah Lulus dari Jurusan Farmasi.

Prospek Kerja Ilmu Gizi

prospek kerja ilmu gizi

Ilmu Gizi termasuk sebagai jurusan yang memiliki prospek kerja luas. Jurusan ini bisa masuk ke bidang pangan, kesehatan, bahkan keolahragaan. Berikut ini beberapa pekerjaan yang bisa dipilih oleh lulusan Ilmu Gizi.

Ahli Gizi Rumah Sakit

Ilmu Gizi merupakan studi yang berkaitan dengan kesehatan. Lulusannya tentu dapat berkarier di bidang ini seperti menjadi ahli gizi rumah sakit di unit instalasi gizinya. Pekerjaan ini mengharuskan seseorang untuk menyiapkan menu makanan bagi pasien sesuai dengan kondisinya.

Konsultan Gizi

Lulusan Ilmu Gizi juga bisa memilih untuk berkarier sebagai konsultan gizi. Seorang konsultan gizi bisa bekerja di mana saja baik itu di perusahaan, klinik, rumah sakit, atau pusat kebugaran. Seorang konsultan gizi akan membantu pasien atau kliennya untuk mencapai tujuannya seperti membentuk massa otot, menurunkan berat badan, dan lain-lain.

Bekerja di Restoran dan Hotel

Bagi kamu yang terarik berkarier di bidang kuliner, bisa memilih untuk bekerja di restoran atau hotel. Kamu bisa menjadi salah satu crew restoran dan bekerja di bawah chef. Kamu akan bertanggung jawab untuk memantau kandungan gizi dari makanan yang disajikan sehingga tetap seimbang dan nikmat.

Bekerja di Industri Makanan dan Minuman

Prospek kerja lainnya bagi lulusan Ilmu Gizi yaitu berkarier di perusahaan makanan dan minuman. Kamu bisa bekerja di beberapa bagian yang membutuhkan ahli gizi seperti penelitian dan pengembangan atau penjaminan mutu. Kamu perlu memastikan bahwa nutrisi yang tercantum dalam produk sudah sesuai ketentuan.

Pengusaha Bidang Kuliner

Jika kamu memiliki jiwa wirausaha, tidak ada salahnya untuk mencoba membuka usaha sendiri seperti di bidang kuliner. Kamu bisa membuat usaha kuliner yang lezat namun dengan kandungan gizi lengkap seperti misalnya catering sehat.

Bekerja di Lembaga Kesehatan Masyarakat

Pekerjaan lainnya yang dapat dicoba jika kamu lulus dari Ilmu Gizi yaitu bekerja di lembaga kesehatan masyarakat. Beberapa lembaga yang membutuhkan ahli gizi yaitu seperti klinik, Puskesmas, dan Posyandu. Kamu bisa memberikan penyuluhan terkait pentingnya gizi kepada masyarakat.

Itulah penjelasan tentang apa sebenarnya prospek kerja bagi lulusan Ilmu Gizi? Lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan di berbagai bidang. Sudah semakin yakin untuk masuk ke jurusan Ilmu Gizi?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…