Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

7 Pilihan Prospek Kerja Setelah Lulus dari Jurusan Farmasi

oleh | Nov 23, 2021 | Blog, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek Kerja Farmasi – Jurusan di dunia perkuliahan yang berada di lingkup kesehatan cukup beragam. Bagi kamu yang ingin masuk ke dunia kesehatan namun tidak ingin menjadi dokter atau perawat, salah satu jurusan yang dipilih yaitu Farmasi.

Jurusan Farmasi bisa kamu pilih jika kamu tertarik dengan dunia kesehatan, terutama di bidang kimia atau obat-obatan. Kemudian, setelah lulus kamu bisa memilih berbagai pekerjaan yang membutuhkan keahlian farmasi. Apa saja prospek kerja Farmasi yang bisa dipilih? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Jurusan Farmasi?

Farmasi merupakan jurusan yang berada di bidang kesehatan. Bidang pendidikan ini tidak mempelajari tubuh manusia seperti anatomi, namun lebih ke obat-obatan. Kamu akan banyak belajar di bidang kimia untuk bisa meracik obat sesuai dengan kebutuhan. Bidang ini tentunya penting karena peracikan senyawa obat tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Sama seperti jurusan perkuliahan lainnya di jenjang sarjana, perkuliahan di jurusan Farmasi dilaksanakan selama 4 tahun atau 8 semester. Selama waktu tersebut, kamu akan mendapat banyak pelajaran terkait dunia farmasi. Kemudian, kamu juga bisa memilih bidang peminatan yang disediakan oleh kampus seperti:

  • Farmasi sains dan teknologi
  • Farmasi industri
  • Farmasi klinik
  • Farmasi bahan alam

Jika kamu memilih salah satu peminatan, kamu akan mendapatkan perkuliahan yang sesuai. Mata kuliah pilihan di peminatan tersebut bisa diambil di semester-semester akhir sekitar semester 5.

Baca juga Yuk, Lebih Mengenal seperti Apa Jurusan Kesehatan Masyarakat Itu!

Prospek Kerja Lulusan Farmasi

prospek kerja farmasi

Mahasiswa jurusan Farmasi akan mendapatkan banyak ilmu yang bisa digunakan di dunia kerja. Berikut ini beberapa prospek kerja jurusan Farmas yang bisa dipilih oleh lulusannya.

Apoteker

Apoteker adalah profesi yang paling dikenal bagi lulusan jurusan Farmasi. Seorang apoteker akan bertanggung jawab tentang peracikan obat sesuai permintaan dan kebutuhan. Apoteker bisa bekerja di apotek, rumah sakit, atau klinik. Jika tertarik bekerja sebagai apoteker, setelah  lulus kamu perlu mengambil pendidikan profesi terlebih dahulu.

Industri Farmasi

Pilihan pekerjaan yang lainnya yaitu bekerja di industri farmasi. Di industri ini, kamu akan bekerja untuk membuat obat-obatan. Obat yang dibuat pun tidak selalu yang sudah terkenal. Kamu bersama tim pengembangan produk bisa melakukan berbagai penelitian untuk menghasilkan produk obat baru.

Penyuluh Kesehatan

Lulusan Farmasi tentunya akan memiliki pengetahuan terkait dunia kesehatan terutama tentang penggunaan obat. Ilmu ini bisa kamu manfaatkan jika ingin terjun ke masyarakat menjadi penyuluh kesehatan. Tidak hanya tentang obat, kamu juga bisa memberikan penyuluhan tentang gaya hidup atau konsumsi makanan.

Bidang Kecantikan

Tidak melulu tentang dunia kesehatan dan obat, kamu juga bisa bekerja di bidang kecantikan. Industri ini membutuhkan ahli di bidang farmasi untuk pembuatan produk-produk kecantikan. Kamu akan membuat produk yang aman dan berguna di bidang ini. Selain itu, kamu juga bisa berprofesi sebagai konsultan atau ahli terapi kecantikan.

Perusahaan Makanan

Prospek kerja lulusan Farmasi yang selanjutnya yaitu di perusahaan makanan. Perusahaan yang bergerak di bidang ini membutuhkan kemampuan dari ahli farmasi untuk pengembangan produknya. Di divisi research and development, kamu akan melakukan pengembangan makanan yang inovatif dan aman unutk dikonsumsi.

Lembaga Pemerintah

Lulusan Farmasi juga bisa memilih untuk bekerja di lembaga pemerintah. Salah satu instansi yang membutuhkan lulusan jurusan ini yaitu Badan Pengawasan Obat dan Makanan atau BPOM. Kamu akan melakukan berbagai jenis uji untuk mengetahui kualitas serta menjaga peredaran produk yang aman bagi masyarakat.

Pengajar atau Dosen

Jika kamu tertarik di dunia pendidikan, prospek kerja Farmasi yang bisa dipilih yaitu menjadi pengajar atau dosen. Kamu bisa memilih pekerjaan ini jika memenuhi syarat. Kamu perlu menempuh pendidikan lanjut di jenjang S2 untuk bisa mendaftar menjadi dosen.

Itulah 7 pilihan prospek kerja setelah lulus dari jurusan Farmasi. Pilihan pekerjaan untuk jurusan ini sangatlah luas. Kamu bisa memilih pekerjaan yang paling sesuai dengan passion atau kemampuan.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!