Seperti Apa Sebenarnya Kuliah di Jurusan Kedokteran Gigi Itu?

oleh | Nov 22, 2021 | Blog, Jurusan Kuliah, Kedokteran | 0 Komentar

Jurusan Kedokteran Gigi – Kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang penting bagi setiap orang. Kesehatan bagian oral ini tidak hanya berpengaruh pada penampilan namun juga berkaitan dengan berbagai bagian tubuh lainnya.

Supaya kesehatan bagian tubuh ini tetap terjaga, dibutuhkan kajian dan ahli-ahli yang fokus mempelajari bidang ini. Kedokteran gigi merupakan jurusan yang diadakan khusus untuk studi ini. Lulusan jurusan pendidikan dokter gigi akan memiliki ilmu dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi tenaga medis di bidang kesehatan oral.

Kedokteran gigi sendiri termasuk sebagai program yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Sebenarnya, apa yang dipelajari di jurusan ini? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Jurusan Kedokteran Gigi?

Jurusan kedokteran gigi merupakan studi yang fokus pada kajian dan praktik di bidang kesehatan gigi dan mulut. Mahasiswa akan belajar tentang struktur gigi, penyakit oral, melakukan penindakan, dan lain sebagainya. Selain itu, mahasiswa juga akan dilatih keterampilannya untuk tetap memperhatikan sisi estetis ketika melakukan penindakan.

Meskipun memiliki fokus dalam kesehatan gigi dan mulut, mahasiswa kedokteran gigi juga akan mendapatkan pembelajaran lainnya. Selama kuliah, mahasiswa tetap akan mempelajari ilmu kedokteran dasar. Hal ini diperlukan karena permasalahan gigi dan mulut memiliki kaitan erat dengan penyakit di bagian tubuh lainnya.

Sistem Perkuliahan di Pendidikan Dokter Gigi

jurusan kedokteran gigi
03/13/2014 – Boston, Mass. – Alexandra Bassett, D14, mentors Madison High School senior Tatyana Nembhard in the clinic at the Tufts University School of Dental Medicine on March 13, 2014. (Alonso Nichols/Tufts University)

Perkuliahan di jurusan kedokteran gigi memiliki sistem yang berbeda dengan jurusan-jurusan lainnya. Mahasiswa akan menjalani beberapa fase pendidikan sebelum bisa menyandang gelar dokter gigi dan melangsungkan praktik. Ada beberapa tahapan pendidikan yang perlu dilalui mahasiswa yaitu sebagai berikut.

Pendidikan akademis atau praklinik

Fase pendidikan pertama yang perlu untuk diikuti oleh mahasiswa yaitu tahapan praklinik atau pendidikan akademis. Di tahapan ini, mahasiswa akan belajar di kampus terkait teori dan juga praktik. Pendidikan ditempuh selama kurang lebih 4 tahun dan setelah lulus akan mendapat gelar Sarjana Kedokteran Gigi atau S.Kg.

Koas atau profesi

Setelah mendapatkan gelar sarjana, mahasiswa perlu mengikuti tahapan pendidikan yang selanjutnya yaitu koas atau pendidikan profesi kedokteran gigi. Di fase ini, mahasiswa akan melaksanakan praktik di rumah sakit atau klinik gigi di bawah pengawasan dosen. Masa pendidikan ini sendiri ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 sampai 2 tahun.

Uji kompetensi

Tahapan yang berikutnya yaitu mengikuti Ujian Kompetensi Dokter Gigi Indonesia atau UKDGI. Ujian ini perlu diikuti untuk bisa mendapatkan sertifikat kompetensi. Jika dinyatakan lulus, mahasiswa bisa mengurus Surat Tanda Registrasi (STR) dan dinyatakan legal untuk melakukan praktik kedokteran gigi di Indonesia.

Baca juga Yuk, Ketahui Apa Saja Persiapan untuk Menjadi Mahasiswa Kedokteran!

Contoh Blok atau Mata Kuliah di Jurusan Kedokteran Gigi

Pelaksanaan pendidikan di jurusan ini dilakukan dengan sistem blok. Di dalam setiap blok, mahasiswa akan mempelajari komptensi yang telah ditentukan. Kurikulum ini dibuat berdasarkan kebijakan kampus dan mengikuti peraturan Konsil Kedokteran Indonesia. Sebagai contoh, berikut ini kurikulum kedokteran gigi di UMY.

jurusan kedokteran gigi
jurusan kedokteran gigi
jurusan kedokteran gigi

Perguruan Tinggi yang Membuka Pendidikan Dokter Gigi

Pendidikan dokter gigi termasuk sebagai program yang banyak dipilih oleh calon mahasiswa. Program ini sendiri tersedia di banyak perguruan tinggi di Indonesia baik kampus swasta atau negeri. Beberapa perguruan tinggi yang membuka jurusan kedokteran gigi yaitu:

  • Universitas Indonesia
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Airlangga
  • Universitas Trisakti
  • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Jember

Itulah penjelasan tentang seperti apa sebenarnya kuliah di jurusan kedokteran gigi itu? Kamu bisa memilih jurusan ini jika tertarik dengan dunia kesehatan terutama di gigi dan mulut.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…