Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Berbagai Jalur Masuk Universitas Sebelas Maret (UNS) yang Bisa Kamu Pilih

oleh | Agu 16, 2022 | Blog, Jalur Masuk PTN | 0 Komentar

Jalur Masuk UNS – Universitas Sebelas Maret (UNS) merupakan perguruan tinggi negeri di Surakarta, Jawa Tengah. Setiap tahunnya, UNS membuka SPMB yaitu Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru. Ada berbagai jalur masuk bagi kamu yang ingin kuliah di UNS.

Jalur masuk UNS terdiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Seleksi Mandiri UNS juga terdiri dari banyak jalur dan masing-masing memiliki ketentuannya. Yuk, simak apa saja jalur masuk UNS berikut ini.

SNMPTN

Seleksi ini merupakan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Seleksi ini dilaksanakan secara nasional oleh LTMPT. Siswa peserta SNMPTN dapat memilih prodi, dengan syarat:

  • Siswa dari SMA/MA IPA dapat memilih semua prodi baik kelompok Saintek maupun Soshum.
  • Siswa dari SMA/MA IPS dapat memilih semua prodi kelompok Soshum, Psikologi, Agribisnis, Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian.
  • Siswa dari SMA/MA Bahasa dapat memilih semua prodi kelompok Soshum, Agribisnis, Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian.
  • Siswa dari SMK/MAK MA Jurusan Keagamaan dapat memilih prodi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, Ilmu Lingkungan, Ilmu Komunikasi, Sosiologi, Ilmu Hukum, Ilmu Sejarah, Sastra Indonesia, Sastra Daerah untuk Sastra Jawa, Kriya Seni, Seni Rupa, Desain Interior, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Pendidikan Luar Biasa/Khusus, Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Pend. Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, PGSD, PG PAUD, Sastra Arab, Pend. Bahasa Jawa.
  • Siswa dari SMK/MAK hanya dapat memilih prodi yang serumpun.

SBMPTN

Seleksi ini merupakan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Seleksi ini dilaksanakan secara nasional oleh LTMPT. Seleksi ini dapat diikuti oleh siswa lulusan 3 tahun terakhir dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK/sederajat), serta lulusan Paket C. Siswa wajib untuk mengikuti UTBK sebagai persyaratan utama unruk mengikuti SBMTPN.

Baca juga Seleksi Mandiri UNS, Ada 5 Jalur Penerimaan yang Dibuka

Seleksi Mandiri (SM UNS)

Seleksi Mandiri (SM UNS) merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan oleh UNS di luar jalur SNMPTN dan SBMPTN. Seleksi Mandiri UNS terdiri dari Seleksi Mandiri Jalur Ujian (SMJU), Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan (SMJK), Seleksi Mandiri Jalur Disabilitas (SMJD), dan Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SMJP).

Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan UNS (SM UNS – SMJK)

Seleksi ini diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK/sederajat paling lama 3 tahun terakhir yang memenuhi persyaratan yang ditentukan UNS dan merupakan rekomendasi dari instansi mitra (perusahaan/pemerintah daerah/institusi pemerintah) yang mempunyai Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan antara instansi pengusul (mitra) dengan UNS yang masih berlaku.

Seleksi Mandiri Jalur Prestasi UNS (SM UNS – SMJP)

Penelusuran mahasiswa baru melalui penelusuran bibit unggul bertujuan menjaring calon lulusan SMA/MA/SMK/sederajat paling lama 3 tahun terakhir yang memiliki prestasi, baik akademik maupun non akademik (bidang penalaran, minat/bakat, keagamaan, dan lainnya), sebagai berikut:

  • Bidang Penalaran meliputi:
  1. Olimpiade Sains
  2. Lomba Karya Ilmiah Remaja
  3. Lomba Debat Bahasa Indonesia/Inggris
  4. Lomba Iptek
  5. Dan lainnya
  • Bidang Minat/Bakat terdiri dari:
  1. Olahraga (atletik, beladiri, permainan, dll)
  2. Seni (fotografi, MTQ, suara, lukis, tari, film, dll), desain, dan lainnya
  • Bidang Keagamaan meliputi:
  1. Tahfidzul Quran (30 juz)
  2. Hafalan Alkitab

Seleksi Mandiri Jalur Disabilitas UNS (SM UNS – SMJD)

Seleksi ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa disabilitas lulusan SMA/MA/SMK/SMALB/sederajat paling lama 3 tahun terakhir dan memiliki kemampuan akademik yang memungkinkan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Seleksi Mandiri Jalur Kepemimpinan Muda UNS (SM UNS – SMJKM)

Seleksi ini bertujuan menjaring calon mahasiswa lulusan SMA/MA/SMK/sederajat paling lama 3 tahun terakhir yang pernah mengemban tugas sebagai Ketua OSIS dan Pramuka minimal satu periode. SMJKM memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengasah jiwa kepemimpinan dan meningkatkan kompetensi keilmuannya selama menempuh pendidikan di UNS.

Seleksi Mandiri Jalur Kelas Internasional (Nilai UTBK) (SM UNS – SMJKI (NILAI UTBK))

Seleksi ini diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK/sederajat paling lama 3 tahun terakhir. Program Kelas Internasional dimaksudkan untuk calon mahasiswa yang ingin mendapatkan pengalaman belajar secara internasional. Materi perkuliahan juga disampaikan dalam Bahasa Inggris.

Seleksi Mandiri Jalur Tulis UNS (SM UNS – SMJU (UTUL UNS))

Seleksi ini diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK/sederajat paling lama 3 tahun terakhir. Melalui jalur ini, calon mahasiswa akan diseleksi dengan menggunakan Nilai Ujian Tulis (UTUL) yang diselenggarakan oleh UNS.

Seleksi Mandiri Jalur Kelas Internasional (Ujian) (SM UNS – SMJKI (UTUL UNS))

Penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana Kelas Internasional diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK/sederajat paling lama 3 tahun terakhir. Program ini dimaksudkan untuk calon mahasiswa yang ingin mendapatkan pengalaman belajar secara internasional. Materi perkuliahan juga disampaikan dalam Bahasa Inggris.

Seleksi Mandiri Jalur UTBK (SM UNS – SMJU (UTBK))

Seleksi ini diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK/sederajat paling lama 3 tahun terakhir. Melalui jalur ini, calon mahasiswa akan diseleksi dengan menggunakan Nilai UTBK yang dikeluarkan oleh LTMPT.

Ketentuan Umum Seleksi Mandiri UNS

  • WNI.
  • Lulusan SMA/MA/SMK/sederajat paling lama 3 tahun terakhir.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  • Mendaftarkan diri sebagai peserta Seleksi Mandiri UNS.

Bagi kamu yang berminat melanjutkan studi di UNS, perhatikan Berbagai Jalur Masuk Universitas Sebelas Maret (UNS) yang Bisa Kamu Pilih di atas ya. Semoga bermanfaat!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Yuk, Disimak! Kampus Apa Saja yang Membuka Jalur Prestasi di Sini! | LKBB Indonesia college - […] Baca juga Berbagai Jalur Masuk Universitas Sebelas Maret (UNS) yang Bisa Kamu Pilih […]
  2. Mau Kuliah di IPB? Simak Jalur Masuknya di Sini! | LKBB Indonesia college - […] Baca juga Berbagai Jalur Masuk Universitas Sebelas Maret (UNS) yang Bisa Kamu Pilih […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…