Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Berbagai Prospek Kerja yang Bisa Dipilih Lulusan Teknik Mesin

oleh | Nov 8, 2021 | Blog, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek Kerja Teknik Mesin – Ketika memilih jurusan kuliah, salah satu faktor yang perlu untuk dipertimbangkan yaitu prospek kerjanya. Sebuah jurusan dengan prospek kerja yang luas cenderung memiliki banyak peminat. Hal ini dikarenakan mahasiswanya akan memiliki pilihan pekerjaan yang lebih beragam.

Di antara banyaknya jurusan yang ada di Indonesia, jurusan kuliah yang berada di rumpun teknik menjadi beberapa yang banyak diminati di Indonesia. Populernya jurusan ini disebabkan oleh banyak hal salah satunya yaitu pilihan pekerjaan. Lulusan teknik memiliki kesempatan kerja yang cukup luas dan selalu dibutuhkan.

Teknik Mesin merupakan salah satu jurusan yang berada dalam rumpun teknik. Jurusan ini banyak diminati dan selalu populer tiap tahunnya. Apa sebenarnya jurusan ini? Bagaimana prospek kerjanya? Simak penjelasannya berikut ini, yuk!

Apa Itu Jurusan Teknik Mesin?

Teknik mesin merupakan salah satu jurusan populer di Fakultas Teknik. Di jurusan ini, mahasiswa belajar segala hal tentang mesin baik perancangan, pengembangan, atau pengelolaannya. Pembelajaran di jurusan ini berfokus dari analisis, rencana, pembuatan, dan juga perawatan mesin.

Banyak orang yang mengira bahwa di jurusan ini, mahasiswa akan berkutat dengan mesin terutama transportasi seperti motor dan mobil. Hal ini tidak sepenuhnya benar karena di jurusan ini mahasiswa belajar tentang mesin dan tidak terbatas pada hal tersebut. Ada banyak bidang yang dipelajari seperti konversi energi, mesin pesawat, dan lain sebagainya.

Baca juga Banyak Diminati, Apa Sebenarnya Jurusan Teknik Industri Itu?

Pilihan Prospek Kerja Lulusan Teknik Mesin

prospek kerja teknik mesin

Teknik mesin menjadi jurusan yang favorit karena memiliki prospek kerja yang luas. Lulusan jurusan ini dibutuhkan di berbagai bidang industri dan bisa bekerja di bermacam posisi. Beberapa pilihan bidang pekerjaan yang bisa dicoba oleh lulusan teknik mesin yaitu sebagai berikut.

Industri otomotif

Industri otomotif merupakan pilihan populer untuk lulusan teknik mesin. Lulusan jurusan ini bisa memilih bekerja di berbagai industri baik motor, mobil, kereta api, atau yang lainnya. Di sini, lulusan teknik mesin juga bisa memilih pekerjaan di berbagai bidang seperti perencanaan produk atau sebagai mekaniknya.

Bidang energi

Lulusan teknik mesin juga dibutuhkan kemampuannya dalam industri energi. Pekerjaan di bidang perminyakan, kelistrikan, atau yang lainnya dapat dijadikan pilihan oleh lulusan teknik mesin. Industri ini merupakan bidang yang sangat penting dan harus terus ada selalu membutuhkan pekerja baru.

Mekanik pesawat

Prospek kerja yang berikutnya untuk lulusan teknik mesin yaitu di bidang mekanika pesawat. Bidang pekerjaan ini cocok bagi yang tertarik di bidang penerbangan. Di sini, lulusan teknik mesin bisa melakukan perancangan mesin khusus untuk pesawat. Selain itu, dapat juga bekerja untuk membuat kerangka atau spesifikasi lainnya.

Industri bioteknologi

Pilihan pekerjaan lulusan teknik mesin sangat luas, salah satunya yaitu di industri bioteknologi. Industri ini berfokus pada pemanfaatkan sumber daya atau tenaga dari bumi untuk digunakan oleh manusia melalui berbagai produk. Lulusan teknik mesin dibutuhkan untuk membuat berbagai alat atau mesin guna menunjang industri ini.

Industri manufaktur dan otomasi

Industri manufaktur dan otomasi juga menjadi prospek kerja favorit bagi lulusan teknik mesin. Bidang ini membutuhkan lulusan teknik mesin untuk kelancaran produksi. Lulusan teknik mesin akan bekerja untuk memastikan bahwa mesin produksi bisa terus bekerja dan melakukan produksi.

Dosen

Bagi yang tertarik di bidang akademis, bekerja sebagai dosen merupakan pilihan yang tepat. Lulusan teknik mesin tentunya bisa bekerja sebagai akademisi. Berbeda dengan profesi lainnya, bekerja sebagai dosen mengharuskan seseorang untuk lulus S2 atau magister sebagai syarat utamanya.

Ada berbagai pilihan prospek kerja yang bisa dipilih lulusan teknik mesin. Beberapa pekerjaan di atas merupakan contoh saja karena masih banyak profesi lain yang bisa dipilih oleh lulusan teknik mesin.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!