Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

BAN-PT Adalah Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, Yuk, Cari Tahu!

oleh | Mar 15, 2022 | Blog | 0 Komentar

BAN PT adalah – Akreditasi menjadi tolak ukur perguruan tinggi untuk memiliki mutu pendidikan yang baik. Ada lembaga akreditasi yang diakui oleh pemerintah di Indonesia yaitu BAN-PT. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) mempunyai peran penting dalam proses akreditasi.

BAN-PT merupakan satu-satunya badan akreditasi yang memperoleh wewenang di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi. Perguruan tinggi yang telah terakreditasi oleh BAN-PT sudah tidak diragukan lagi kualitas pendidikannya. Bagi kamu yang belum mengenal apa itu BAN-PT, simak penjelasannya di bawah ini.

Mengenal BAN-PT

BAN-PT dibentuk oleh pemerintah pada tahun 1994. Lembaga ini memiliki kewenangan untuk melakukan akreditasi perguruan tinggi dan program studi. BAN-PT melaksanakan akreditasi bagi semua institusi pendidikan tinggi, baik PTN, PTS, PTA, PTK, dan Perguruan Tinggi Terbuka Jarak Jauh (PTTJJ).

BAN-PT bertugas dan berwenang dalam menyusun dan menetapkan instrumen akreditasi Perguruan Tinggi berdasarkan Standar Pendidikan Tinggi. Sesuai dengan tugas dan kewenangannya, BAN-PT menetapkan instrumen akreditasi yang mencakup instrumen akreditasi program studi dan instrumen akreditasi perguruan tinggi.

Visi dan Misi BAN-PT

Visi BAN-PT

BAN-PT memiliki visi menjadi lembaga akreditasi perguruan tinggi yang independen, kredibel, dan akuntabel, serta diakui pada tataran global.

Misi BAN-PT

  • Membangun budaya mutu di pendidikan tinggi.
  • Mengembangkan sistem akreditasi sebagai pelaksanaan penjaminan mutu eksternal.
  • Melaksanakan akreditasi secara efisien, handal, serta akurat.
  • Mengembangkan lembaga akreditasi mandiri yang bermutu.

Peran dan Tugas BAN-PT

  • Mengembangkan sistem akreditasi nasional.
  • Melaksanakan akreditasi institusi.
  • Menilai kelayakan program studi, fakultas, atau perguruan tinggi baru bersama Ditjen Dikti.
  • Merekomendasikan dan mengevaluasi Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM).
  • Melaksanakan akreditasi program studi yang belum mempunyai LAM serumpun.

Baca juga KT Adalah Uang Kuliah Tunggal, Mahasiswa Wajib Tahu!

Manfaat Akreditasi

Akreditasi memiliki manfaat antara lain:

  • Memberikan jaminan bahwa perguruan tinggi yang terakreditasi telah memenuhi kriteria mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan perguruan tinggi yang tidak memenuhi standar.
  • Mendorong perguruan tinggi untuk terus menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi.
  • Sebagai dasar pertimbangan dalam transfer kredit perguruan tinggi, pemberian bantuan dan alokasi dana, serta pengakuan dari badan atau instansi lain.

Instrumen Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi

Instrumen akreditasi Program Studi disusun berdasarkan:

  • Jenis pendidikan, yaitu vokasi, akademik, profesi.
  • Program pendidikan, yaitu program diploma, sarjana, sarjana terapan, magister, magister terapan, profesi, spesialis, doktor, dan doktor terapan.
  • Modus pembelajaran, yaitu tatap muka dan jarak jauh.
  • Hal-hal khusus.

Instrumen akreditasi Perguruan Tinggi disusun berdasarkan pengelolaan perguruan tinggi, yaitu perguruan tinggi swasta, perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi negeri dengan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum, atau perguruan tinggi negeri badan hukum.

Alur Akreditasi BAN-PT

Itulah informasi mengenai BAN-PT Adalah Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, Yuk, Cari Tahu! Kamu bisa melihat daftar akreditasi, baik perguruan tinggi maupun prodi di BAN-PT.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!