Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Banyak Diminati, Apa Sebenarnya Jurusan Teknik Industri Itu?

oleh | Okt 15, 2021 | Blog, Jurusan Kuliah | 0 Komentar

Jurusan Teknik Industri – Jurusan kuliah di Indonesia memiliki disiplin ilmu yang berbeda-beda. Salah satu disiplin ilmu yang banyak diminati dan ramai pendaftar yaitu teknik. Disiplin ilmu ini merupakan bagian dari ilmu sains sehingga banyak diminati oleh siswa SMA jurusan IPA.

Di dalam lingkup ilmu teknik ini, fokus pendidikannya masih dibagi ke dalam beberapa jurusan kuliah. Ada banyak jurusan teknik yang bisa dipilih saat masuk kuliah dan tentunya memiliki fokus ilmu yang berbeda-beda.

Saat berbicara jurusan teknik, banyak orang yang langsung terpikir ilmu pasti dan membuat suatu hal yang terlihat seperti bangunan, jalan, pesawat, dan lain-lain. Nyatanya, ada jurusan di ilmu teknik yang berbeda, yaitu Teknik Industri. Mahasiswa jurusan ini tidak dididik untuk membuat sesuatu melainkan mengelolanya.

Meskipun tidak sama dengan jurusan teknik lainnya, Teknik Industri tetap memiliki banyak peminat. Banyak masyarakat Indonesia yang tertarik untuk belajar di jurusan ini. Mengapa begitu? Yuk, cari tahu penjelasan tentang Teknik Industri di bawah ini!

Mengenal Jurusan Teknik Industri

Teknik industri merupakan jurusan yang mempelajari berbagai disiplin ilmu lainnya. Meskipun merupakan turunan dari Teknik Mesin, mahasiswa jurusan ini akan belajar ilmu teknik lain seperti elektro dan informatika. Selain itu, di Teknik Industri, mahasiswa juga akan mempelajari ekonomi, manajemen, statistika, dan lain-lain.

Mengapa mahasiswa Teknik Industri belajar banyak hal? Hal ini dikarenakan jurusan ini mendidik mahasiswanya untuk bisa mengintegrasikan sistem untuk memaksimalkan kinerja dengan adanya sinergi antara material, energi, peralatan, dan manusia. Mahasiswa Teknik Industri akan belajar untuk bisa mengelolanya secara efektif dan efisien.

Kehadiran orang yang bisa ahli dalam bidang manajemen dan teknik merupakan kebutuhan penting bagi sebuah perusahaan. Hal ini berlaku tidak hanya untuk perusahaan manufaktur namun juga jasa. Oleh karena itu, tak mengherankan jika lulusan Teknik Industri sangat dicari dan dibutuhkan oleh perusahaan.

Lingkup Pembelajaran Teknik Industri

Mengutip dari laman Teknik Universitas Pasundan, pembelajaran di jurusan Teknik Industri dibagi menjadi 3 bagian utama. Lingkup pembelajarannya yaitu sebagai berikut.

Sistem Manufaktur

Bidang studi pertama yang dipelajari dalam Teknik Industri yaitu sistem manufaktur. Beberapa pokok ilmu yang dipelajari dalam sistem manufaktur yaitu Sistem Produksi, Pemodelan Sistem, Ergonomi, Perancangan Tata Letak Pabrik, dan lain-lain.

Manajemen Industri

Mahasiswa Teknik Industri juga akan belajar tentang manajemen industri untuk keberlangsungan perusahaan. Pembelajaran yang akan diberikan yaitu Ekonomi Teknik, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, manajemen Kualitas, dan lain sebagainya.

Sistem Industri

Pokok pembelajaran yang berikutnya yaitu sistem industri dan tekno ekonomi. Beberapa mata kuliah yang dipelajari dalam bidang ini yaitu Sistem Basis Data, Statistika Industri, Sistem Logistik, Logika Pemrograman, dan lainnya.

Materi Perkuliahan Teknik Industri

Selama berkuliah, mahasiswa Teknik Industri akan mendapat mata kuliah yang bermacam-macam. Setiap mata kuliah memiliki beban studi yang berbeda-beda. Berikut ini contoh mata kuliah Teknik Industri di UGM.

jurusan teknik industri
jurusan teknik industri
jurusan teknik industri
jurusan teknik industri
jurusan teknik industri
jurusan teknik industri

Itulah artikel tentang Banyak Diminati, Apa Sebenarnya Jurusan Teknik Industri Itu? Jurusan ini tersedia di berbagai kampus di Indonesia. Jika kamu tertarik masuk jurusan ini, bisa memilih di kampus-kampus tersebut.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!